Bukit Anak Dara merupakan salah satu bukit tertinggi di Desa Sembalun, Lombok Timur. Termasuk dalam jajaran bukit tertinggi kedua setelah Bukit Nanggi Sembalun. Destinasi yang satu ini menawarkan pesona alam Lombok yang indah.

Berdasarkan cerita warga sekitar di bukit, konon bukit ini dijaga oleh dua orang dara cantik yang diyakini sebagai putri dari ratu jin cantik yang bernama Dewi Anjani yang menghuni Gunung Rinjani. Maka dari itu, bukit ini diberi nama Bukit Anak Dara.

Destinasi wisata ini baru dibuka pada tahun 2015. Walaupun wisata baru, namun bukit ini sudah menjadi destinasi wisata terkenal di Lombok. Tidak heran, karena pesona alam yang ditawarkan bukit ini tidak kalah memukau dibandingkan dengan kawasan pendakian-pendakian lainnya. Bukit yang satu ini, menarik sebagai tempat untuk mencicipi pendakian ringan.

Tempat wisata ini juga termasuk dalam wisata bumi perkemahan. Dengan ketinggiannya yang mencapai 1850 mdpl (meter di atas permukaan laut). Untuk menuju bukit indah yang satu ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 atau 3 jam perjalanan saja. Dengan melalui jalur pendakian yang cukup menantang.

Pemandangan Bukit Anak Dara, sumber ig ifanwijaya_22
Pemandangan Bukit Anak Dara, sumber ig @ifanwijaya_22

Bukit Anak Dara Sebagai Kawasan Wisata

Bukit pendakian sekaligus bumi perkemahan ini mulai dipromosikan sejak dibukanya secara resmi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di kawasan setempat. LSM dengan sebutan Sabda Alam yang berupaya membuka kawasan tersebut sekaligus melakukan pengelolaan demi perawatan, pemberdayaan baik alam dan masyarakat serta membidangi retribusi untuk pendapatan masyarakat dan negara.

Kawasan wisata ini dikelola secara swadaya, yakni dengan menggerakkan kekuatan dan sumberdaya masyarakat terutama para pemuda untuk terlibat dalam pengelolaan. Tentunya ini merupakan salah satu dari upaya dalam memberdayakan mereka.

Pembukaan kawasan wisata yang dilakukan merupakan wujud dari sebuah kesadaran warga setempat untuk memberdayakan potensi dan kekayaan alam yang ada. Tentu, pihak pengelola juga tidak mau meninggalkan serta luput dari azas – azas pemeliharaan untuk tetap menjaga kelestarian alam.

Pesona Alam Indah Bukit Anak Dara

Pada puncak Bukit Anak Dara Anda dapat menikmati pemandangan alam yang cantik. Seperti bukit-bukit yang dilengkapi hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Selain menikmati hijaunya rumput dan birunya langit, Anda juga dapat menikmati sunrise ataupun sunset dengan latar bukit ini yang ciamik.

Bukit Anak Dara, sumber ig adventureideas
Bukit Anak Dara, sumber ig @adventureideas

Dari wisata bukit ini, Anda bisa menikmati keindahan alam Lombok dari sisi yang berbeda. Bukit yang indah ini berada di sisi timur kaki Gunung Rinjani yang menjulang tinggi nan indah. Dengan ketinggiannya yang mencapai 1924 mdpl.

Bukit Anak Dara ini selain dikelilingi hamparan rumput hijau, juga dihiasi oleh awan yang mengelilingi kawasan. Tentu, hal tersebut akan membuat Anda seperti sedang berada di dunia dongeng.

Penting untuk Anda ketahui, bukit ini juga dijuluki sebagai lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) di daerah Lombok. Selain dari pemandangan bukit yang indah dan pemukiman warga, terdapat juga spot menarik lain seperti sawah dan kebun strawberry yang dapat Anda pandang dari bukit ini.

Untuk nuansa berbeda, Anda dapat menikmati nuansa malamnya. Anda akan ditemani oleh keindahan langit malam disertai taburan bintang-bintang yang cantik. Pesona alam bukit cantik ini selalu berhasil memukau jutaan mata pengunjung.

Jalur Pendakian Bukit Yang Menantang

Setiap wisatawan yang hendak mendaki ke Bukit Anak Dara dibekali dengan kantong plastik oleh para pengelola, tujuannya agar para pendaki tidak membuang sampah sembarangan serta mengumpulkan sampah bekas di posko tiketting sebagai bukti bahwa para pengunjung tidak mencemari lingkungan.

Jalur pendakian menuju ke puncak spot wisata ini terkesan lebih menantang jika dibandingkan dengan jalur pendakian ke Bukit Pergasingan. Selain jarak yang lebih jauh, medan pendakian juga ternyata lebih ekstrem dengan “tetangga” Bukit Anak Dara ini.

Mendaki Bukit Anak Dara, sumber ig ronorenee
Mendaki Bukit Anak Dara, sumber ig @ronorenee

Jalur pendakian juga dapat dilakukan dari dua arah yakni dari Sembalun Bumbung atau Sembalun Lawang. Selama pendakian disarankan agar para pendaki tidak melakukan pengabadian gambar dengan posisi yang berbahaya (dari tebing rawan celaka).

Jika ingin memotret di tengah jalan, harap dilakukan dengan berhenti sejenak, pasti Anda akan terpesona dengan pesona padang savana yang dilengkapi dengan hamparan bunga edelweiss di sekelilingnya.

Rute Menuju Bukit Anak Dara

Untuk menuju ke spot wisata ini terdapat dua rute. Rute pertama melalui rute yang agak jauh namun sedikit lebih aman bagi para pendaki pemula. Yakni terletak di sela-sela antara bukit Pergasingan dan Anak Dara.

Sementara rute yang kedua adalah rute yang sebenarnya lebih cepat namun agak terjal. Yakni rute dari bukit Selong. Namun, untuk menuju ke bukit ini, pintu masuk dan lokasi mendaftar untuk pendakian tetap sama, yakni di pengelola bukit Selong.

Biaya masuk ke lokasi wisata sendiri yaitu sekitar 10 ribu dan belum termasuk biaya parkir mobil atau motor Anda. Bukanlah sebuah harga yang mahal untuk menikmati pemandangan maha karya ciptaan Tuhan ini.

Bukit Anak Dara, sumber ig viaan_ansory
Bukit Anak Dara, sumber ig @viaan_ansory

Untuk menuju ke tempat wisata memerlukan waktu yang tidak sedikit. Kurang lebih empat jam perjalanan. Jika Anda akan menapaki rute yang cukup terjal dan menanjak, maka bisa jadi akan sangat melelahkan dan cukup lama bagi Anda.

Udara dingin bukit pun akan membuat kaki Anda terasa sulit digerakkan. Namun setelah sampai di sana, pemandangan yang Anda akan nikmati dari puncak bukit sangat mempesona. Bukit indah ini serasa seperti surga tersembunyi di sudut ketinggian Sembalun.

Demikian ulasan mengenai pesona Bukit Anak Dara Lombok yang indah dan sayang untuk Anda lewatkan. Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya pemandangan Lombok dari bukit, tentu bukit yang satu ini bisa jadi salah satu tujuan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.