Pulau Lombok dikenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid dan beberapa diantaranya adalah Masjid termegah di Lombok. Julukan ini disematkan karena pulau kecil seluas 5.435 km persegi ini memiliki 4.500 lebih masjid yang tersebar di 598 desa dan kelurahan di pulau Lombok. Ini tidak lepas dari tingginya semangat masyarakat muslim Lombok untuk membangun masjid sehingga dalam satu desa bisa dibangun lebih dari 1 masjid.

Berikut ini kami ulasan 5 Masjid termegah di Lombok yang bisa dijadikan referensi wisata religi ketika anda berwisata ke Pulau Lombok, diantaranya :

1. Masjid Raya Hubbul Wathan

Masjid Hubbul Wathan, sumber ig _rongap
Masjid Hubbul Wathan, sumber ig _rongap

Masjid Raya Hubbul Wathan terletak di kota Mataram. Masjid Raya Hubbul Wathan termasuk ke dalam wilayah Islamic Center yang dibangun di atas lahan seluas 74.749 meter persegi. Desain kubah Masjid Hubbul Wathan ini dibuat mirip dengan batik khas Suku Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo). Ketiga suku itu merupakan yang terbesar di NTB.

Masjid Raya Hubbul Wathan memiliki empat menara yang mengapit di setiap sudutnya, tinggi setiap menara mencapai 66 meter. Selain itu, terdapat juga menara utama yang menjulang tinggi mencapai 99 meter di pintu masuk utama masjid. Tinggi menara 99 meter tersebut memiliki arti sebagai simbol agar masyarakat ingat dengan nama 99 nama Allah atau asmaul husna.

Menara 99 di Islamic Center Hubbul Wathan ini dibuka untuk umum atau wisatawan yang ingin menikmati view kota Mataram dari ketinggian atau sekedar melihat deretan kubah kubah masjid besar lainnya yang tersebar hampir sejauh mata memandang.

Di dalam bangunan masjid, ada karpet yang membentang khusus untuk dilewati oleh wisatawan non-Muslim. Wisatawan non-Muslim yang ingin melihat keindahan arsitektur masjid diharuskan menggunakan pakaian tertutup aurat atau jubah yang telah disediakan. Disediakan tourism zone di lantai tiga sebagai pusat informasi untuk para wisatawan.

2. Masjid Raya Nurul Bilad

Masjid Nurul Bilad, sumber ig andi_maroli
Masjid Nurul Bilad, sumber ig @andi_maroli

Masjid Nurul Bilad yang dibangun di pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah ini diproyeksikan menjadi masjid termegah setelah Islamic Center Hubbul Wathan di Kota Mataram. Masjid ini dibangun 2 lantai dengan total luas ±7.200 m2 dan diperkirakan dapat menampung 1.500 jamaah.

Berbeda dengan konsep desain masjid di wilayah bagian barat, tengah, dan timur Pulau Lombok yang menonjolkan kubah dengan ukuran besar, gaya arsitektur Masjid Raya Nurul Bilad terinspirasi dari model banguan masjid-masjid di wilayah utara Lombok yang cenderung beratapkan model limas. Hal ini tak lepas dari pengaruh arsitektur Masjid Kuno Bayan.

Walaupun bentuk bangunannya persegi dengan kubah berbentuk segitiga, kesan kuno dan jadul tak akan kamu lihat pada bangunan masjid ini. Bagi pecinta fotografi, hampir di setiap sudut bangunan masjid dan juga area masjid bisa dijadikan sebagai spot berfoto yang asyik. Semua ornamen bangunan mulai dari lantai sampai atapnya sangat elok dipandang.

Diberi nama “Nurul Bilad” yang berparti “Cahaya bagi Negeri”, Nurul Bila diharapkan menjadi penyerang tidak hanya bagi warga dan jamah masjid, tetapi juga menerangi semua aspek kehidupan yang ada di kawasan KEK Mandalika.

3. Masjid Al Akbar Masbagik

Masjid Al Akbar Masbagik, sumber ig roziagustiawan
Masjid Al Akbar Masbagik, sumber ig @roziagustiawan

Masjid Al Akbar berada di Jalan Nasional di perempatan Desa Masbagik Utara, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Masjid Al Akbar dibagun pada tahun 1975. Luas masjid yg mencapai 2800m2 dipercantik dengan sentuhan budaya timur tengah Turki. Lebih dari 1500 jamaah bisa ditampung dalam bangunan bertingkat tiga ini.

Keindahan dan kemegahan masjid yang didominasi warna emas ini mengundang bukan hanya para hamba Allah untuk masuk ke dalamnya, tapi juga mengundang para wisatawan yang melancong ke Lombok Timur.

Kokohnya nilai budaya islam masyarakat Masbagik disimbolkan oleh 9 tiang yang menyangga kubah utama masjid Al-Akbar. 9 tiang ini menggambarkan kebesaran 5 rukun islam dan 4 mazhab besar dalam islam.

4. Masjid Agung Praya

Masjid Agung Praya, sumber ig sukron4689
Masjid Agung Praya, sumber ig @sukron4689

Masjid Agung Praya terletak di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah yang mana merupakan salah satu masjid terbesar di Kabupaten Lombok Tengah. Masjid Agung dibagun pada tahun 1979. Berawal dari lahan pemerintah bekas perkebunan tebu yang awalnya hanya berupa mushola kecil kini telah terbagun masjid yang begitu besar dan megah.

Masjid Agung memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding bermotif putih dan kombinasi biru tua pada bagian kubahnya. Bangunan utama masjid terdiri dari dua lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki luas baguanan 1000 m2 dan tanah 10.000 m2. Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah.

5. Masjid Jamiq Al Mujahidin Selong

Masjid Al Mujahidin Selong, sumber ig hielda.dinasty
Masjid Al Mujahidin Selong, sumber ig @hielda.dinasty

Masjid Jamiq Al Mujahidin Selong terletak di Sandubaya, Selong Kabupaten Lombok Timur. Bangunan masjid yang megah tersebut berdiri di atas lahan seluas 1.2 hektar dengan luas bangunannya yang mencapai 1540 meter persegi. Proses pembangunan awal masjid Agung Al-Mujahidin dimulai pada tahun 1957. Diberi nama Al Mujahidin sebagai penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang gugur melawan penjajahan Belanda

Masjid yang meniru konsep desain masjid As Syuhada Yogyakarta ini memiliki 4 menara di sekeliling kubahnya dan bisa menampung hingga 5000 jamaah. Selain Arsitektur gaya modern timur tengah mendominasi bangunan masjid ini, lampu warna warni di malam hari juga melengkapi keindahan masjid Jamiq Al-Mujahidin Selong yang megah ini.

Itu dia beberapa Masjid termegah di Lombok yang bisa ditemui saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Lombok. Semoga informasi ini dapat menjadi wawasan tambahan untuk Anda. Simak berbagai informasi wisata Lombok lainnya di halaman paket wisata Lombok.

Konsultasi Gratis whatsapp