Lombok menjadi destinasi yang tepat untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta. Beragam keindahan alam serta panorama yang mengagumkan membuat siapa saja yang melihat akan jatuh hati bukan kepalang. Maka akan sangat disayangkan bila mengunjungi tempat seindah ini tak membawa buah tangan. Pada artikel kali ini telah dirangkum 4 tempat belanja oleh-oleh khas Lombok yang rekomended. Selamat menyimak.

Lombok, Pulau Terpencil Kaya Alami

Lombok, sebuah pulau yang terletak di daratan Nusantara. pulau yang memiliki bentuk bulat agak lonjong diujungnya terkenal memiliki pemandangan alam yang memukau. Tidak heran banyak sekali wisatawan baik lokal maupun para turis rela menempuh perjalanan jauh dari daerahnya menuju daerah asing yang tak dikenalinya.

Karena itulah Lombok memiliki banyak sekali oleh-oleh khas Lombok yang menyita perhatian. Dari para wisatawan sendiri perlunya memiliki kepekaan agar dapat sadar dan mengetahui betapa pentingnya oleh-oleh ini dibeli. Setidaknya saat pulang nanti akan ada perasaan ingin berbagi, kepada kerabat sanak saudara.

Lombok dengan berbagai oleh-oleh khasnya. Sumber: travelingyuk.com
Lombok dengan berbagai oleh-oleh khasnya. Sumber: travelingyuk.com

Berbagai Oleh-Oleh Khas Lombok

Bila menilik dari Lombok, ternyata akan ditemui banyak sekali oleh-oleh khas dari pulau satu ini. Sudah menjadi barang wajib bagi setiap wisatawan untuk sekedar menjajal oleh-oleh itu. Karena nantinya ada banyak kuliner yang menaikkan semangat para wisatawan.

Maka dari itu, sebelum pulang Anda harus mencicipi beragam oleh-oleh khas Lombok ini semua, serta tidak lupa untuk membawanya pulang ke kampung halaman untuk diberikan kepada sanak saudara. Anda tak perlu khawatir,karena oleh-oleh berupa kaos juga akan banyak Anda temui di Lombok. Hal ini diketahui dari banyaknya konveksi jersey yang ada di pulau tersebut.

Inilah beberapa oleh-oleh khas Lombok yang rekomended karena keunikannya, sangat cocok untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lumayan lama.

1. Kain Tenun Sasak

Sudah sejak dari dulu, menenun dipercaya bagian dari urat nadi masyarakat asli Lombok. Atas dasar hal itu kain tenun adalah barang wajib yang harus dibeli wisatawan ketika sedang bertamasya ke Lombok. Kain tenun khas Sasak nantinya akan menjadi kain tenun ikat dan songket.

2. Madu Sumbawa

Berikutnya ada Madu Sumbawa yang juga oleh-oleh khas Lombok berikutnya. Meskipun madu ini berasal dari Sumbawa, yang merupakan pulau kecil di timur Lombok namun hebatnya ialah madu Sumbawa tetap dianggap oleh-oleh khas Lombok. Madu ini disinyalir punya banyak sekali khasiat.

3. Dodol Rumput Laut

Memiliki budidaya rumput laut menjadikan Lombok semakin banyak makanan favorit. Rumput laut nantinya menjadi bahan baku dari dodol itu. Dengan kelezatan yang disetiap gigitannya menjadikan orang yang mencobanya langsung ketagihan. Anda dapat membeli dodol ini di toko oleh-oleh khas Lombok.

Kain tenun menjadi oleh-oleh khas Lombok. Sumber: jejakpiknik.com
Kain tenun menjadi oleh-oleh khas Lombok. Sumber: jejakpiknik.com

Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Lombok yang Rekomended

Setelah menyinggung sedikit mengenai oleh-oleh, sekarang saatnya beralih ke tokonya. Berikut telah kami rangkum secara lengkap tempat berbelanja oleh-oleh khas Lombok yang rekomended, sangat cocok untuk Anda yang kangen masakan khas Lombok atau para wisatawan yang ingin pulang ke kampong halaman.

1. Pasar Seni Sayang-Sayang

Di kota Mataram, akan Anda ketahui dengan seksama bahwa ada banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Karena banyak wisatawan, oleh-oleh juga sering dicari di kota itu. Bila Anda kebingungan mencari oleh-oleh, di Mataram ada pasar bernama pasar seni. Di pasar ini Anda dapat membeli aneka kerajinan khas daerah Lombok berupa kain tenun, anyaman rotan, kerajinan dari kayu dll.

2. Mataram Craft Centre (MCC)

Mataram Craft Centre (MCC) merupakan oleh-oleh khusus perhiasan yang bernilai tinggi. Tempatnya ada di sekitar Sekarbela, kota Mataram.saat hendak menuju kesana, akan banyak Anda temui banyak sekali toko perhiasan mutiara. Namun seperti biasa, toko perhiasan paling rekomended masih di MCC.

Bicara seputar perhiasan khususnya mutiara, ternyata selama ini ada dua jenis mutiara yang sering dilupakan, mutiara air tawar dan mutiara air laut. Mutiara air tawar memiliki harga relativ terjangkau, melihat juga cara mengambilnya yang mudah. Berbeda dengan mutiara air laut yang bisa mencapai puluhan juga, karena proses mengambilnya sangat bergantung pada nyawa seseorang.

3. Sebelah Mataram Mall

Bila Anda suka jalan-jalan ke Mataram Mall, akan Anda temui toko shopping yang mana menjual beragam oleh-oleh kahs Lombok. Beraneka jenis makanan, serta barang-barang yang meliputi kain tenun, kaos Lombok hingga perhiasan mutiara akan mudah Anda temukan di toko deret ini.

Pasar seni Sayang-sayang, tempat rekomended cari oleh-oleh khas Lombok. Sumber: keluyuran.com
Pasar seni Sayang-sayang, tempat rekomended cari buah tangan khas Lombok. Sumber: keluyuran.com

Namun Anda harus ingat kembali, bahwa toko-toko ini berada di jantung kota. sehingga meskipun tokonya mungil, jangan terheran-heran bila harga yang ditawarkan jauh melebihi ekspektasi harga. Namun karena berada ditengah kota, toko ini menjunjung tinggi kualitas. Sehingga sangat wajar bila tempat oleh-oleh ini selalu ramai pengunjung.

Sepanjang jalan di samping Mataram mall berderet artshop yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Lombok. Mulai dari kain tenun, makanan khas, kaos Lombok, perhiasan mutiara bisa anda temukan di sini. Pilihan tempat yang berada di pusat kota Mataram membuat pusat belanja oleh-oleh selalu ramai pengunjung. Anda harus pandai menawar harga karena harga di sini relative mahal.

4. Pasar Seni Kute

Anda tahu pantai Kute Lombok? Pantai yang terkenal karena turisnya ini ternyata sangat banyak ditemui berbagai art shop yang menyediakan oleh oleh khas Lombok. Selain itu oleh-oleh Lombok seperti tas, kain pantai, sepatu juga dapat Anda temui disini. Maka jangan lupa mampir kesini bila berlibur ke pantai Kute.

Akhir kata, itulah beberapa tempat belanja oleh-oleh khas Lombok yang rekomended versi kami. Jangan lupa menggunakan kemasan yang kuat dan kokoh untuk menopang oleh-oleh yang banyak, seperti kemasan kardus yang tebal misalnya. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang sirkuit mandalika dan obat saat travelling. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.