Sekarang kita hidup di era serba digital. Teknologi yang semakin lama terus berkembang membuat hampir seluruh kegiatan manusia didesain supaya selalu membutuhkan smartphone dan koneksi internet dimana pun dan kapan pun. Tidak terkecuali saat wisata bersama sanak saudara. Lantas bagaimana cara dapatkan wifi gratis saat wisata? Simak selengkapnya hanya disini.

WiFi, Kebutuhan Pokok Masa Kini

Saat ini boleh dibilang kebutuhan manusia akan koneksi internet sudah seperti kebutuhan manusia akan sandang pangan papan, artinya memang segenting itu. Maka wifi gratis menjadi solusi efektif untuk menyelesaikan problem satu ini. Bila Anda melek media, pemerintah Singapura menyediakan 2.000 hotspot WiFi gratis secara cuma-cuma untuk masyarakat maupun wisatawan dunia.

Maka, Indonesia yang notabene memiliki penduduk jauh lebih banyak berkali lipat dibanding Singapura sudah selayaknya menyediakan hal demikian. Terlepas demikian, saat ini di negeri Indonesia tercinta sudah dapat kita temui beberapa spot WiFi gratis, meski memang tak sebanyak di negara sebelah.

Wifi gratis, solusi tepat untuk para wisatawan. Sumber: www.dotsemarang.blogspot.com
Wifi gratis, solusi tepat untuk para wisatawan. Sumber: www.dotsemarang.blogspot.com

Tips Dapatkan WiFi Gratis Saat Wisata

Wisata menjadi momen spesial yang ditunggu banyak orang. Menikmati setiap detik bersama orang tersayang kurang elok rasanya bila tidak diabadikan melalui foto video di sosial media. Ditambah aka nada beberapa keperluan yang mewajibkan wisatawan untuk mengakses internet, seperti melakukan pembayaran online atau sekedar mencari jalan melalui maps misalnya.

Maka akses koneksi internet menjadi barang wajib yang harus dipastikan aman bagi para wisatawan mengingat urgensitas akses internet. Bagi Anda yang kesulitan jaringan sinyal tersebab provider kartu yang punya keterbatasan jaringan, Anda tidak usah khawatir. Berikut kami paparkan beberapa tips dapatkan WiFi gratis saat wisata, dijamin memudahkan Anda bersama sanak saudara menikmati liburan yang ada.

1. WiFi Restoran atau Hotel

Tips yang dapat Anda lakukan pertama kali untuk mendapatkan wiFi gratis saat wisata ialah dengan cara berburu wifi di hotel ataupun restoran tempat Anda wisata. Saat ini hampir semua restoran dan hotel dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis, yang mana ini sangat bermanfaat bagi pengunjung yang datang.

Karena itulah naluri manusia masa kini yang sedang membutuhkan koneksi internet salah satunya yaitu mengunjungi restoran, kafe, atau tempat nongkrong yang memiliki fasilitas wifi gratis. Di tempat tersebut Anda bisa berselancar di internet sesuka hati tanpa ada yang menghalangi. Anda cukup memesan satu dua menu termurah sembari menanyakan password wifi kepada petugas restoran.

Wifi menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Sumber: www.shutterstock.com
Wifi menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Sumber: www.shutterstock.com

Bila Anda sedang berwisata dan menginap di hotel dekat sana maka Anda bisa mengoptimalkan fasilitas wifi gratis yang tersedia. Apabila wifi hotel tidak bisa atau sulit mengaksesnya, Anda bisa singgah sebentar di warung kopi atau tempat nongkrong kaki lima yang menyediakan wifi gratis. Dan saat ini sudah mulai berjamuran warung kaki lima yang menyediakan wifi gratis.

2. Kupon Gratis WiFi

Tips berikutnya untuk dapatkan wifi gratis ialah dengan kupon gratis. Bila Anda amati akan ada beberapa perusahaan yang teknik promosi bisnisnya dengan menyebarkan kupon gratis wifi. Meski saat ini belum banyak tersebar namun ini bisa menjadi kesempatan emas bagi para wisatawan yang sedang membutuhkan akses internet.

Kupon gratis bisa berbentuk penyebaran secara langsung maupun tersebar di sosial media. Dari kupon ini Anda bisa menikmati layanan internet secara gratis dengan limit tertentu. Biasanya kupon tersebut bisa dipakai di hotspot tertentu seperti indihome dan lain-lain. 

3. WiFi Tempat-Tempat Umum

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan wifi tempat umum. Untuk menikmati wifi gratis disaat sedang wisata Anda tidak perlu repot-repot, cukup mengunjungi tempat-tempat umum yang disana ada fasilitas wifi gratis. Saat ini bila Anda jeli melihat fakta lapangan banyak sekali tempat umum yang menyediakan wifi gratis.

Taman kota, perpustakaan umum, rest area jalan tol bahkan sampai kantor umum milik negara seperti kantor polisi, kantor kecamatan, kantor imigrasi menyediakan layanan internet kantor yang bisa diakses masyarakat umum. Ini merupakan kesempatan emas terutama Anda yang sedang berwisata ria bersama sanak sudara dan terkendala kuota juga jaringan.

4. Jaringan WiFi yang Tersembunyi

Cara berikutnya ialah menggunakan jaringan wifi tersembunyi. Bila Anda amati akan ada tempat-tempat umum yang mana sebenarnya memiliki wifi gratis namun tidak dapat terbaca dalam smartphone. Tidak perlu kahwatir, hal tersebut karena pemilik wifi menyembunyikan jaringan supaya tak dapat ditemukan orang lain.

Banyak wisawat yang memiliki failitas wifi gratis. Sumber: www.padanginfo.com
Banyak wisawat yang memiliki failitas wifi gratis. Sumber: www.padanginfo.com

Ini bukan lah suatu masalah yang besar. Anda masih bisa mendapatkan wifi yang tersembunyi tersebut dengan beberapa cara. Saat sedang berada di tempat umum, Anda bisa mencoba mengunduh aplikasi guna menemukan wifi tersembunyi, lalu Anda bisa melacak wifi yang tersembunyi. Anda bisa pastikan pula bahwa wifi tersebut tidak sedang dalam keadaan terkunci.

5. Akses Internet WiFi Kantor

Saat Anda berwisata, tidak jarang akan Anda lewati beberapa kantor milik negara yang menyediakan akses wifi gratis. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang mana sedang berwisata dan memerlukan akses wifi. Anda bisa menanyakan staf kantor atau karyawan yang sedang bertugas password wifi yang sedang digunakan.

Ini merupakan cara yang cukup efektif melihat para wisatawan biasanya terkendala jaringan karena provider kartu yang susah sinyal. Maka boleh mungkin sesekali ketika Anda sedang jalan-jalan ke kota wisata dan menemukan kantor umum pemerintah Anda bisa singgah sejenak untuk sekedar menjajal akses wifi gratis disana.

Akhir kata, itulah beberapa tips dapatkan wifi gratis saat wisata. Setelah ini Anda tidak perlu khawatir bila kehabisan kuota saat tengah berwisata, karena akan ada wifi gratis yang bisa dioptimalkan. Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya tentang oleh-oleh Lombok dan liburan karyawan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.