Pulau Lombok adalah pulau yang kaya akan pesona alamnya, banyak orang tentu akan tertarik melihat keindahannya. Pulau yang menjanjikan segala kemegahan bagi siapa saja yang menjamahnya. Pengalaman yang benar-benar baru bagi Anda jika telah mendatangi pulau dengan seribu tempat wisata yang menghipnotis mata.

Pulau Lombok yang menyimpan banyak keunikan dan ciri khas tersendiri akan membuat Anda betah berada di sana. Banyak tempat yang bisa Anda datangi dan Anda nikmati di pulau itu. Salah satunya wisata pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak
Pasir putih pantai Selong Belanak sangat memukau. Sumber Flickr

Pantai Selong Belanak memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan sangat halus. Hamparan pasir putih itu sangat panjang disertai dengan adanya garis pantai lengkung yang mirip sekali dengan bulan sabit. Bahkan di bagian ujung dari lengkungannya tersebut, terdapat beberapa bukit yang sangat indah dengan panorama hijau alaminya.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Lombok, pantai yang satu ini memang memiliki perbedaan dengan pantai-pantai yang lain. Jika pantai yang lain memiliki berbagai keunikan yang sudah biasa, tetapi pantai ini memiliki keunikan yang luar biasa dari pantai lainnya.

Pesona Pantai Selong Belanak

Ada banyak sekali hal yang unik dan menarik jika Anda mendatangi pantai yang satu ini. Salah satu keunikannya yaitu pantai yang membentuk bulan sabit sangat indah. Selain itu, yang lebih menarik lagi, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan air laut jernih berwarna biru.

Pemandangan air laut yang jernih serta hamparan pasir yang lembut memutih terlihat lebih sempurna dengan balutan bukit nan hijau yang mengelilingi pantai. Lepaskan alas kaki dan berjalanlah di sekitar pantai. Anda akan merasakan kelembutan pasir putih di pantai ini.

Hal menarik lainnya di pantai Selong Belanak adalah dua jenis ombak yang dimilikinya. Pantai bagian barat memiliki ombak yang besar, sementara pada bagian lain ombak yang datang tidak terlalu besar. Perbedaan ombak tersebut banyak dimanfaatkan para wisatawan untuk berselancar.

Banyak wisatawan asing yang menyebut pantai Selong Belanak seperti pantai Hawaii karena dari tekstur alamnya dan juga gaya warung-warung di pinggir pantai yang masih sangat tradisional menggunakan ilalang dan juga bambu.

Suasana Pantai Penuh Kedamaian 

Sejauh ini, objek wisata pantai Selong Belanak masih belum banyak terpublikasi di berbagai media, hal ini pula yang menjadikan jumlah pengunjung wisatanya terbilang sedikit dibanding dengan pantai Senggigi Lombok Barat atau pantai Kuta Lombok.

Sejatinya, pantai ini memiliki ciri khas yang tidak ada di pantai Lombok lainnya, yakni efek damai dan menenangkan buat siapa saja yang mengunjunginya. Tetapi meskipun demikian, pantai ini juga masih ramai dikunjungi saat liburan tiba.

Pantainya yang tenang dan suara desiran ombak yang merdu membuat suasana tenang semakin tercipta. Suasana siang hari di sini tidak terlalu ramai oleh pengunjung (di luar musim liburan), sehingga Anda bisa menjelajahi pantai berbentuk bulan sabit ini.

Aktivitas Seru Di Pantai Selong Belanak

Ketika tiba di pantai Selong Belanak, Anda akan menemukan banyak perahu nelayan yang singgah dan pemukiman warga. Pantai ini memang ramai oleh aktivitas warga sehingga kurang bisa leluasa melakukan aktivitas air.

Namun, apabila Anda bergeser sedikit ke area utara pantai, barulah Anda bisa melakukan aktivitas air. Ini karena di area utara tidak banyak aktivitas warga dan airnya lebih tenang. Anda bisa berenang, bersantai, berjemur, berselancar, bermain pasir atau bahkan memancing.

Di bagian utara pantai ini memang menjadi spot para wisatawan untuk melakukan aktivitas air atau bahkan bersantai ria. Hal ini karena ombak dan arus airnya yang tenang dan tidak banyaknya aktivitas warga yang ditemui. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berdua atau bersama keluarga tercinta untuk bermain air dan pasir pantai yang putih dan halus.

Mengingat pantai ini dekat dengan warga setempat, biasanya Anda bisa melihat langsung kegiatan yang mereka lakukan seperti nelayan ynag sedang memperbaiki perahunya, anak-anak yang membantu orang tuanya, para istri yang sedang mengolah hasil tangkapan suaminya, hingga pelaksanaan upacar adat yang biasa warga lakukan di pantai.

Kuliner Khas Sekitar Pantai Yang Bisa Dinikmati

Karena mayoritas penduduk di wisata pantai Selong Belanak adalah nelayan, maka Anda akan banyak menemukan makanan khas yang terbuat dari ikan. Namun tak perlu khawatir, kuliner khas Lombok berupa olahan daging sapi atau ayam tetap bisa Anda temukan.

Kuliner yang biasa disuguhkan adalah sate ikan. Anda bisa menemukannya di setiap rumah makan. Tidak hanya kedai atau rumah makan sederhana yang ada di pantai ini, cafe dan bar juga ada.

Penginapan Yang Langsung Menghadap Pantai Selong Belanak

Di pantai ini memang belum ramai dengan hotel yang mewah, namun Anda bisa menemukan kesan “romantis” dengan menyewa villa dekat pantai atau langsung satu atap dengan warga sekitar. Sensasi menjadi seperti warga sekitaran pantai akan membuat liburan Anda semakin seru.

Pantai Selong Belanak, pantai indah di Lombok. Sumber Flickr

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai penginapan atau villa dengan bertanya kepada warga sekitar pantai. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Tak usah khawatir dengan view dan fasilitas yang akan didapatkan, karena semua penginapan pasti menyajikan fasilitas yang memuaskan.

Demikian ulasan mengenai pesona wisata pantai Selong Belanak Lombok yang indah dan sayang untuk Anda lewatkan. Menikmati pesona pantai Hawaii-nya Indonesia ini tentu akan menjadi pengalaman liburan berharga Anda. Dan pastikan Anda berlibur dengan mempercayakan kepada agen perjalanan wisata yang menyediakan paket wisata Lombok dengan harga bersaing yaitu First Lombok Tour. Semoga informasi ini bermanfaat.