Pantai Mawun berada di selatan Lombok. Area Lombok selatan sebenarnya tidak bagitu terkenal dibandingkan dengan Lombok barat dan Lombok timur, terutama jika membahas mengenai pantai-pantai dan gili. Namun, meskipun begitu area Lombok bagian selatan memiliki berbagai keindahan yang tidak kalah seperti Pantai Mawun dan obyek-obyek wisata lainnya.

Berbagai keindahan ini adalah daya tarik wisata bahari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lombok memang terkenal dengan keindahan pantai-pantai dan obyek wisata bahari lainnya disamping terdapat pula banyak lokasi dan jenis wisata lainnya yang ditawarkan.

Pantai Mawun jarang dikenal di kalangan para pelancong. Tetapi apabila mengetahui dan dapat berkunjung ke pantai yang satu ini, siapapun akan takjub dengan keindahan dan daya tarik yang ditawarkan. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Mawun. Bagaimana informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun, sumber ig suhariyadi11
Pantai Mawun, sumber ig @suhariyadi11

Pantai Mawun memiliki keindahan dan suasana yang relatif berbeda dengan berbagai pantai Lombok lainnya. Jika pantai-pantai lainnya berada di bibir pantai dengan hamparan yang luas dan terik cuaca matahari yang lepas serta berombak besar, obyek wisata yang satu ini memiliki tampilan suasana yang berbeda.

Pantai Mawun memiliki bibir pantai yang diapit oleh dua bukit pada sisi timur dan baratnya. Jika dipandang, kedua bukit yang tinggi ini seolah gerbang pintu masuk air dari samudera menuju Pantai Mawun.

Keberadaan bukit ini menjadikan pemandangan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang menampilkan lautan dan samudera dibawah langit yang biru. Sebaliknya, perpaduan pemandangan samudera dipadu dengan bukit yang hijau menambah suasana asri pantai yang biasanya cenderung terik dan menyilaukan.

Selain itu, ombak yang terdapat di Pantai Mawun cenderung lebih tenang karena deburannya diredam oleh keberadaan bukit pada kedua sisi pantainya. Dengan ombak yang cenderung tenang, wahana air di pantai bisa cenderung aman dan dinikmati dengan lebih nyaman.

Lokasi dan Rute Pantai Mawun

Pantai Mawun berada di Desa Tumpak, Kec. Pujuk, Kab. Pulau Lombok Tengah. Pantai ini berada diantara Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak yang juga begitu mempesona di Lombok. Meski keberadannya berada di dua pantai yang terkenal, namun akses menuju pantai ini masih relatif lebih jauh dan sulit karena memang tidak ramai dikunjungi.

Dari Kota Mataram, perjalanan menuju lokasi ini bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun lokasinya lebih dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Sehingga para wisatawan bisa memanfaatkan waktu di sini sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Sedikit catatan, apabila ingin menuju ke lokasi ini menggunakan kendaraan bermotor, pastikan tangki bahan bakar kendaraan Anda dalam keadaan terisi penuh. Karena jika sudah berada di sekitar lokasi yang berdekatan dengan pantai, belum ada SPBU.

Aktivitas di Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun, sumber ig sukangayap
Pantai Mawun, sumber ig @sukangayap

Banyak aktivitas dan permainan air yang bisa dilakukan di obyek wisata Lombok yang satu ini. Sebagaimana aktivitas pantai biasanya, dengan biaya masuk pantai sebesar Rp. 10.000, tentu saja berenang di pinggir pantai menjadi salah satu yang harus dilakukan. Namun tidak disarankan untuk berenang di tengah pantai, karena meskipun berombak relatif lebih kecil, namun bagian tengahnya relatif lebih dalam.

1. Berselancar

Aktivitas lainnya yang juga sering dilakukan adalah surfing atau berselancar. Hampir di semua pantai Lombok aktivitas berselancar bisa dilakukan. Namun untuk di lokasi ini, spot selancar yang paling baik berada diantara bukit yang berada di sisi-sisi pantai, karena merupakan pintu masuk ombak dari samudera menuju bibir pantai.

2. Bermain Pasir

Pasir yang terdapat di pantai ini berwarna putih. Dengan suasana yang tidak ramai, pantai ini cenderung bersih dan tidak terlalu banyak sarana yang berada di sekitarnya. Sehingga bagi Anda yang membawa anak-anak, aktivitas bermain pasir di pantai ini bisa lebih seru dan leluasa dibandingkan pantai yang ramai dan banyak fasilitasnya.

3. Bersantai

Jika Anda ingin menikmati semilir angin pantai dengan suasana yang relatif asri dan perbukitan hijau, Anda bisa bersantai di gazebo-gazebo yang terdapat di sekitar pantai atau menggunakan kursi santai.

4. Berfoto

Pantai Mawun, sumber ig caroline_firli
Pantai Mawun, sumber ig @caroline_firli

Di era sosial media seperti sekarang ini, tentu saja, mengunjungi tempat-tempat yang memiliki keindahan pemandangan yang mempesona tidak lengkap rasanya jika tidak selfie atau mengabadikan pemandangannya serta meng-upload di akun media sosial. Di lokasi ini, banyak sekali pemandangan yang masih alami dan bersih yang cocok untuk dijadikan objek foto.

5. Menikmati Kuliner dan Bermalam

Di sekitar pantai juga terdapat para penjual makanan kecil. Bukan hanya makanan kecil, terdapat juga restoran atau tempat makan yang menyediakan seafood atau menu makanan laut untuk dinikmati. Jadi, jika berkunjung ke lokasi ini tetapi tidak membawa makanan, jangan khawatir terasa lapar. Karena para pengunjung bisa membelinya pada penjual makanan kecil dan tempat makan yang ada.

Setelah beraktivitas selama seharian di sini dan tanpa sadar waktu telah menjelang malam, para pengunjung bisa memanfaatkan penginapan-penginapan yang terdapat di sekitar lokasi pantai ini. Begitu juga apabila ingin menikmati sunrise dan sunset, agar tidak terlalu lama berada di perjalanan, lebih baik memanfaatkan penginapan yang ada, sehingga bisa menikmati momen sunrise dan sunset secara langsung.

Demikian berbagai informasi Pantai Mawun yang berhasil dirangkum redaksi firstlomboktour.com untuk Anda. Simak terus berbagai informasi dan tips liburan wisata di Lombok bersama kami. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda!