Lombok menjadi salah satu pulau dengan objek wisata yang begitu melimpah. Tidak heran banyak orang yang berkunjung ke sana. Mulai dari wisata alam nya yang indah juga wisata adat dan budaya yang bisa diambil pelajaran. Selain itu, lombok juga dikenal dengan pulau seribu masjid yang tentu Anda bakal menjumpai banyak masjid di sana salah satu masjid tersebut yaitu Masjid Islamic Center Lombok.

Masjid Islamic Center yang ada di Mataram Lombok menawarkan kenyamanan seperti halnya Anda merasakan beribadah di Tanah Suci. Bagi Anda yang ingin berwisata religi ke Lombok, inilah salah satu tempat yang bisa Anda tuju selain beberapa masjid bersejarah lainnya.

Fakta Menarik Masjid Islamic Center Lombok Yang Perlu Diketahui.

Masjid Islamic Center Lombok memiliki keunikan tersendiri sehingga tidak salah jika tempat ibadah ini menjadi salah satu tujuan wisatawan muslim. Inilah hal yang perlu diketahui dari Masjid Islamic Center Lombok.

Masjid Islamic Center Lombok
Masjid Islamic Center Lombok selalu ramai dikunjungi. Sumber IG @fahrudihy

1. Selalu Ramai Seperti di Tanah Suci

Desain unik yang ditawarkan oleh Masjid Islamic Center Lombok ini membuat banyak wisatawan makin ramai berkunjung. Bahkan banyak turis mancanegara yang menempuh perjalanan jauh dengan tujuan hanya ingin melihat keelokan tempat ibadah ini dari dekat. 

Tidak heran jika pemerintah NTB menjadikan masjid ini sebagai salah satu wisata religi di Lombok. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke sini tidak hanya bisa beribadah, tetapi juga mengabadikan momen dengan berfoto.

2. Wisata Religi di Lombok

Masjid yang menjadi salah satu landmark di Lombok ini tidak hanya menawarkan keindahan bangunan yang megah. Bahkan di bulan suci, Gubernur setempat mengundang empat imam besar dari Suriah, Libanon, Maroko, dan Mesir.

Nah, bagi Anda yang berniat beribadah di sini, jangan lupa pula untuk mampir di wisata religi lainnya. Wisata religi yang bisa Anda kunjungi lagi yaitu Makam Batu Layar yang tidak terlalu jauh dari lokasi masjid.

3. Masjid Megah di Tanah Lombok

Pulau seribu masjid memang pantas disandang oleh Lombok. Bangunan megah nan kokoh mudah sekali ditemukan di tiap sudut kota. Namun dari banyaknya rumah ibadah yang ada, Masjid Islamic Center Lombok memang membuat siapapun terpesona.

Jangankan dekat, dari jauh saja tempat ini sudah terlihat megah. Bagi Anda yang ini melihat kemegahannya secara langsung, tentu pulau Lombok siap menanti Anda.

4. Desain Unik dan Menakjubkan

Rumah ibadah yang memiliki kubah dan serta menara artistik ini sendiri terbilang cukup baru di Lombok. Bagaimana tidak, pembangunannya saja dimulai sejak tahun 2010 lalu. Berbeda dengan masjid lainnya, desain dari masjid ini memang membuat banyak orang terkagum-kagum.

Jangankan kubah, di langit ruangan ini diberikan sentuhan batik dengan warna biru putih yang menyejukkan. Sementara itu, sekeliling tembok dan tiang dicat dengan warna keemasan. Perpaduan tersebut membuat tempat ibadah ini semakin megah.

5. Kuliner Enak Buka Puasa

Seperti masjid lainnya, masjid ini juga menyediakan takjil gratis di kala bulan Puasa. Beragam hidangan siap disajikan dan memanjakan perut Anda setelah seharian penuh berpuasa.

Nah, Anda yang berniat berburu kuliner sebelum bedug maghrib, coba saja membeli sate pencok yang dijual di pasar-pasar takjil dekat masjid. Berbeda dengan sate lain di Lombok, kuliner ini terbuat dari bahan kikil dan dibumbui dengan pelepah ragi kuning. 

Struktur Bangunan Masjid Islamic Center Lombok

1. Menara

Bangunan Masjid Islamic Center ini memiliki kemegahan yang indah. Bangunan ini memiliki 5 menara yang tinggi. Menara tersebut memiliki keinggian 99 meter. Menara itu juga dilengkapi dengan fasilitas lift yang bisa mengangkut wisatawan untuk menuju puncaknya.

2. Lantai

Warna dari banguanan masjid ini sangat cerah karena didominasi dengan warna-warna tosca, kuning, dan putih. Masjid Islamic Center ini terbagi ke dalam 4 lantai.

3. Ballroom

Bangunan ini juga dilengkapi dengan Ballroom. Untuk bagian luarnya sendiri, ada area parkir yang sangat luas yang bisa menampung hingga 200 kendaraan roda empat dan juga hingga 2.000 kendaraan roda dua. Kapasitas jamaahnya sendiri untuk bisa beribadah berjamaah di dalamnya adalah 15.000 jamaah. 

4. Kubah

Kubah dari bangunan utama Masjid Islamic Center Lombok ini pun juga menarik. Kubah bangunan ini memiliki hiasan berupa motif batik khas dari daerah Nusa Tenggara Barat, yaitu motif batik sasambo, yang tidak ada di masjid lainnya di Lombok.

5. Luas

Area Masjid Islamic Center sendiri sangat luas (7,6 hektar) sedangkan bangunan utamanya sendiri menempati area seluas 3,6 hektar.

6. Lokasi Masjid Islamic Center

Lokasi masjid terbesar di Mataram Nusa Tenggara Barat ini adalah di Jalan Langko, Kota Mataram. Lokasi tersebut sangat strategis dan berada di Pusat Kota Mataram, sehingga pengunjung tidak perlu bingung mencarinya. Dan karena masih berada di tengah kota, maka fasilitas lain di sekitar masjid tersebut akan membantu wisatawan dalam mendapatkan kebutuhan mereka.

Misalnya tempat makan atau restoran, yang ada di sekitar kawasan tersebut, sehingga wisatawan yang berkunjung juga bisa menyempatkan berwisata kuliner sambil menunggu waktu masuk sholat atau ibadah lainnya.

Masjid Islamic Center Lombok
Kemegahan Masjid Islamic Center Lombok. Sumber IG @rangophotography

Kemeriahan dan kemegahan masjid ini juga semakin marak ketika Bulan Puasa tiba. Wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Nusa Tenggara Barat yang sedang menunggu jam buka puasa biasanya naik ke atas menara 99 untuk ngabuburit.

Mereka bisa berfoto-foto di sana sambil menikmati suasana Lombok dari ketinggian. Pengalaman seperti ini pasti akan menjadi pengalaman wisata religi halal yang menarik saat berada di Lombok dan di saat waktu berbuka puasa tiba, barulah mereka akan menikmati wisata kuliner Lombok di sekitar masjid.

Demikian ulasan mengenai fakta menarik Masjid Islamic Center di Pulau Lombok. Berwisata religi sembari menikmati pemandangan alam indah pulau Lombok tentu akan menjadi pengalaman berharga Anda. Anda bisa berwisata di Lombok dengan membeli paket wisata Lombok yang disediakan jasa penyedia paket wisata First Lombok Tour yang sudah berpengalaman. Semoga informasi ini bermanfaat.