Pusuk Sembalun adalah salah satu spot wisata alam selain pantai dan Gili di Lombok. Spot wisata ini menunjukkan sisi yang berbeda dari wisata Pulau Lombok yang seringkali dikenal dari sisi pantai dan keindahan lautnya saja. Bagaimana keindahana salah satu spot wisata alam ini?

Pesona Pusuk Sembalun

Di kawasan Pusuk Sembalun, pengunjung dapat menikmati panorama keindahan Gunung Rinjani yang begitu mempesona dengan hutannya yang lebat dan nampak masih sangat alami. Selain itu, dari ketinggian Anda juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang begitu curam dan menjulang tinggi.

Belum lagi perbukitan, lembah, peternakan, dan pegunungan. Semua unsur di kawasan ini sangat mendukung untuk menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak bisa dipungkiri, keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini memang sangat luar biasa. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan seluruh pemandangan yang ada.

Hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika berkunjung ke Kawasan ini adalah terdapat banyak monyet liar. Untuk itu harus berhati-hati dan bersiap untuk mengamankan setiap perlengkapan yang Anda bawa dari gangguan monyet liar ini. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan beberapa makanan untuk bisa diberikan kepada monyet, sehingga barang Anda akan aman dan tidak direbut.

Lokasi

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata Gg. Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mempermudahkan dalam perjalanan, Anda bisa mengecek lokasi google mapsnya dengan klik di sini.

Rute

Pusuk Sembalun, sumber ig rpesik
Pusuk Sembalun, sumber ig @rpesik

Tentu jika akan membahas terkait rute, akan terdapat banyak rute yang dapat Anda tempuh, bergantung dari titik awal perjalanan Anda. Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rute yang bermula dari ibu kota Lombok yakni Kota Mataram.

Rute untuk bisa menuju spot wisata alam ini, dari ibu kota Lombok atau Kota Mataram, Anda harus menuju Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Jarak yang harus Anda tempuh adalah sekitar 82,30. Maka dari itu, untuk menuju ke lokasi wisata alam ini melalui Kota Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit. Untuk rute atau jalur terbaik untuk menuju Taman Wisata ini, Anda bisa memilih Jalan Mataram Raya – Labuan Lombok.

Jam Buka

Spot wisata alam ini terbukan untuk umum selama 24 jam. Namun tentu saja, pengunjung tidak selalu ada selama 24 jam. Wisatawan biasanya menentukan jam tertentu untuk mengunjungi lokasi.

Fasilitas

Sebagai destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa, fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah sangat memadai dan dikelola dengan baik. Berikut ini adalah fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke Kawasan Taman Wisata alam di Lombok ini :

  1. Area Parkir yang luas
  2. Toilet Umum
  3. Warung Makan
  4. Serta Sejumlah petugas untuk menjaga keamanan serta kebersihan kawasan taman
  5. Spot foto yang instagramable

Hal yang paling populer dari taman wisata ini adalah spot fotonya yang sangat menawan dan mengesankan. Dengan menaiki berbagai bukit yang ada di spot wisata ini, Anda akan mendapatkan sejumlah spot foto dengan background yang sangat mempesona dan instagramable. Selain itu, juga ada sejumlah properti yang disediakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Harga Tiket

Untuk bisa berkunjung ke spot wisata alam ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Anda cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Biaya retribusi ini akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas yang lebih lengkap, perawatan tempat wisata, serta penjagaan kebersihan. Dengan dana yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan taman wisata yang sangat unik ini.

Objek Wisata Dekat Taman Wisata Pusuk Sembalun

Bagi para pengunjung yang ingin lebih mengexplore wisata-wisata yang terletak masih dalam satu daerah Desa Sembalun bisa mengunjungi destinasi wisata seperti Bukit Selong, Desa Beleq, Air Terjun Mangku Sari. Berikut informasi lebih lanjutnya :

Bukit Pusuk Sembalun, sumber ig nely.ristia
Bukit Pusuk Sembalun, sumber ig nely.ristia

Bukit Selong

Dalam jarak 9 km terdapat Bukit Selong yang sama-sama di kaki gunung rinjani. Bukit ini memiliki daya tarik yang sayang jika dilewatkan karena pengunjung dapat melihat pemandangan luar biasa saat berada di sini.

Air Terjun Mangku Sakti

Dalam jarak 23 km terdapat objek wisata alam air terjun mangku sakti. Air terjun ini tidak begitu tinggi tapi beberapa spot di air terjun ini sangat unik sehingga banyak sekali pasangan memilih tempat ini menjadi tempat foto prewedding. Di air terjun pengunjung juga bisa menyegarkan diri seperti berenang dan main air.

Desa Adat Beleq

Ke sembalun tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Desa Adat Beleq. Dari Taman Wisata Pusuk Sembalun berjarak sekitar 8.5 Kilometer.

Air Terjun Umar Maya

Selain Air Terjun Mangku Sakti anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Umar Maya. Warna Airnya begitu biru dan segar. Jaraknya begitu dekat dengan pusat sembalun sekitar 30 – 45 menit mengendarai motor.

Bukit Pergasingan

Dari kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun berjarak sekitar 23 Kilometer ada Bukit Pergasingan. Bukit ini berada di ketinggian 1700 mdpl. Di atas bukit ini wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah layaknya Bukit Selong. Petak-petak sawah terlihat sangat indah.

Di sini wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sunrise yang istimewa sehingga jika ingin menikmati pemandangan yang sempurna di bukit ini lebih baik sekalian camping karena trek menuju bukit ini juga cukup menguras tenaga.

Konsultasi Gratis whatsapp