Rinjani merupakan salah satu nama Gunung yang berada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Karena pesona yang dimilikinya, Gunung Rinjani ini masuk ke jajaran gunung yang sangat populer bagi para wisatawan. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia. 

Gunung yang berdiri kokoh dan mendominasi pemandangan Lombok Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang asri nan kaya dengan objek wisata alam yang menarik. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam yang dimilikinya tersebut.

Gunung Rinjani menjadi salah satu tujuan pendakian bagi para penjelajah gunung di Indonesia, bahkan mancanegara. Dengan medan yang menantang dan bervariasi, Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung yang paling diburu para pendaki. Selain itu, ternyata Gunung Rinjani juga memiliki berbagi pesona yang nagih banget. Inilah kelima pesona tersebut.

Promo sewa mobil lombok

Pesona Wisata di Gunung Rinjani

Perlu Anda ketahui bahwa Gunung Rinjani ini memiliki pesona yang memikat banyak wisatawan. Karena pesonanya tersebut, tidak heran jika wisatawan mancanegara rela datang hanya untuk menikmati liburan di gunung yang cantik ini. Lalu sebenarnya apa saja pesona yang dimiliki Gunung Rinjani tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Padang Savana Sembalun Lawang

Pesona pertama dari Gunung Rinjani adalah Padang Savana Sembalun Lawang. Sembalun lawang merupakan jalur pendakian Gunung Rinjani yang sangat cocok bagi pemula. Di titik awal dari jalur pendakian ini, para pendaki memulai pendakian dari Savana Sembalun Lawang.

Sembalun Lawang menyuguhkan pemandangan khas savana yang menakjubkan dengan panjang sekitar 6 km perjalanan bagi pendaki. Sejauh mata memandang, savana ini didominasi dengan rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian mencapai 1 hingga 1,5 meter. 

Panorama dari savana kian sempurna dengan latar Gunung Rinjani yang elok nan penuh pesona. Pada saat datang ke Gunung Rinjani ini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda miliki ya. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani setiap saat melalui dokumentasi yang Anda abadikan.

Baca juga : Tempat Hiking Menarik di Pulau Lombok

Pemandangan di Sembalun Lawang Rinjani, sumber ig fauzigilang

Sembalun Lawang Rinjani, sumber ig @fauzigilang

2. Plawangan Sembalun dan Romantisme Sunset

Plawangan Sembalun merupakan sebuah lokasi yang cukup luas dan biasanya digunakan sebagai tempat bermalam bagi para pendaki Gunung Rinjani. Selain lokasinya yang cukup landau dan rata, tempat ini dipilih sebagai lokasi untuk mendirikan tenda karena ia menghadap langsung ke Segara Anak.

Di sini, para pendaki bisa beristirahat untuk memulihkan tenaga dan stamina untuk kemudian melanjutkan pendakian menuju puncak Rinjani. Pada saat sore tiba, jangan sampai melewatkan pemandangan sunset dari daerah sekitar Plawangan Sembalun ini ya. 

Karena dari sini nantinya Anda bisa melihat keindahan Pulau Lombok yang dihiasi dengan kemilau warna senja jika beruntung. Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa puncak gunung, seperti Gunung Agung yang diselimuti oleh awan.

Palawangan Sembalun di Gunung Rinjani, sumber ig beathejo

Plawangan Sembalun di Gunung Rinjani, sumber ig @beathejo

3. Segara Anak

Siapa sih yang tidak tahu dengan Ranu Kumbolo di Semeru? Danau yang keindahannya mendunia itu menjadi rebutan jutaan mata dan lensa kamera para wisatawan yang melewatinya. Tak jarang juga banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk singgah dan bermalam di tengah kesunyiannya. Nah, ada alternatif lainnya yang bisa Anda kunjungi selain Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. 

Anda bisa mencoba untuk singgah ke Segara Anak. Segara Anak ini merupakan wisata danau anti mainstream yang instagramable di kawasan Gunung Rinjani. Warna airnya yang jernih ditambah dengan pemandangan sekeliling danau yang asyik membuat siapapun tak jemu memandangnya. 

Segara Anak menjadi salah satu spot wisata yang mampu menenangkan hati dan pikiran, layaknya hidup di dunia dongeng yang dihiasi oleh pesona yang memukau. Segara Anak dapat menghipnotis siapapun yang mengunjunginya, termasuk Anda. Jadi sudah siapkah untuk menikmati keindahan Segara Anak ini?

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, sumber ig cyntiya_

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, sumber ig @cyntiya_

4. Gunung Batu Jari

Pesona dari Gunung Rinjani adalah Gunung Batu Jari. Gunung Batu Jari ini sering juga disebut sebagai Gunung Anak Rinjani. Gunung merupakan gunung baru yang terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata. Gunung Batu Jari terbentuk pada tahun 1944 dengan lebar kawah sekitar 170 m dan panjang 200 m, sedangkan untuk ketinggiannya mencapai 2.296 hingga 2.376 mdpl.

Gunung kecil nan eksotis yang berada di atas Segara Anak ini masih aktif dan beberapa kali meletus. Saat keadaan normal, para pendaki dapat melihat Gunung Batu Jari yang berdiri kokoh di dalam kaldera Gunung Rinjani di sisi Selatan. Gunung Batu Jari semakin indah saat berpadu dengan kejernihan dan birunya air dari Segara Anak. Hal inilah yang membuat banyak para pendaki rindu akan pesona pendakian di obyek wisata ini.

Gunung Batu Jari Lombok, sumber ig tukangcukurkumislele

Gunung Batu Jari, sumber ig @tukangcukurkumislele

5. Puncak Rinjani

Salah satu tujuan utama dari mendaki gunung adalah menikmati sensasi puncaknya. Ya tentu saja demikian, dan perlu kita ketahui bersama bahwa setiap puncak memiliki sensasi yang berbeda. Begitu pula dengan puncak situs wisata ini yang juga disebut sebagai puncak Anjani.

Dari atas puncak ini, Anda bisa melihat keseluruhan dari bagian gunung serta pemandangan mengagumkan Pulau Lombok dan Sumbawa. Puncak Anjani sekali lagi akan mempu membuat setiap mata terpana dan enggan untuk meninggalkannya.

Puncak Gunung Rinjani di Lombok, sumber ig aris_yunus

Puncak Gunung Rinjani di Lombok, sumber ig @aris_yunus

Demikian lima pesona objek wisata Gunung Rinjani yang patut untuk Anda rasakan ketika berkunjung ke Pulau Lombok. Jika Anda masih belum berpengalaman dalam pendakian atau sebagai pendaki pemula, kami sarankan Anda bergabung dengan para penyedia jasa pendakian objek wisata Gunung Rinjani. Selain faktor keamanan, anda juga akan mendapatkan banyak cerita tentang lokasi ini dari mereka.

Selamat menikmati indahnya Gunung Rinjani Lombok yang mempesona. Jangan lupa hubungi kami untuk mengatur perjalanan wisata Anda selama di Lombok. Salam dari kami, First Lombok Tour.