Sembalun adalah nama sebuah kecamatan di Lombok Timur, jaraknya sekitar 2,5 jam dari kota Mataram. Memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa, salah satunya adalah desa Sembalun yang berjarak 0,25km dari ibu kota kecamatan. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya. Desa yang terletak di kaki gunung Rinjani ini menyimpan sejuta pesona yang tidak terelakkan oleh wisatawan yang berkunjung. Kamu tidak akan bisa menolak pesona yang ditawarkan desa Sembalun Lombok, hingga sebutan surga kecil sering disematkan pada desa ini.

Sangat tepat jika desa ini kamu jadikan destinasi wisata disaat bosan dan lelah dengan rutinitas kerja dan hiruk pikuk di perkotaan. Kamu bisa berkeliling mengunjungi beberapa objek wisata yang ditawarkan di desa Sembalun, yang akan diulas habis dibawah ini. Selain objek wisata juga berikut ini juga akan diulas mengenai info mengenai biaya-biaya yang harus kamu keluarkan jika berkunjung ke desa ini. .

Info Biaya Untuk Berkunjung ke Objek Wisata Desa Sembalun

Untuk menikmati semua pesona yang ada di desa Sembalun, kamu tidak dipungut biaya retribusi sepeser pun. Kecuali jika kamu membeli kain tenun di rumah tenun desa Sembalun yang dibandrol Rp.100.000 – Rp. 400.000. Untuk objek wisata lainnya juga tidak dipungut biaya retribusi, kamu hanya perlu menyiapkan biaya transportasi dan akomodasi.

Desa Sembalun Lombok, sumber ig ferdinanduzctr

Desa Sembalun Lombok, sumber ig @ferdinanduzctr

5 Objek Wisata Sebagai Pesona Desa Sembalun Lombok

Pesona desa Sembalun terletak pada alamnya yang indah, meskipun juga ada wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Berikut objek wisata sebagai pesona desa Sembalun Lombok:

1. Desa Adat Belek Suku Sasak

Pada desa adat ini terdapat rumah tradisional suku Sasak, yaitu suku asli dari Nusa Tenggara Barat. Rumah tersebut adalah rumah yang pertama didirikan dan tertua di desa Sembalun, maka dari itu dinamakan desa belek artinya desa besar. Keunikannya adalah, rumahnya berjumlah 7 buah, dengan 7 tangga masuk ke dalam, dan 7 Para yaitu, tempat penyimpanan barang-barang.

Klik wisata first lombok!

Di desa Belek selain terdapat 7 rumah adat ada 2 lumbung yang berfungsi untuk menyimpan hasil panen. Sangat menarik untuk dikunjungi, karena selain melihat keunikannya kamu bisa belajar sejarah dan cerita dibalik rumah desa Belek.

Kebun Strawberry di Sembalun, sumber ig nahwanhadi

Kebun Strawberry di Sembalun, sumber ig @nahwanhadi

2. Kebun Strawberry Desa Sembalun

Dari salah satu hamparan sawah warna-warni yang indah yang ada di desa Sembalun, terdapat kebun strawberry yang luas. Kebun tersebut dijadikan wisata petik buah, sehingga pengunjung bisa memetik sendiri buah strawberry di sana. Kamu bisa langsung memakannya di tempat, rasa buah yang asam-asam nikmat, akan membuatmu ketagihan.

3. Rumah Tenun Sembalun

Ternyata pesona desa Sembalun tidak hanya pada wisata alamnya saja, tapi juga ada wisata budaya yang ada di sana. Ada sebuah rumah tenun yang dimiliki desa Sembalun, yang bisa dijadikan wisata budaya oleh pengunjung. Ditempat tersebut kamu bisa melihat langsung dan mencoba menenun kain khas Lombok. Para wanita di Lombok, harus bisa menenun sebelum diijinkan menikah, jadi kain tenun tetap lestari di sana. Kamu juga bisa membeli kain dari hasil tenun desa Sembalun.

Desa Sembalun Lombok, sumber ig sapanusantara

Desa Sembalun Lombok, sumber ig @sapanusantara

4. Bukit Selong Spot Melihat Sunrise

Bukit Selong adalah salah satu bukit yang ada di desa Sembalun yang dijadikan spot melihat sunrise. Selain melihat indahnya sunrise, kamu juga bisa melihat salah satu pesona yang terkenal di desa Sembalun yaitu, hamparan sawah warna-warni. Pemandangan sawah yang tertata rapih dengan latar belakang perbukitan, membuat kagum yang melihatnya.

5. Bukit Siswa Untuk Paralayang

Di Desa Sembalun juga ada bukit untuk melakukan paralayang, yaitu bukit Siswa Paralayang. Dari bukit ini kamu bisa melihat langsung pemandangan gunung Rinjani yang tersohor itu. Melakukan paralayang sambil menikmati pemandangan perbukitan dan gunung Rinjani yang tak terlupakan. Desa Sembalun sebagai pintu masuk ke gunung Rinjani, memang terkenal dengan perbukitannya yang menawan.

Itulah beberapa dari sejuta pesona yang dimiliki desa Sembalun Lombok. Tidakkah kamu tergoda untuk menikmati keindahannya? Jadikan desa Sembalun sebagai destinasi wisatamu yaa. Jangan lupa simak juga ulasan mengenai Pantai Gili Air Lombok. Selamat berwisata!