Dunia wisata lombok yang sedang bergeliat ini ternyata membuka banyak peluang pekerjaan. Mulai yang berhubungan dengan kuliner, transportasi atau yang langsung bersentuhan dengan dunia wisata. Salah satu pekerjaan yang bisa menjadi peluang untuk warga masyarakat di Lombok adalah menjadi pemandu wisata di pulau Lombok. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung dari tahun ke tahun, profesi pemandu wisata akan tetap dibutuhkan oleh para pelancong yang berkunjung ke pulau Lombok.

Jenis Pemandu Wisata

Jika kita melihat dari sisi keterikatan kerja tour guide atau pemandu wisata, maka kita bisa membagi menjadi dua secara sederhana. Yaitu pemandu wisata independen dan pemandu wisata yang terikat dengan institusi, baik itu jasa penyedia paket wisata Lombok, hotel atau dari pemerintah. Pemandu wisata independen biasa datang ke lokasi wisata untuk menjalin komunikasi langsung dengan wisatawan yang ada di lapangan. Kemudian mereka menawarkan jasanya untuk menemani perjalanan wisatawan selama di Lombok. Sedangkan jika dari institusi, mereka bekerja by order. Jika ada panggilan saja dari agen travel wisata, hotel ataupun dari institusi pemerintahan.

Kekurangan tour guide agen wisata

Jika diminta memilih menunjukkan hal yang senang atau sedih terlebih dahulu, kami memilih menunjukkan ketidakenakan, he he. Bukan apa-apa, agar supaya saat membaca tulisan ini endingnya bahagia, bukan ending yang mengharu biru. Karena nuansa situs tour wisata Lombok online yang kami bangun adalah nuansa kebahagiaan bagi setiap pengunjungnya. Jujur ada beberapa hal yang tidak enak saat menjadi pemandu wisata yang terikat dengan jasa penyedia wisata di Lombok, yaitu :

Kerja by panggilan

Jika kerja berdasarkan panggilan, maka terkadang kondisi tamu agen travel wisata lombok seperti kami banyak, terkadang kurang. Maka saat tamunya sedikit akan banyak waktu luang (baca nganggur, he he) dirumah. Disatu sisi itu adalah anugrah karena bisa bercengkrama dengan keluarga, namun jika terlalu lama bisa jadi musibah, he he. Sama halnya saat kondisi rame, pemandu wisata akan mendapatkan tawaran lembur. Fisik akan terforsir banyak saat kondisi seperti itu.

Ilustrasi suka duka pemandu wisata, Kota Tua Ampenan sumber ig iliembok

Kota Tua Ampenan sumber ig @iliembok

Sering jauh dari keluarga

Memang lombok bukan merupakan pulau yang amat luas. Sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan dengan cepat. Namun terkadang tamu mengambil paket wisata 5 hari 4 malam di Lombok. Nah, jika harus bolak balik rumah terus ke obyek wisata, tentu hal tersebut akan menguras tenaga. Maka baiknya ikut tidur bersama rombongan saja, dan ini konsekuensinya adalah jauh dari keluarga, meski cuma dalam waktu beberapa hari saja.

Komplain dari tamu

Siapa yang paling pertama kali di komplain oleh tamu saat mereka berada di Lombok? Tentu bukan penyedia paket wisata Lombok bukan? Yup, yang pertama adalah pemandu wisata sebagai representasi dari perusahaan. Maka harus banyak bersabar menghadapi tamu, jadikan pekerjaan sebagai sarana beribadah kepada Nya, agar lebih enjoy menjalaninya.

Kelebihan pemandu wisata

Baik, sekarang waktunya membahas yang enak-enak dari profesi pemandu wisata yang iktu agen paket wisata, baik di Lombok maupun di daerah lain. Apa saja itu, simak kelanjutannya dibawah ini.

Berwisata gratis

Dengan menjadi pemandu wisata, artinya Anda bisa menjelajah lombok dengan gratis, bahkan dibayar oleh perusahaan travel wisata di Lombok dimana Anda bekerja. Siapa yang nolak coba, senang-senang seperti di Gili Meno atau ke berbagai air terjun di Lombok, dan masih dibayar oleh perusahaan. Menggiurkan bukan?

Kesukaan pemandu wisata, Gili Kedis Lombok, sumber ig travelspotindonesia

Gili Kedis Lombok, sumber ig @travelspotindonesia

Makan terjamin

Ikut dengan travel agent di Lombok, tentu urusan perut sudah menjadi tanggungan dari perusahaan bukan. Namun ada kalanya yang namanya manusia bisa saja telat atau ada kendala yang lain. Pada saat seperti itu banyak-banyak bersabar yah.

Bisa mencoba obyek wisata baru

Setiap saat proses inovasi wisata di Lombok khususnya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya akan terus dilaksanakan. Bisa jadi dikemudian hari akan ditemukan pantai baru di Lombok. Jika kita menjadi tim dari agen wisata di Lombok, bisa jadi kita akan diajak untuk survey ke lokasi, sehingga bisa mengetahui seluk beluk obyek wisata lebih awal daripada tamu. Tentu aneh bukan, jika tamu rombongan lebih tahu daripada pemandu wisatanya.

Bisa dapat uang tip

Terkadang ada tamu yang baik hati dengan memberikan uang tambahan pada pemandu wisata. Ini bisa jadi suprise luar biasa untuk anak istri dirumah. Namun jangan meminta-minta agar di beri uang tips lho ya, yakinlah jika sudah menjadi rizki dari Nya pasti akan sampai pada kita. Tugas kita menjalankan kewajiban mencari nafkah saja.

Itulah beberapa hal yang menjadi suka duka pemandu wisata di Lombok maupun daerah lain. Tentu bisa jadi masih ada tambahan pemikiran dari rekan-rekan semuanya. Jika berkenan bisa menambahkan di kolom komentar. Jika berkenan, silahkan share ke sosial media yang ada yah, siapa tahu ada orang baik hati yang mau mengajak Anda berlibur ke Lombok, :). Trimakasih