Menikmati waktu berkualitas bersama keluarga tercinta lebih seru jika dihabiskan di suatu tempat dengan pemandangan indah. Agar mendapatkan pengalaman terbaik, melakukan perencanaan matang dengan mempelajari tips wisata Lombok bersama keluarga sangat diperlukan. Lebih-lebih, di tempat yang jauh dari keramaian seperti pulau.

Salah satu pulau yang saat ini dinilai sebagai destinasi wisata favorit yaitu Pulau Lombok. Berwisata ke Lombok bukan hanya asyik dilakukan bersama teman, melainkan juga cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga.

Memang berbeda wisata bersama teman dan keluarga. Ada beberapa tips wisata keluarga yang perlu diperhatikan saat mengadakan trip bersama keluarga ke Lombok. Yang pasti, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang.

Berlibur bersama keluarga berarti pengeluaran akan lebih banyak beberapa kali lipat. Untuk mensiasatinya, pilih transportasi termurah menuju pulau ini. Hal sama berlaku juga pada penginapan, karena sebagian besar waktu akan dihabiskan di luar. Adapun ketika berwisata kuliner, pastikan terlebih dahulu mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Agar liburan semakin berkesan, sebaiknya memilih tempat wisata alam yang mampu meningkatkan interaksi antar anggota keluarga. Selain itu, makan bersama di pinggir pantai juga akan semakin merekatkan hubungan.

Tips Wisata Bersama Keluarga

Anak anak bermain pasir di pantai Sire Lombok, sumber ig @hananyusron
Wisata Keluarga di Lombok, sumber ig @hananyusron

Wisata di Lombok bersama keluarga tentunya sangat menyenangkan dan begitu dinanti. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda liburan di Lombok bersama keluarga.

Liburan bersama keluarga adalah gabungan antara anak-anak dengan orang dewasa. Karenanya, ada beberapa tips wisata keluarga agar liburan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga dengan nyaman dan seru.

1. Mempelajari dan Memilih Destinasi yang Tepat

Ada banyak destinasi wisata di Lombok yang bisa Anda kunjungi. Namun, tentunya tidak semua destinasi cocok untuk semua anggota keluarga, seperti anak-anak.

Pelajarilah terlebih dahulu satu persatu destinasi yang cocok untuk Anda sekeluarga. Setelah menemukan beberapa yang pas, barulah pilih destinasi liburan Anda.

Selain itu, Anda penting juga menentukan waktu keberangkatan, hari apa yang tepat. Jadi, bagi Anda yang bekerja bisa merencanakan ambil cuti jauh-jauh hari. Kalau Anda pergi berlibur tepat di tanggal libur nasional bisa disesuaikan dengan keperluan yang mungkin datang mendadak.

Jika semua itu sudah direncanakan dengan matang, ketika hari liburan yang telah disepakati itu datang, Anda bisa aman dan tenang menikmati liburan bareng keluarga.

2. Menyamakan Selera dan Pendapat

Setiap anggota keluarga, dari anak-anak hingga orangtua, tentu memiliki pendapat dan selera berbeda perihal destinasi wisata. Untuk itu, samakan terlebih dahulu selera dan pendapat secara bijaksana.

Jangan saat tiba liburan di Lombok menjadi berantakan, karena salah satu anggota keluarga tidak dapat menikmati liburan. Agar lebih banyak informasi, carilah berbagai tips wisata keluarga lainnya terutama testomoni para wisatawan yang pernah berliburan bersama keluarga di Lombok.

3. Mempertimbangkan Kepentingan Anak-anak

Suku Sasak Lombok, sumber ig @davidheydar
Liburan Keluarga di Lombok, sumber ig @davidheydar

Orang dewasa atau orangtua tentu lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dibandingkan dengan anak-anak. Karenanya, sangat penting untuk menentukan agenda liburan dengan mengutamakan kepentingan anak.

Nah, Anda harus memperhatikan kebutuhan dan keamanan mereka mulai dari berangkat hingga sampai tujuan. Mulai dari perlengkapan, makanan, dan mainan yang sekiranya cukup dibawa dan disimpan pada kendaraan. Supaya liburan Anda bareng keluarga makin seru dan anak-anak juga menikmati kebersamaan dengan anggota keluarga yang lain.

4. Mempersiapkan Segala Perlengkapan

Berbeda dengan liburan bareng teman-teman, pasangan, atau sahabat yang bisa lebih sederhana persiapannya, liburan bareng keluarga justru harus lebih diperhatikan lagi segala detail perlengkapannya.

Kalau liburan ke pantai, Anda bisa membawa tikar, bekal yang super lengkap, atau kalau mau barbeque-an kamu bisa juga bawa alat-alatnya.

Sebelum berangkat, Anda bisa buat daftar perlengkapan yang akan dibawa nanti. Jadi, kelihatan bukan apa aja yang kurang atau wajib banget dibawa. Pokoknya jangan sampai ada yang ketinggalan.

5. Berangkat Tepat Waktu

Tips wisata Lombok selanjutnya adalah tepat waktu. Tepat waktu juga nggak kalah penting saat liburan. Setelah tujuan destinasi wisata Anda sudah ditentukan, Anda jadi tahu jam berapa harus berangkat dari rumah. Selain untuk menghindari macet, juga agar waktu Anda tidak termakan terlalu lama di jalan daripada di tempat tujuan.

Sering nggak sih kamu merasakan kalau di perjalanan menuju destinasi itu lebih lama dari pada waktu yang dinikmati di sana? Hasilnya, sedikit sekali waktu yang bisa Anda nikmati bareng keluarga. Quality time bareng keluarga jadi berkurang banget bukan? Oleh karena itu, on time sangat penting.

6. Membuat Kegiatan Menarik Selama Perjalanan

Yang perlu Anda ketahui bahwa wisata bareng keluarga bukan dimulai setelah sampai di tempat wisata, namun sejak keberangkatan. Selama perjalanan Anda bisa mengadakan lomba menyanyi atau permainan lain yang menambah keakraban.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan tema liburan yang mengharuskan anggota keluarga mengenakan pakaian tertentu. Cara paling mudah adalah dengan membuat seragam atau memakai baju berwarna sama. Selain membuat foto lebih terlihat kompak, dengan menggunakan seragam juga memudahkan identifikasi jika ada anggota yang tersesat. 

Spot Bawah Laut, sumber ig yghtxx
Spot Bawah Laut Wisata Lombok, sumber ig @yghtxx

7. Mengutamakan Komunikasi, Melupakan Gadget Sejenak

Lupain dulu keinginan untuk unggah foto keseruan bareng keluarga ke semua media sosial. Cukup bawa kamera untuk merekam semua kegiatan seru Anda bareng keluarga. Biarkan fokus tertuju pada kualitas komunikasi dan kebersamaan bareng keluarga. Jarang-jarang kan Anda berkumpul seperti itu?

Liburan tentu bisa jadi salah satu cara bersilaturahmi dan meningkatkan kepedulian serta makin sayang terhadap semua anggota keluarga. Jadi manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya saat liburan bareng tersebut.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips berwisata seru ke Lombok bareng keluarga yang patut Anda pertimbangkan. Dengan persiapan dan perencanaan yang matang tentu liburan dan wisata Anda menjadi lebih nyaman dan bakal seru pastinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.