Pantai Sungkun adalah pantai yang memiliki pasir putih yang eksotis, dengan batu karang yang besar terlihat menawan saat ombak terhempas menabrak karang dan indahnya Bukit Sungkun yang letaknya persis di atas Pantai Sungkun. Pantai ini mulai dikenal oleh Wisatawan semenjak tahun 2013 ketika Masyarakat sekitar mulai mengeksplor keindahan alam Pantai Sungkun ke sosial media.

Pantai Sungkun adalah salah satu spot wisata yang jarang terdengar di Lombok. keindahan objek wisata ini ibarat surga yang tersembunyi di Pulau Lombok. Tidak banyak wisatawan yang mengetahui tentang objek wisata yang satu ini, faktor penyebab karena lokasi yang cukup jauh dari Pusat Kota Mataram Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kecamatan Selong Ibukota Kabupaten Lombok Timur.

Pantai Sungkun

Pantai Sungkun merupakan salah satu diantara deretan pantai cantik yang ada di ujung selatan Lombok Timur. Pantai ini dan langsung berhubungan dengan Samudera Hindia yang terlihat dengan jelas terbentang luas. Karena letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombak pantainya tergolong besar. Gulungan ombak yang panjang untuk ditaklukan menjadikan tantangan tersendiri sehingga tempat ini dicintai Para Peselancar termasuk Peselancar mancanegara.

Pantai Sungkun, sumber ig awankertanegara
Pantai Sungkun, sumber ig @awankertanegara

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan belum terlalu terjamah oleh Wisatawan disebabkan belum terlalu banyak Wisatawan yang berkunjung ke sini. Air lautnya yang biru jernih sehingga membuat Wisatawan tidak bosan untuk bermain air dan berenang dikelilingi pantai karang.

Tetapi jangan terlalu tergiur dengan keindahan air lautnya karena Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia sehingga tidak terlalu aman untuk berenang dengan jarak yang terlalu dalam. Terdapat beberapa batu karang kecil dan besar di sekitar pantai ini, sehingga cocok bagi Anda yang suka air bermain air dengan bersentuhan kaki atau berfoto ria dengan latar batu karang dan hempasan ombak.

Untuk menikmati pemandangan yang lebih bagus, Anda bisa trekking ke Bukit Sungkun yang mengapit pantai indah ini. Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan, dengan keunikan Gili Kura-kura di tengah pantainya. Di bukit ini Anda akan disuguhkan dengan keindahan spot wisata bahari yang mempesona karena bisa melihatnya secara langsung.

Pohon pandan yang tumbuh berjejer di pinggir pantai, ladang jagung milik petani yang hijau, tebing Gili Kura-kura, dan ombak besar yang menggulung kemudian menghempas pantai dan karang kecil di sepanjang pantai. Tidak lupa untuk melakukan trekking ke Gili Kura-kura, dari tempat ini Anda bisa melihat lebih dekat keindahan Pantai Sungkun dan ombak Samudra Hindia yang menggulung.

Lokasi Pantai Sungkun

Pulau Kura-kura di area pantai, sumber ig lingga_azhar
Pulau Kura-kura di area pantai, sumber ig @lingga_azhar

Spot wisata pantai di Lombok ini terletak di antara dua pantai yakni Pantai Ekas dan Pantai Rawan. Pantai ini mungkin bukan termasuk ke dalam pantai wisata yang umumnya dikunjungi Wisatawan. Namun bagi Anda yang ingin mencari lokasi wisata yang indah dan masih tenang justru Pantai Sungkun bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Dengan pemandangan pantai yang indah nan eksotis dan nuansanya yang sepi bisa memenuhi harapan Anda mendapatkan liburan yang begitu berkesan.

Pantai ini dan Gili Kura-kura secara administratif termasuk dalam wilayah Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jarak dari Kecamatan Selong sekitar 42,6 km atau waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit dengan kendaraan roda empat. Sedangkan dari Kota Mataram sekitar 72,5 km atau waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai eksotis ini bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi atau melalui jasa rental kendaraan. Dari Kota Mataram menuju Kecamatan Selong dengan jarak 53,4 km atau waktu tempuh 1 jam 37 menit.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Jerowaru dengan jarak 24,7 km atau waktu tempuh 45 menit. Selanjutnya menuju Pantai Sungkun di Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana dengan jarak 20 km atau waktu tempuh 38 menit.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Pantai Sungkun, sumber ig lombokexcursions
Pantai Sungkun, sumber ig @lombokexcursions

Pantai di Lombok ini cukup diminati oleh Wisatawan untuk dikunjungi, apalagi ketika Weekend. Para Wisatawan yang berkunjung kesini sebagian besar untuk surfing. Kondisi pantai ini memang cocok untuk olahraga air dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Lokasi yang bagus untuk Surfing di Pantai ini berada di dekat Gili Kura-kura. Wisatawan Pecinta surfing sebagian besar merupakan Wisatawan Mancanegara, baik yang datang melalui Pulau Lombok maupun langsung dari Bali menggunakan kapal-kapal kecil kemudian bersandar di Gili Kura-kura.

Selain itu, Wisatawan bisa bermain air di sekitar pantai dan karang. Atau bisa berfoto ria di Gili Kura-kura sembari menikmati keindahan alam Pantai eksotis ini. Jika ingin menikmati Pantai ini lebih luas lagi, dapat melakukan trekking ke Bukit Sungkun yang mengapit pantai ini.

Anda juga bisa mengabadikan momen berwisata melalui foto atau video Anda dengan latar pohon pandan yang tumbuh berjejer, ladang sawah milik Petani sekitar, tebing, karang, dan ombak besar yang menggulung dari atas Bukit Sungkun. Banyaknya potret pantai ini yang beredar di mesia sosial akan berkontribusi untuk menambah populer pantai ini.

Itu dia berbagai informasi terkait salah satu spot wisata pantai Lombok. Masih terdapat banyak spot wisata alam yang bisa dikunjungi di sini seperti air terjun, bukit, desa wisata dan jenis wisata lainnya. Jika membutuhkan informasinya, silahkan kunjungi firstlomboktour.com.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik, berikan di kolom komentar yang tersedia.