Tak bisa kita pungkiri, saat ini pulau Lombok merupakan salah satu tempat wisata yang cukup banyak di kunjungi oleh wisatawan dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia. Wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok tidak hanya wisatawan yang berada di pulau Lombok tetapi wisatawan yang berasal dari daerah lain di Indonesia dan bahkan wisatawan mancanegara. Jika anda seorang webmaster, anda bisa melihat bagaimana pencarian kata kunci paket wisata lombok per bulan dari data google. Selain itu, usia wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok bervariasi baik anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua.

Jumlah wisatawan yang datang juga bervariasi baik individu maupun kelompok. Wisatawan yang datang ke pulau Lombok tidak hanya sekedar untuk berwisata saja tetapi ada juga yang datang untuk belajar, penelitian, dan bahkan berbisnis. Akibat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok sehingga memberikan dampak positif terhadap kemajuan pariwisata di pulau Lombok seperti saat ini.

Kemajuan wisata lombok tentu bukan terjadi sim salabim. Namum membutuhkan peran dari berbagai macam pihak. Mulai dari pihak pemerintah daerah, pemerintah kabupaten hingga pemerintah pusat. Tak lupa juga dari kementrian pariwisata Indonesia. Pada tulisan ini, kami coba sampaikan peran masyarakat Lombok yang bisa membantu mendongkrak ketenaran wisata di Lombok. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

Pembenahan kawasan wisata

Lombok memiliki banyak tempat wisata yang menarik di setiap kabupaten yang ada. Beberapa tempat wisata adalah lokasi wisata yang baru dibuka oleh masyarakat setempat. Tentu banyaknya tempat wisata memerlukan peran serta masyarakat dalam menjaga dan mengembangkannya disamping peran pemerintah tentunya. Masyarakat melakukan pembenahan dan perawatan fasilitas terhadap tempat wisata agar nyaman dan aman dikunjungi oleh wisatawan. Maka tak heran jika sekarang semakin banyak wisata air terjun, arung jeram, pantai, diving dan yang lainnya di Lombok.

6 Hal Yang Dilakukan Masyarakat Sehingga Wisata Lombok Maju sumber ig @lalumaliki10

Ilustrasi obyek wisata Gunung Rinjani di Lombok sumber ig @lalumaliki10

Explore n promo digital

Dengan semakin majunya perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat akan wisata yang semakin tinggi. Hal itu pula yang membuat masyarakat Lombok juga suka mencari obyek wisata untuk mereka nikmati sendiri dan kemudian di upload di media sosial seperti facebook, twitter atau instagram untuk eksistensi. Maka tak heran dengan masyarakat banyak yang melakukan eksplore tempat wisata di pulau Lombok maka hal itu menjadi salah satu ajang promosi tersendiri melalui media sosial. Selain itu tentu akan tetap ada promo mouth to mouth (mulut ke mulut) dari warga asli Lombok yang berkunjung ke luar daerahnya.

Membuat kegiatan

Lombok merupakan tempat yang memiliki kultur budaya yang beragam. Kehidupan di Lombok dipengaruhi oleh corak agama Islam, Hindu serta kepercayaan lokal. Oleh karena itu pulau ini memiliki aneka ragam jenis kegiatan. Bau nyale salah satu contohnya. Masyarakat sering mengadakan acara budaya dan acara yang berkaitan tentang pariwisata di pulau Lombok tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Membentuk komunitas

Adanya komunitas masyarakat yang bergerak dengan inisiatif sendiri cukup membantu majunya wisata di Lombok. Komunitas tersebut banyak yang tergerak untuk mengeksplore tempat wisata, melakukan perbaikan dan perawatan fasilitas tempat wisata. Sehingga saat tempat wisata Lombok terjaga dengan baik wisatawan akan betah dan bisa jadi menularkan berita baik ini kepada banyak orang. Sehingga dunia wisata di Lombok mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Maka tak heran jika kita masih bisa menjumpai Gili Meno dalam kondisi bersih dan terawat.

Adanya wadah komunitas

Wadah komunitas akan membuat gerak komunitas terarah. Apalagi jika mendapatkan arahan langsung dari pemerintahan tingkat kabupaten maupun provinsi. Bersatunya komunitas-komunitas yang berada di pulau Lombok dan Sumbawa menjadi komunitas Genpi (Generasi Pesona Indonesia) untuk pemberdayaan akun media sosial, pelaksanaan even, mengedukasi masyarakat, dan promosi wisata kepada siswa agar sadar dengan pariwisata. (Sumber : News.detik.com, 21 September 2016).

Pantai Sekotong di Lombok Barat, sumber ig rendikasto

Pantai Sekotong di Lombok Barat, sumber ig @rendikasto

Inisiatif layanan penunjang

Coba bayangkan jika kita berwisata di sebuah tempat namun tidak ada tempat untuk buang air besar atau buang air kecil. Tentu tidak nyaman bukan? Itu baru satu aspek eksresi manusia saja belum masalah lain seperti pakaian dan makanan. Adanya inisiatif masyarakat untuk membuka jasa penunjang wisata seperti warung makan, toko oleh-oleh, tempat mandi dll sangat membantu wisatawan. Sebagai contoh, adanya jasa rental mobil bisa membantu memfasilitasi alat transportasi umum yang masih kurang di pulau Lombok.

Itulah beberapa faktor / peran masyarakat Lombok dalam mendorong kemajuan pariwisata di pulau Lombok. Semoga kesuksesan Lombok dalam mengkampanyekan obyek wisatanya bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia. Kami yakin, masih banyak tempat eksotis di negeri ini yang belum terjamah. Sekian dari kami jasa paket wisata lombok First Lombok Tour, semoga informasi dari Tour bermanfaat bagi pembaca dan pastinya mendorong wisatawan untuk datang berwisata ke pulau Lombok.