Gunung Rinjani merupakan salah satu situs taman nasional yang terdapat di Indonesia. Di sini, bukan hanya tersaji panorama keindahan Gunung Rinjani, namun seluruh satwa dan spot-spot wisata lainnya yang terdapat di Taman Nasional Gunung Rinjani. Meskipun berada di Pulau Lombok yang biasa terkenal dengan wisata baharinya, namun Gunung Rinjani memiliki daya tarik yang tidak kalah mempesona.

Pulau Lombok tak hanya kaya akan wisata bawah laut yang mampu mencuri perhatian wisatawan mancanegara. Namun juga terdapat wisata alam yang juga membuat para wisatawan betah lama-lama menghabiskan waktu disana. Tempat wisata tersebut adalah Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok dengan berbagai macam daya Tarik yang ditawarkannya.

Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi salah satu lokasi wisata yang menjadi rekomendasi paket wisata Lombok. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Taman Nasional Gunung Rinjani, sumber ig nirwanmulyawardana
Taman Nasional Gunung Rinjani, sumber ig @nirwanmulyawardana

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata dengan menikmati keindahan alam, taman nasional Gunung Rinjani dapat menjadi pilihan kamu. Taman nasional tersebut berada di Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara. Untuk jam buka destinasi wisata adalah 24 jam, sehingga kamu dapat menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya dengan puas.

Harga yang ditawarkan untuk memasuki kawasan wisata cukup bervariasi. Jika hanya ingin menikmati keindahan alam sekitar taman nasional, para wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per orang. Namun jika ingin melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani, maka tarif yang dikenakan juga akan berbeda. Untuk wisatawan lokal akan dikenakan tarif sebesar Rp. 150.000 per orang, dan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan tarif sebesar Rp. 300.000 per orang.

Tempat-Tempat Menarik Yang Dapat Dikunjungi

Di dalam taman nasional, kamu dapat mengunjungi tempat-tempat menarik yang terdapat di dalam taman nasional. Sehingga jika melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok, kamu dapat mengunjungi beberapa tempat-tempat tersebut dalam sekali perjalanan. Berikut beberapa tempat menarik yang dapat kamu kunjungi:

1. Puncak Gunung Rinjani

Salah satu tempat favorit yang menjadi pilihan para wisatawan dalam melakukan kunjungan ke taman nasional Gunung Rinjani adalah puncak Gunung Rinjani. Biasanya para pendaki melakukan pendakian pada saat bulan juli sampai dengan bulan agustus. Tak hanya wisatawan lokal yang melakukan pendakian, namun juga terdapat wisatawan mancanegara yang ingin merasakan keindahan alam dari puncak Gunung Rinjani.

2. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig jeffricahyono
Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @jeffricahyono

Bagi wisatawan yang akan mendapatkan sebuah ketenangan dengan derasnya kemericik air, kamu dapat melakukan kunjungan ke air terjun sendang Gile. Air terjun yang memiliki pemandangan yang cukup indah dengan ketinggian air terjun kurang lebih 25 meter.

3. Pemandian Air panas Sebau

Saat memasuki area pemandian air panas, kamu akan melihat panorama alam berupa bukut batu. Selain itu juga akan menjumpai beberapa jenis hewan seperti burung, rusa, kera, dan juga lutung. Masyarakat sekitar meyakini bahwa sumber air panas Sebau dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

4. Danau Segara Anak

Hal unik akan kamu rasakan saat mendatangi Danau Segara Anak, pasalnya danau tersebut mempunyai bentuk seperti bulan sabit. Di sekitar danau terdapat lahan yang cukup luas, sehingga sangat cocok digunakan untuk ngecamp. Selain dengan pemandangan yang cukup indah, kamu juga bisa memancing ikan di danau tersebut.

Danau Segara Anak, sumber ig reyneralexander
Danau Segara Anak, sumber ig @reyneralexander

5. Desa Adat Senaru

Desa Senaru adalah desa yang mempunyai arsitektur yang masih kental dengan tradisional. Selain sebagai wisata budaya, desa wisata tersebut juga masih kental dengan adat istiadat setempat. Walaupun demikian dalam desa tersebut juga terdapat penginapan dan juga restoran.

Itulah beberapa ulasan mengenai Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok. Banyaknya tempat-tempat menarik yang terdapat di dalam taman nasional akan menjadikan wisatawan betah menikmati keindahan alam yang ada. Sehingga tak jarang banyak wisatawan lokal maupun mancanegara melakukan kunjungan wisata ke taman nasional.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan bisa menjadi referensi berwisata Anda di Pulau Lombok. Simak ulasan terkait wisata Lombok lainnya mengenai Desa Sade di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!