Liburan bersama karyawan- Jika Anda memiliki karyawan yang terus menerus bekerja tanpa ada libur, pasti ini akan membuat karyawan Anda merasa jenuh dan akhirnya berdampak terhadap kinerja karyawan Anda terhadap kemajuan perusahaan. Pada umumnya, perusahaan telah memberikan waktu berupa cuti karyawan. Akan tetapi cuti tidak memiliki dampak yang cukup signifikan bagi perusahaan. Hal tersebut dikarenakan karyawan yang cuti hanya berlibur untuk dirinya pribadi, dengan harapan pada saat karyawan kembali dari cuti akan lebih baik secara kemauan produktivitas dan juga hasil. Lalu bagaimana caranya untuk menyelesaikan persoalan tersebut ?

Ada sebuah pilihan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, yakni pilihan tersebut adalah liburan bagi karyawan. Liburan bagi karyawan dimaknai sebagai waktu di mana seluruh karyawan beserta manajernya berlibur bersama. Apabila Anda berencana untuk mengadakan liburan bersama karyawan Anda, tentunya Anda harus memiliki rencana yang tepat.

5 Tips Liburan Bersama Karyawan

Mengadakan sebuah liburan bagi karyawan perusahaan akan menjadi cara yang tepat untuk menunjukkan kepada karyawan atas hasil kerja mereka didalam perusahaan Anda. Adanya liburan karyawan perusahaan juga akan mempengaruhi kinerja internal di sebuah perusahaan. Tentunya, dengan cara liburan bersama para karyawan merasa dihargai, dan mereka tentunya akan lebih maksimal dalam bekerja untuk perusahaan Anda. Oleh karena itu, liburan bersama karyawan perusahaan merupakan cara yang terbilang tepat untuk membangun kerja tim dan persahabatan. Dan juga, liburan menjadi cara yang sempurna bagi karyawan untuk membiarkan mereka saling memahami satu sama lain. Karena, orang-orang yang bekerja di departemen berbeda pada umumnya mereka tidak dapat berinteraksi setiap hari.

Dengan diadakannya liburan bersama. Harapannya ini akan memberikan karyawan kesempatan untuk berbicara dan memahami satu sama lain dalam setingan susana santai. Namun tetap meningkatkan ikatan antar karyawan perusahaan Anda. Mengadakan liburan bagi karyawan perusahaan tidak akan memotong banyak biaya jika Anda bisa mengatur dan memilih tips berlibur bersama karyawan yang benar. Lalu bagaimana caranya mengadakan liburan karyawan perusahaan, berikut dibawah ini Kami sajikan tips berlibur bersama karyawan perusahaan :

tips liburan bersama karyawan, sumber : google.com
Tips liburan bersama karyawan, sumber : google.com

1. Atur Anggaran Liburan

Tidak dapat dipungkiri bahwa anggaran menentukan berbagai faktor yang terkait dengan acara liburan bersama. Misalnya saja, untuk tempat seperti apa yang akan dipakai dan acara apa saja yang akan dilakukan. Tentunya Itu semua bergantung seberapa banyak anggaran yang tersedia. Maka carilah beberapa tempat liburan yang sesuai dengan anggaran perusahaan Anda, setelah itu Anda dapat memilih kebutuhan apa saja yang sesuai dengan perusahaan. Pada umumnya tempat yang akan disewakan untuk acara-acara berlibur dilengkapi dengan detail harga yang dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan pilihan liburan bersama karyawan.

2. Jadwalkan Liburan Bersama Karyawan

Selain memanajemen anggaran liburan bersama karyawan, Anda juga perlu memastikan terkait tanggal yang akan di pilih untuk acara liburan bersama karyawan. Pemilihan jadwal begitu sangat penting, karena ini bagian dari manjemen waktu. Menentukan jadwal liburan, dapat meminimalisir bentrokan satu jadwal dengan jadwal lainnya. Harapannya, ketika Anda sudah menetukan jadwal liburan, akan membuat liburan bersama menjadi lebih nyaman, serasa gaya liburan ala sultan.

3. Riset Tempat Liburan

Setelah Anda menentukan jadwal liburan bersama dengan tepat, saatnya Anda untuk mencari tempat liburan bersama. Perlu diketahui, bahwa jauh dan dekatnya tempat liburan, tentu akan mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu jika anggaran tidak memungkinkan, maka carilah tempat yang tidak jauh, tapi tetap dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk karyawan Anda.


Karenanya, pertimbangkan berapa banyak ruang yang akan dibutuhkan untuk acara liburan tersebut, dan itu juga harus didasarkan pada seberapa banyak jumlah peserta yang hadir dalamkegiatan apa saja yang akan dilakukan. Jika Anda sudah menemukan tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, jangan lupa segera memesan tempatnya.

Paket liburan di Lombok, sumber : liputan6.com
Paket liburan di Lombok, sumber : liputan6.com

4. Bekal Liburan Bersama Karyawan

Pada umumnya pada saat liburan bersama atau piknik tentunya membutuhkan konsumsi. Biasanya tempat yang Anda kunjungi menyediakan berbagai makanan yang Anda butuhkan. Serta tempat penyewaan juga menawarkan berbagai macam paket untuk katering dan juga hiburan. Paket tersebut biasanya ditawarkan dengan harga yang terbilang cukup murah dan Anda tidak perlu kuatir mencari ditempat yang jauh.

Selain paket konsumsi, jangan lupa mengatur jadwa pada saatl acara liburan bersama berlangsung, hal ini agar acara liburan tersusun dengan baik dan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan. Juga acara hiburan sangat diperlukan untuk mengakrabkan dan menghibur peserta. Beri semua peserta liburan yang hadir dengan berbagai pilihan makanan, hiburan, serta game. Untuk membuat game lebih menyenangkan, Anda juga dapat menambah berbagai cemilan seperti popcorn, yang dikemas dengan kemasan popcorn.

5. Tetapkan Aturan

Untuk tips yang terkahir, HRD perlu memutuskan kebijakan atau aturan liburan bersama. Aturan tersebut ditetapkan beberapa hari sebelum hari liburan bersama tiba. Berilah penjelasan secara singkat tentang pakaian seperti apa yang harus dikenakan. Tentunya untuk pakaian, haruslah sesuai dengan ketentuan syariat Islam, yakni menutup aurat. Atau aturan mengenai hal-hal yang dibolehkan dan hal yang tidak diperbolehkan pada saat liburan berlangsung.

Aturan tersebut dilakukan, untuk meminimalisir hal-hal yang dapat membuat liburan menjadi tidak kondusif. Atau Anda juga dapat menggunakan id card dengan mengunakan tali lanyard. Untuk mencetaknya , Anda bisa gunakan jasa cetak lanyard. Id card tersebut digunakan sebagai penanda mana karyawan liburan dan mana yang bukan. Hal yang utama dari liburan bersama, yakni semua peserta menikmati liburan bersama. Liburan perusahaan memungkinkan setiap personal untuk me-refresh kembali pikiran karyawan dan melupakan persoalan tekanan kerja. Untuk itu, pastikan untuk menciptakan suasana menyenangkan. Dengan memfasilitasi aktivitas permainan untuk membangun kerja sama tim. Dan hiburan yang menyenangkan.

Karyawan yang menggunakan id card, sumber : google.com
Karyawan yang menggunakan id card, sumber : google.com

Demikianlah informasi yang dapat Kami sajikan mengenai tips liburan bersama Karyawan. Bagi Anda yang membutuhkan informasi sebutar bisnis, silahkan baca artikel Kami berkenaan dengan tips bisnis kuliner. Sekian dan terimakasih.