Berlibur adalah hal yang sangat menyenangkan dan dinanti-nantikan. Hal ini dikarenakan Anda dapat menghabiskan hari-hari Anda dengan berwisata mengunjungi tempat yang diinginkan dan menikmati makanan khas yang Anda inginkan. Ada banyak opsi yang Anda pilih untuk dijadikan destinasi berwisata seperti pantai di Lombok atau monumen serta museum bersejarah di beberapa tempat.

Kegiatan ini sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Selain tempat tersebut ada juga berbagai puncak gunung yang juga merupakan sebuah destinasi tempat primadona bagai mereka yang ingin memiliki jiwa petualang.

Dalam melakukan sebuah perjalanan sebaiknya Anda sudah tahu apa saya yang harus dipersiapkan jauh hari sebelum hari itu tiba. Salah satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang terpenting bila dibandingkan dengan hal lainnya karena bila kondisi tubuh tidak memengkinkan maka ada kemungkinan liburan Anda akan menjadi liburan yang tidak menyenangkan atau bahkan bisa jadi tidak berlibur.

Ilustrasi Gorengan, sumber : flickr.com
Ilustrasi Gorengan, sumber : flickr.com

Karena itu, penting untuk mengetahui seberapa optimalnya kondisi tubuh Anda. Hal ini perlu untuk mengetahui seberapa kuat Anda berjalan pada beberapa tempat wisata yang memang mengharuskan Anda untuk berjalan kaki atau menaiki tangga. Namun masih bisa diimbangi dengan berolahraga karena dapat menyeimbangkan stamina yang dimiliki.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mencari tahu apa saja yang harus Anda lakukan serta apa saja yang harus dihindari. Untuk itu sangat penting untuk Anda mencari informasi yang dapat menunjang perjalanan Anda saat berwisata nantinya.

Misalnya saja, ada beberapa negara yang memiliki peraturan tertentu seperti tidak boleh mengacungkan jari telunjuk atau jempol karena dinilai tidak sopan. Ada yang mewajibkan untuk pengunjung memberikan tip untuk pelayan restoran atau bahkan sopir taxi, ada juga yang justru melarangnya.

Lalu bagaimana dengan makanan? Ya, ada beberapa alasan mengapa tidak semua jenis makanan dapat dinikmati saat berwisata salah satunya adalah karena alasan kesehatan.

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Berwisata

Ilustrasi Makanan Asam Penyebab Gas Pada Lambung, sumber : Sihat Cergas Cantik
Ilustrasi Makanan Asam Penyebab Gas Pada Lambung, sumber : Sihat Cergas Cantik

Berikut ini beberapa ulasan terkait beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari saat berlibur agar liburan anda tidak mengalami kendala, simak berikut ini!

1. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan ringan yang sangat disukai dari berbagai kalangan. Biasanya gorengan dijadikan salah satu camilan dalam berbagai kondisi. Anda pasti sudah paham betapa tidak sehatnya mengkonsumsi gorengan.

Selain banyak mengandung lemak yang dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh, mengkonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan batuk-batuk dan menjadi sumber berbagai penyakit lainnya seperti radang tenggorokan.

Radang tenggorokan memang dapat datang kapan saja, terutama saat Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan khas Lombok yang berminyak seperti gorengan. Menggoreng menggunakan minyak yang banyak atau deep fry merupakan metode memasak yang umum digunakan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mampu untuk menahan diri dan menghindari gorengan saat berwisata di Lombok.

2. Menu Susu yang tidak Terpasteurisasi

Mengkonsumsi masakan berbahan dasar susu bisa menjadi hal menantang di sejumlah negara bila Anda tidak mengetahui menu olahan susu itu sudah dipasteurisasi atau belum. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan.

Pasteurized Milk, sumber : Pinterest
Pasteurized Milk, sumber : Pinterest

Menurut lembaga pangan dan obat-obatan di Amerika Serikat, menu makanan yang berbahan dasar susu yang tidak terpasteurisasi berisiko 150 kali lebih besar menyebabkan penyakit bawaan makanan. Risiko terutama berlaku pada makan olahan yang berbahan dasar susu dan keju lunak.

3. Daging

Mengkonsumsi makan yang berbahan dasar daging membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna . Mungkin sulit menghindarinya, apalagi saat berwisata ke berbagai daerah pasti Anda akan banyak disuguhi oleh menu makan olahan yang berbahan dasar daging.

Oleh karena itu, bijaklah dalam mengkonsumsinya, dengan mengimbanginya dengan memakan sayuran yang memiliki tinggi kandugan serat, agar perut tidak terbebani karena masalah pencernaan.

4. Makanan Pedas

Bagi anda para pecinta makanan bercita rasa pedas, kali ini kami menyarankan agar sebaiknya mengurangi makanan ini selagi berwisata. Meskipun masakan khas Lombok memang terkenal dengan cita rasanya yang pedas.

Makanan yang Berbahan Daging, sumber : tuzlanski.ba
Makanan yang Berbahan Daging, sumber : tuzlanski.ba

Selain berisiko menyebabkan diare, makanan pedas apalagi berminyak juga bisa menyebabkan tenggorokanmu terasa tidak nyaman, alias meradang. Hindari juga ketika mengkonsumsi makanan pedas saat cuaca panas terik agar terhindar dari panas dalam.

5. Makanan yang mengandung Gas

Kurangi makanan yang mengandung gas saat berwisata. Makan yang mengandung gas bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat proses pencernaan. Setelah menyantap makanan yang mengandung gas, seseorang bisa merasa kembung, begah, atau menjadi lebih sering buang angin.

Hanya karena makan ini mengandung gas, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsinya. Terlepas dari kandungan gasnya, nutrisi yang terkandung dalam sayuran, buah-buahan, gandum, dan produk susu penting bagi kesehatan.

Selain itu, reaksi setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa begah atau tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut, namun ada juga yang merasa baik-baik saja.

Ilustrasi Makanan Pedas, sumber : intisari.grid.id
Ilustrasi Makanan Pedas, sumber : intisari.grid.id

Oleh karena itu, cobalah untuk mengetahui makanan apa saja yang membuat pencernaan Anda nyaman dan mana yang tidak saat Anda sebelum berwisata. Jika pencernaan langsung terasa begah atau muncul keinginan buang angin terus menerus, batasi konsumsinya saat anda melakukan perjalanan untuk berwisata.

Selain itu, makanlah secara perlahan dalam porsi kecil namun sering, kurangi kebiasaan mengunyah permen karet dan jangan minum dari sedotan. Hal-hal tersebut dapat mencegah banyak udara masuk ke perut, sehingga Anda tidak merasa kembung.

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak mengganggu aktivitas wisata Anda. Berbagai informasi seputar kuliner khas Lombok bisa juga Anda simak di halaman paket wisata Lombok.