Tanjung bloam merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang unik dan cantik. Ketika Anda mengunjungi wisata ini, Anda bakal terkagum akan pesonanya. Tanjung bloam lebih dikenal sebagai wilayah konservasi penyu dengan habitatnya yang berada di sepanjang garis pantai lombok yang memanjang dari ujung selatan sampai ujung utara.

Selain penyu, pantai tanjung bloam memiliki keindahan alam yang begitu alami dan hampir terlupakan oleh para wisatawan. Begitu tiba di pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut dan air laut yang jernih membiru. Panorama keindahan alam di tempat ini sesekali akan diselingi oleh hilir mudiknya para nelayan yang mencari ikan dengan perahu-perahu kecil mereka.

Daya Tarik Pantai Tanjung Bloam

Daya tarik pantai ini lebih menonjolkan panorama batuan cadas yang begitu menakjubkan seperti lukisan seorang pelukis ulung yang tak ternilai harganya. Dua buah tebing batuan cadas yang mengapit tanjung bloam ini memang sangat eksotis, pada sisi kirinya akan terlihat sebuah tebing berbentuk bakpao, dan di sisi kanannya akan Anda lihat sebuah tebing cadas tak beraturan yang menjorok ke pantainya.

Warna batuan di tebing yang kuning keemasan dan corak-corak hitam tak beraturan menjadikannya terlihat begitu kontras dan warna dasar pantai yang membiru. Keindahan tanjung bloam sedikit mirip dengan pantai tanjung ringgit yang bertekstur alam yang dikelilingi bukit-bukit berbatu. Bagi pemburu spot fotografi, pantai tanjung bloam adalah tempat yang luar biasa untuk dijelajah.

Tanjung Bloam, sumber ig amelia_rizqa
Tanjung Bloam, sumber ig @amelia_rizqa

Telusurilah pesisir pantainya dan temukan spot yang bagus dengan angle-angle yang begitu menakjubkan untuk diabadikan dengan bidikan kamera. Keindahan alam dengan nuansa alam yang lain akan semakin banyak Anda lihat jika sedikit berusaha naik ke atas bukit batu. Dari sudut ini Anda akan melihat hamparan pantai yang begitu mempesona.

Berfoto dengan latar tebing dan batuan cadas di pantai tanjung bloam akan menjadi memori yang sulit untuk dilupakan. Ombak di pantai tanjung bloam tergolong dalam kategori ombak yang sedikit besar. Jika tidak ingin terbawa arus, sebaiknya bersantai saja di pesisir pantai sambil menikmati keindahan sekitarnya.

Aktivitas Seru

Pantai tanjung ini tak hanya sekedar menyuguhkan keindahan alam untuk sekedar disaksikan. Ada juga beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi pantai yang satu ini. Berikut beberapa aktivitas seru tersebut.

1. Bermain di Hamparan Pasir Putih

Pantai tanjung ini memiliki hamparan pasir putih yang terasa lembut ketika dipijak, bahkan tanpa alas kaki sekalipun. Anda tentu akan sangat senang untuk bermain-main di atas hamparan pasir putih tersebut bersama keluarga atau kerabat yang Anda ajak. Anda juga bisa berjemur dengan menggunakan kain pantai sebagai alasnya.

Ketika berjemur di hamparan pasir putih, Anda akan dimanjakan oleh suara debur ombak. Suasana yang tak terlalu ramai pengunjung juga membuat Anda mungkin akan jatuh tertidur. Cara ini merupakan cara liburan yang cocok untuk melepas penat dan jenuh oleh rutinitas harian.

2. Berenang

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke pantai adalah berenang. Debur ombak di wisata lombok ini memang tidak terlalu besar. Namun, demi keamanan Anda sebaiknya tidak berenang terlalu jauh ke tengah laut, cukup renang di dekat-dekat pantai saja.

Tanjung Bloam, sumber ig gunarilove
Tanjung Bloam, sumber ig @gunarilove

Hal itupun sudah sangat cukup untuk membasuh diri dari rasa lelah setelah menempuh perjalanan cukup jauh. Air laut di spot wisata ini masih sangat asri. Keasrian tersebut membuat airnya tampak berwarna biru jernih. Airnya juga bersih dan terbebas dari sampah.

3. Snorkeling

Tanjung bloam yang belum banyak dijamah wisatawan membuat kehidupan bawah lautnya pastilah masih sangat terjaga. Anda bisa menyaksikannya secara langsung dengan cara snorkeling. Sayangnya menemukan sewa alat snorkeling di tempat ini tak semudah di beberapa pantai lain di Lombok. Anda sebaiknya membawa alat snorkeling sendiri atau menyewanya di kota.

Bawah laut tanjung ini dihuni oleh ikan-ikan dan terumbu karang nan indah. Menyaksikan keindahan tersebut dari dekat pastilah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda juga bisa mencoba mengabadikan keindahan tersebut dengan menggunakan action cam yang anti air.

4. Mengunjungi Penangkaran Penyu

Pantai tanjung ini merupakan salah satu kawasan yang dijadikan pusat penangkaran penyu. obyek wisata ini memang merupakan pantai yang ramah dan disukai oleh para penyu. Beberapa spot bebatuan yang menjorok ke laut memang bisa ditemukan di lokasi ini. Spot seperti itu adalah spot yang disenangi oleh penyu.

Mengunjungi penangkaran penyu dapat menjadi sarana untuk berlibur sambil belajar, apalagi jika Anda mengajak serta si kecil saat liburan. Penangkaran itu dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Anda juga bisa sekaligus bercengkrama dengan para penduduk yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Pastinya akan banyak cerita menarik yang Anda dapatkan.

Pantai Tanjung Bloam, sumber ig rudy_rudedz
Pantai Tanjung Bloam, sumber ig @rudy_rudedz

Rute Menuju Pantai Tanjung Bloam

Pantai yang mempesona ini terletak di wilayah Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jika di tempuh dari Kota Mataram, akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Jika Anda yang sudah pernah ke tanjung ringgit, tidak akan terlalu susah menemukan spot yang menakjubkan ini.

Sebelum sampai ke tanjung ringgit, berbelok lah ke arah kanan di sebuah jalanan kecil yang seukuran satu mobil. Kemudian, 500 meter dari tikungan akan Anda temukan sebuah pendopo mini yang menandakan bahwa Anda sudah sampai di wilayah sekitar obyek wisata. 

Demikianlah ulasan mengenai pantai tanjung bloam lombok timur yang menyimpan keindahan alam yang mempesona. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.