Bagi Anda yang belum familiar dengan Gili di Lombok, sebaiknya segera kunjungi Lombok atau cari informasinya. Karena terdapat banyak keindahan dan pesona yang ditawarkan di tempat ini. Gili di Lombok adalah salah satu yang menjadi target para wisatawan mancanegara.

Lombok dengan destinasi wisata alam yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, lombok tak pernah sepi dari para wisatawan yang berlibur atau berkunjung ke sana. Salah satu destinasi wisata alam Lombok yang dewasa ini mencuri perhatian banyak orang yaitu Gili di Lombok.

Gili, Destinasi Favorit Wisatawan

Apa itu Gili? Dalam bahasa Sasak berarti pulau kecil. Pulau-pulau kecil itu ternyata diwarnai oleh panorama laut biru dan pasir putih yang halus sehingga menjadi destinasi primadona di Lombok. Tentu saja petualangan menjelajah pulau-pulau kecil semacam ini jarang sekali ditemukan di daerah lain.

Anda seperti sedang berpetualang ke pulau baru dengan penghuni yang sedikit namun keindahan alam yang tak diragukan lagi. Anda dianjurkan memiliki fisik yang baik karena Anda akan menggunakan perahu motor atau speedboat utuk menyeberang ke pulau-pulau kecil ini dari pulau utama.

Gili Trawangan, sumber GiliTickets.online
Gili Trawangan, sumber GiliTickets.online

Tempat wisata gili di Lombok cukup banyak, tentu saja dengan kelebihan atau keunikannya masing-masing sebagai daya tarik untuk Anda para wisatawan. Saat ini beberapa gili tersebut sudah berpenghuni, sehingga untuk fasilitas penginapan, kuliner, transport sederhana seperti andong sudah tersedia dan cukup memadai.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait hal tersebut selama liburan. Tetapi jika harus memilih gili mana saja yang perlu dikunjungi karena kemenarikan serta keindahannya bagaikan surga, mungkin Anda bisa melihat beberapa penjelasan singkat berikut ini tentang gili yang ada di Lombok.

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau kecil paling populer di Lombok. Di sini ada berbagai sajian khas alam yang bisa Anda nikmati. Pasir di pantai ini sangat putih, airnya juga jernih, kawasan pantai bersih dan bebas dari pedagang asongan menjadi daya tarik utama Gili Trawangan.

Gradasi warna laut yang biru dan hijau akan menjadi pemadangan lazim mata Anda. Lautan tanpa batas, warna yang indah. Inilah surga Gili Trawangan. Anda juga bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar tanpa harus menyelam.

2. Gili Meno

Gili Meno hanya dihuni sekitar 300 penduduk. Itulah mengapa Gili Meno disebut sebagai pulau dengan fasilitas minim karena tidak ada toko, sehingga wisatawan harus memiliki persediaan sendiri. Namun demikian, Gili Meno menyimpan keindahan yanag tak dipunyai oleh gili lainnya yakni danau garam dan sudut menyelam yang spektakuler seperti Meno Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue.

Gili Meno, sumber : gili fast boat
Gili Meno, sumber : gili fast boat

Pantai di bagian timur pulau ini sangat bagus dan cocok untuk snorkling. Di Gili Meno Anda akan menjumpai penyu bebas berenang dan species karang berwarna-warni. Ada banyak pilihan aktivitas liburan yang menyenangkan di Gili Meno. Sudut-sudut untuk diving sudah menanti untuk Anda susuri. Taman terumbu karang di sekitar utara timur pantai ini layak dikunjungi, warna-warna koralnya mempesona mata penyelam.

3. Gili Air

Gili Air menawarkan beberapa spot diving dan snorkling yang menawan. Anda tidak akan kesulitan untuk memuaskan hasrat menyelam Anda karena disini banyak operator yang menyediakan peralatan dan pemandu selam. Sudut pantai yang biasa dikunjungi para penyelam adalah di bagian timur Gili Air. Di sana Anda akan dihujani pemandangan yang luar biasa. Ikan-ikan karang akan menemani kita selama snorkling.

