Kota Mataram Lombok, adalah pusat dari Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menyimpan berbagai lokasi wisata Instagrammable. Hal ini karena tampilannya unik dan jarang dapat ditemukan di daerah lainnya di luar Mataram, Lombok. Selain itu, Kota Mataram Lombok memiliki fasilitas wisata yang lengkap karena merupakan Kota Besar di NTB.

Fasilitas wisata sangat memudahkan para wisatawan yang kebanyakan baru pertama kali berkunjung ke Lombok. Paket wisata, sewa mobil, guide tour bisa memberikan layanan yang membuat para wisatawan tidak perlu khawatir dengan perjalanan wisata mereka.

Berbagai obyek wisata di Kota Mataram Lombok juga tidak luput dari perhatian para penyedia jasa paket wisata Lombok untuk di rekomendasikan. Simak 10 lokasi wisata Mataram Lombok yang Instagrammable berikut ini.

1. Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok

Masjid Hubbul Wathan, sumber ig hendi_cikumil

Masjid Hubbul Wathan, sumber ig @hendi_cikumil

Berkunjung ke pulau yang mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Masjid, kurang afdhol kalau belum menyempatkan mengunjungi Masjid terbedar di daerah tersebut. Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok merupakan masjid terbesar di Pulau Lombok yang diresmikan pada tanggal 15 Desember 2013. Letaknya yang strategis di tengah-tengah kota menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata di Kota Mataran yang selalu ramai dikunjungi pelancong.

Salah satu hal yang unik dari masjid ini adalah menaranya yang tingginya mencapai 99 meter, sehingga disebut juga menara asmaul khusna. Di samping itu, kubah dari masjid ini memiliki motif yang khas yakni motif batik sasambo.

Bagi para pengunjung yang berkunjung bersama keluarga tercinta menggunakan mobil pribadi atau sewa, tak perlu kecewa karena karena masjid ini mampu menampung sebanyak 15.000 jama’ah. Lahan parkir bus ini sangat luas dengan kapasitas maksimal 200 mobil roda empat dan 2.000 motor roda dua.

2. Taman Sangkareang

Taman Sangkareang, sumber ig warnalombok

Taman Sangkareang, sumber ig @warnalombok

Taman Sangkareang berada di Jalan Pejanggik, yaitu tepat di jantungnya Kota Mataram. Lokasinya berada di area pemerintahan kota sehingga berbagai kesibukan dapat disaksikan dari lokasi ini.

Namun tidak perlu khawatir. Meskipun berada di lokasi yang sibuk, namun keindahan dan daya tarik Taman Sangkareang tetap bisa dinikmati. Suasananya hijau dan asri karena pepohonan serta tanaman yang terdapat di sekitar lokasi.

Biasanya para warga kota bahkan para wisatawan mendatangi tempat ini untuk melakukan berbagai aktivitas seperti piknik, bersantai dan menikmati pemandangan. Selain itu tentu saja berfoto dengan segala keindahan yang terdapat di taman ini.

3. Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan, sumber ig agus_salim13

Kota Tua Ampenan, sumber ig @agus_salim13

Layaknya di kota-kota besar lainnya di daerah jawa, Mataram juga memiliki kawasan wisata kuno yakni kawasan dermaga dan Kota Tua Ampean. Kawasan ini merupakan bagian penting dari Kota Mataram dan Pulau Lombok, pasalnya dulu kota ini menjadi pusat perekonomian yang menopang sendi kehidupan masyarakat.

Dari dermaga ini berbagai produk dan komoditas khas Puau Lombok dikirim ke luar pulau, tak jarang juga para saudagar dan pedagang kala itu dating lansung melalui dermaga ini untuk mengembangkan usahanya.

Kini keramaian dermaga dan Kota Tua Ampenan memang sudah tak sebingar dahulu. Namun sisa-sisa nuansa sejarah di setiap sudut kotanya masih merekam dengan jelas sejarah Mataram di masa silam. Bagi kalian yang sedang berlibur ke Mataram jangan pernah lewatkan untuk berfoto dan singgah di sini untuk menikmati Mataram tempo dulu.

4. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri NTB, sumber myeatandtravelstory.wordpress.com

Museum Negeri NTB, sumber myeatandtravelstory.wordpress.com

Bagi kalian lagi singgah di Mataram jangan lupa juga untuk mengunjungi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Selain berwisata di sini kita bisa mempelajari sejarah, budaya bahkan adat istiadat asli dari masyarakat di Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok.

Museum ini berlokasi di Jl. Panji Tilar Negara Tanjung Karang, Kecamanan Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di sini kalian juga bisa berfoto-foto asik dengan berbagai barang bersejarah serta alat-alat tradisional yang khas dan asli Lombok.

5. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq, sumber ig kevin.fa_

Pantai Loang Baloq, sumber ig @kevin.fa_

Pulau Lombok memang terkenal dengan pantainya yang selalu memikat. Di Kota Mataram ini Anda dapat menemukan sebuah wisata pantai bernama Pantai Loang Baloq. Hampir sama dengan kondisi pantai lainnya di Pulau Lombok, Pantai Loang Baloq memiliki pasir putih yang bersih dan garis pantai yang indah.

Masih di kawasan Pantai Loang Baloq, Anda juga dapat menemukan sebuah makam keramat Loang Baloq yang ramai dikunjungi oleh peziarah. Abadikan momen kebersamaan bersama keluarga Anda dengan latar keindahan pantai Loang Baloq yang tak terlupakan.

6. Taman Air Mayura

Taman Air Mayura, sumber ig shotak.photravel

Taman Air Mayura, sumber ig @shotak.photravel

Wisata Pura Taman Air Mayura merupakan Pura sekaligus taman yang bersejarah yang berlokasi di di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Sejarah yang melekat dengan latar belakang keberadaan taman ini tidak terlepas dari sejarah Kerajaan di Lombok yang terdapat di masa lampau.

Dilihat dari namanya, Mayura berarti merak dalam bahasa sanskerta. Asal usul penamaannya adalah, konon di area ini banyak ular yang berkeliaran sehingga mengganggu kenyamanan siapapun yang sedang beribadah. Sehingga didatangkan banyak burung merak untuk menghilangkannya.

7. Pura Meru

Pura Meru, sumber ig inyoongg

Pura Meru, sumber ig @inyoongg

Pura Meru juga berada di lokasi yang berdekatan dengan Taman Air Mayura yaitu di Kecamatan Cakranegara. Sejarahnya juga sama, merupakan bagian dari bangunan yang didirikan oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada masa Kerajaan di Lombok masa lampau. Pura ini ternyata merupakan yang terbesar di Lombok.

Pura ini terbagi menjadi 3 bagian dimana di dalamnya terdapat 33 sanggah berwarna putih yang melambangkan 33 desa yang dahulu terlibat dalam pembangunan pura ini. Perpaduan gaya arsitektur Jawa kuno dan Lombok menjadikan keindahan tersendiri pada bangunan Pura.

8. Taman Udayana

Taman Udayana, sumber ig yunsa.shop

Taman Udayana, sumber ig @yunsa.shop

Taman Udayana adalah taman kota lainnya di Lombok yang menyediakan lapangan luas hijau nan asri. Taman ini menjadi tempat berkumpul para warga yang datang untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga, bersantai, berkumpul dan aktivitas lainnya.

Selain itu, di malam hari lokasi ini juga penuh dengan berbagai aktivitas, salah satunya adalah wisata kuliner. Lokasi ini dipenuhi dengan penjual street food dengan berbagai pilihan.

9. Pantai Penghulu Agung

Pantai Penghulu Agung, sumber ig rhie_nine_petualang

Pantai Penghulu Agung, sumber ig @rhie_nine_petualang

Pantai Penghulu Agung adalah salah satu dari beberapa pantai yang berlokasi di sekitar pusat Kota Lombok. Meskipun begitu, suasana di Pantai Penghulu Agung cenderung tenang dengan pengunjung yang tidak begitu ramai. Biasanya para pengunjung menikmati suasana sore ditemani sunset di pantai ini. Sangat cocok untuk Anda yang berburu foto pemandangan sunset.

10. Galeri Sampah The Griya

The Griya, sumber ig thegriyalombok

The Griya, sumber ig @thegriyalombok

The Griya merupakan salah satu galeri seni yang terdapat di Mataram. Di dalamnya terdapat berbagai instalasi seni yang menarik dan tentunya Instagrammable. Yang lebih uniknya lagi, Instalasi seni ini ternyata merupakan daur ulang dari sampah.

Pemiliknya adalah Pak Theo yang sekaligus seniman yang membuat berbagai karya seni yang terdapat di sini. Di lokasi juga terdapat kafe dan berdekatan dengan pantai sehingga bisa menjadi spot untuk berfoto sekaligus bersantai.

Itu dia berbagai informasi lokasi wisata Kota Mataram Lombok yang Instagrammable untuk Anda. Semoga bisa menghibur dan menambah wawasan spot wisata di Lombok ya. Simak terus artikel wisata lainnya, salah satunya tentang Wisata Gunung Rinjani di halaman firstlomboktour.com.