Nama Pulau Lombok tidak asing lagi terdengar, apalagi bagi anda yang suka traveling. Pulau Lombok memang dikenal dengan surganya wisata bahari. Pulau Lombok menjadi incaran wisatawan setelah Bali untuk dikunjungi karena banyak destinasi wisata yang mempesona disuguhkan oleh Pulau Lombok. Dari wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata religi.

Pulau Lombok memang patut dikunjungi karena beragam destinasi wisata yang disuguhkan, salah satunya wisata religi. Hal ini tidak mengherankan karena Pulau Lombok memiliki ribuan Masjid denga beberapa Masjid Megah. Selain itu, terdapat juga Masjid bersejarah sebagai awal masuknya Islam di Pulau Lombok.

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok, Sumber: Instagram/@_equinn 

Karena jumlah Masjid hingga ribuan inilah yang menjadikan Pulau Lombok dijuluki sebagai Pulau dengan Seribu Masjid. Julukan Pulau Lombok sebagai Seribu Masjid ini memiliki yang patut untuk Anda ketahui. Berikut ulasannya dari kami untuk Anda:

Sejarah Pulau Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Sebutan Pulau Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid bukanlah muncul dengan sendirinya. Melainkan memiliki sejarah yang patut untuk diketahui oleh Anda terutama Penduduk Nusa Tenggara Barat. Kenapa patut diketahui? Karena kalau anda berjumpa dengan wisatawan atau orang lain baik di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) atau ketika anda berada di provinsi selain NTB, anda mampu menjawab apabila ditanya “Kenapa Pulau Lombok bisa dijuluki dengan Pulau Seribu Masjid?”.

Pulau Lombok dijuluki sebagai pulau dengan Seribu Masjid berawal dari kunjungan kerja Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama yakni Bpk. Effendi Zarkasih, pada tahun 1970 an. Ketika itu Beliau terpukau dengan keadaan Pulau Lombok yang memiliki lebih dari 1.000 Masjid dari pusat kota hingga pelosok, baik Masjid besar hingga berukuran kecil.

Jumlah Masjid di Pulau Lombok

Julukan Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai Pulau Seribu Masjid bukanlah sesuatu yang berlebihan. Sebutan Pulau Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid wajar disematkan karena Pulau Lombok memiliki Masjid berjumlah ribuan bahkan hampir mencapai angka 9.000 Masjid yakni sekitar 8.951 Masjid salah satunya Masjid Islamic Center Lombok. Jumlah Masjid sebanyak 8.951 Masjid tersebut, tersebar hampir diseluruh 518 desa di Pulau Lombok.

Masjid Al-Halimy Sesela Gunung Sari, Kab Lombok Barat, Sumber: Instagram/@sejutamasjid_

Dengan luas Pulau Lombok sekitar 4.738,65 km² dan memiliki 8.951 Masjid, itu berarti setiap 0,529 km² atau 529 m² terdapat 1 Masjid. Jumlah 8.951 Masjid terdiri dari 3.767 Masjid besar dan 5.184 Masjid kecil. Tidak tutup kemungkinan dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun kedepan jumlah Masjid di Pulau Lombok bahkan mencapai angka lebih dari 10.000 Masjid.

Jumlah Masjid yang dibangun sebanyak itu, tidak lepas dari jasa para kontraktor. Begitupun pembangunan Masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dibalik megahnya bangunan Masjid ada jasa kontraktor bangunan Jogja yang berusaha membuat Masjid menjadi bangunan yang layak dipakai dan indah untuk dilihat.

Luas Pulau Lombok dan Jumlah Pemeluk Agama Islam

Luas Pulau Lombok sekitar 4.738,65 km² atau sekitar 23,51% dari luas Provinsi Nusa Tenggara Barat yakni sekitar 20.153,15. Jumlah Masjid di Pulau Lombok yang mencapai hampir 9.000 Masjid juga didukung jumlah penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam sekitar 3.156.927 Jiwa menurut Badan Pusat Statistik (BPS) daerah Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Masjid Bayan Beleq yang Bersejarah

Jumlah Penduduk hingga mencapai 3.156.927 jiwa yang memeluk Agama Islam di Pulau Lombok mencapai persentase 68,63% dari jumlah Penduduk Nusa Tenggara Barat yang memeluk Agama Islam.  Dengan Mayoritas berasal dari Kabupaten Lombok Timur sekitar 1.170.829 jiwa atau 37,08% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.

Administratif dan Pemeluk Agama Islam Pulau Lombok

Pulau Lombok secara administratif masuk dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat. Jumlah kota dan kabupaten di Pulau Lombok sebanyak 5 dengan pembagian wilayah administratif yakni 4 kabupaten dan 1 kotamadya. Jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam di Pulau Lombok mencapai 3.156.927 jiwa dan akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Masjid Baitul Atiq Gerung Utara, Kec Gerung, Kab Lombok Barat, Sumber: Instagram/@sejutamasjid_

Jumlah 3.156.927 jiwa tersebar di 4 kabupaten dan 1 kota di Pulau Lombok dengan jumlah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam sebanyak 1.170.829 jiwa atau sekitar 37,08% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.
  2. Kabupaten Lombok Barat dengan jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam sebanyak 551.818 jiwa atau sekitar 17,47% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.
  3. Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam sebanyak 895.061 jiwa atau sekitar 28,35% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.
  4. Kabupaten Lombok Utara dengan jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam sebanyak 200.319 jiwa atau sekitar 6,34% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.
  5. Kota Mataram dengan jumlah Penduduk yang memeluk Agama Islam sebanyak 338.900 jiwa atau sekitar 10,73% dari jumlah Penduduk Pulau Lombok yang memeluk Agama Islam.

Masjid di Pulau Lombok tidak hanya besar, namun megah-megah dengan Mimbar Masjid yang menarik dan unik ditambah desain interior yang indah sehingga membuat anda akan terpukau ketika melihatnya. Itulah informasi mengenai sejarah Pulau Lombok bisa dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid.

Bagi Anda yang ingin berwisata halal, Pulau Lombok menjadi salah satu rekomendasinya. Karena di Pulau ini Anda tidak hanya mudah menemukan penjual makanan dan minuman yang halal. Namun, Anda dengan mudah menemukan Masjid untuk menunaikan kewajiban Anda sebagai umat Islam. Semoga informasi diatas dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi Anda.