Kawasan yang biasa dipakai snorkling ini mempunyai kedalaman dari 1,5 meter hingga 3 meter. Jangan terlalu jauh menyelam, karena di kawasan ini dipasang sebuah tali sebagai tanda jika Anda sudah melewati batas aman untuk snorkling. Upayakan snorkling pada saat ombak sedang landai. Cobalah menyelam agak ke tengah untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang mempesona.

Gili Air, sumber : saltinourhair.com
Gili Air, sumber : saltinourhair.com

4. Gili Tangkong

Di sini terdapat tempat makan dengan berbagai pilihan menu, plus pasir yang berwarna sedikit kekuningan. Aktivitas paling tepat untuk mengisi kensunyian Gili Tangkong adalah snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Karena tidak banyak turis yang mengunjungi Gili Tangkong, Anda bisa sepuasnya bermain air, berenang dan snorkling tanpa khawatir terganggu dengan tamu yang lain.

Bahkan kita seperti layaknya sedang berkunjung ke pulau pribadi. Bagi penghobi fotografi underwater, keindahan bawah laut gili ini bisa Anda abadikan. Anda akan melihat banyak sekali ikan-ikan aneka warna plus terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Pemandangan Tangkong secara keseluruhan memang sangat menawan. Jika sedang cerah, langit yang kebiruan akan memperindah foto Anda. 

Gili Tangkong, sumber ig @fabiankiby
Gili Tangkong, sumber ig @fabiankiby

5. Gili Nanggu

Pemandangan bawah laut Gili Nanggu sangat elok. Karena tak banyak dijejaki turis membuat terumbu karang masih sangat terawat. Barisan ikan-ikan indah juga akan menjadi pemandangan lazim laut di gili ini. Anda pasti akan berdecak kagum dengan aneka warna dan keindahan yang Anda temui saat menyelam. Gili Nanggu tidak akan membuat Anda rugi jika memang ingin snorkling dengan bebasnya.

Anda juga tak perlu susah-susah membawa peralatan snorkling. Di sana sudah ada penyewaan snorkling yang harganya agak lebih mahal daripada di Gili Trawangan. Bagi yang tak ingin snorkling namun ingin melihat ikan-ikan cantik, Anda hanya perlu membawa roti untuk ditaburkan ke pantai guna memanggil mereka, dan nikmatilah keelokan ikan tersebut.

Gili Nanggu, sumber ig lomboknesia._
Gili Nanggu, sumber ig @lomboknesia._

6. Gili Kondo

Gili Kondo akan memanjakan mata dan hati Anda. Hamparan pasir putih, birunya laut dengan gradasi warna yang menunjukkan kedalaman yang berbeda dan cerahnya awan adalah ornamen yang menyumbang kecantikan Gili Kondo. Jernihnya pantai Gili Kondo membuat Anda bisa melihat terumbu karang yang cantik tanpa harus menyelam di kedalaman tertentu. Bersantailah di bibir pantai Gili Kondo, dari kejauhan Anda akan melihat panorama yang indah.

Gili Kondo, sumber : islandbalitours.com
Gili Kondo, sumber : islandbalitours.com

Jika menghadap ke barat, Anda akan melihat pulau Lombok yang gagah dengan perbukitan dan awan yang menggantung. Menghadap ke timur Anda akan menyaksikan gugusan pulau Sumbawa besar dan kecil yang memesona. Melihat ke utara, pandangan Anda akan bertemu dengan Gili Bedagan dan Bidara yang cantik dengan pasirnya yang putih bersih. 

Demikian ulasan mengenai Gili, destinasi wisata populer di Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan. Berwisata di pulau-pulau kecil Lombok dengan keindahan alam yang mempesona tentu dapat memanjakan mata Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.