468

Air Terjun di Lombok Tengah – Apa yang Anda fikirkan jika mendengar kata Lombok Tengah? Pantainya yang indah dan objek wisatanya yang menarik bukan? Ya, benar sekali. Kabupaten dengan Ibu Kota Praya dan memiliki luas sekitaar 1.208,39 km2 ini terdapat banyak sekali tempat wisata menarik, salah satunya adalah air terjun. Nah, pada kali ini kita akan mengulas tentang wisata air terjun di Lombok Tengah.

Wisata air terjun lombok tengah - air terjun benang kelambu - sumber ig @arman_marjan15

Air terjun benang kelambu – sumber ig @arman_marjan15

Air Terjun Benang Kelambu

Jauh dari ramainya Kota Mataram terdapat sebuah air terjun dengan nama yang unik yakni Air Terjun Benang Kelambu. Aliran air yang mengalir muncul dari rongga-rongga tebing menjulang yang ditutupi oleh rimbunnya tanaman membuat air terjun ini terlihat seperti benang kelambu. Sehingga masyarakat sekitar memberinya nama Air Terjun Benang Kelambu. Hal unik lainnya dari air terjun ini adalah 3 tingkatan yang dimilikinya. Tingkatan pertama dari air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, tingkatan kedua sekitar 10 meter dan tingkatan ketiga sekitar 5 meter.

Objek wisata ini terletak di Dusun Pemotong, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Mataram. Kawasan Air Terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rinjani, sehingga tak heran jika suasana di sekitar air terjun terasa sejuk dan sangat asrih sehingga menjadi salah satu favorit wisata air terjun di Lombok Tengah.

Obyek wisata air terjun benang stokel kab lombok tengah - sumber ig @iroelrvz

Air terjun benang stokel kab lombok tengah – sumber ig @iroelrvz

Air Terjun Benang Stokel

Tak jauh dari lokasi Air Terjung Benang Kelambu, sekitar 500 meter terdapat air terjun yang tak kalah indah bernama Air Terjun Benang Stokel. Objek wisata ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter. Karena memiliki dua air terjun masyarakat setempat juga menyebutnya sebagai Air Terjun Kembar. Stokel berasal dari bahasa Sasak yang berarti segumpal benang dan diambil dari bentuknya yang menyerupai benang yang terikat menjadi satu.

Air terjun batu janggot di Lombok tengah sumber ig @vian.inside

Air terjun Batu Janggot sumber ig @vian.inside

Air Terjun Batu Janggot

Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat memiliki sebuah wisata air terjun unik nan menakjubkan, Air Terjun Batu Jenggot namanya. Air terjun ini terbentuk dari aliran sungai dengan ceruk yang dalam hingga terlihat seperti sungai bawah tanah yang unik. Airnya bening dan dingin dengan tebing-tebing tinggi yang mengitarinya serta kolam dangkal di bawah air terjun, akan membuat Anda betah berlama-lama.

Baca juga : Wisata bersejarah di Lombok yang oke punya.

Akses ke lokasi Air Terjun Batu Jenggot yang merupakan salah satu air terjun di Kabupaten Lombok Tengah cukup mudah. Butuh waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 45 km dari pusat kota Mataram menggunakan mobi atau motor pribadi. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ringan hingga lokasi air terjun. Tempat wisata air terjun juga sudah dikelola dengan baik, sehingga membuat para wisatawan merasa nyaman menikmatinya.

Obyek wisata air terjun di lombok tengah - air terjun titian batu kawangan - sumber ig @apri_mopro

Air terjun titian batu kawangan – sumber ig @apri_mopro

Air Terjun Titian Batukawangan

Sejuk dan segar, kesan itulah yang muncul dibenak kita saat membahas tentang air terjun. Begitu juga yang akan kita rasakan ketika kita berwisata ke Air Terjun Titian Batukawangan atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Lombok dengan nama Air Terjun Tete Batu. Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dan dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam dari kota Mataram menggunakan motor atau mobil pribadi.

Air terjun juret pandan di Lombok tengah sumber ig @hans_palugada

Air terjun juret pandan di Lombok tengah sumber ig @hans_palugada

Air Terjun Juret Pandan

Satu lagi objek wisata air terjun di Lombok Tengah yang sayang untuk dilewatkan, bernama Juret Pandan. Air terjun ini terletak di Desa Tete Batu, Desa Latan Daya, Kecamatan Bukaling Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Ternggara Barat. Lokasinya yang jauh dengan medan yang cukup menantang sangat cocok untuk kalian yang hobi berpetualang. Airnya yang bening dan segar dengan pemandangan air terjun yang asrih dan alami akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa sayang jika tidak merasakan sensasi arinya.

Demikian beberapa objek wisata air terjun di Lombok Tengah yang sayang untuk Anda lewatkan. Bagi Anda yang bosan dengan wisata pantai di Lombok tidak ada salahnya untuk menjadikan wisata air terjun di Lombok Tengah sebagai alternatif wisata atau traveling di Lombok. Sekian dari kami, jika bermanfaat silahkan share melalui sosial media yang ada. Siapa tahu ada rekan Anda yang kemudian mengajak berwisata melihat air terjun di Lombok Tengah, 🙂