Tips sewa mobil adalah informasi yang paling dicari jika belum mengerti petunjuk untuk melakukannya. Setiap dari Anda pasti ingin mendapatkan sewa mobil yang murah dengan sopir yang ramah dalam menemani perjalanan berwisata Anda selama di Lombok. Apalagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Lombok.

Disisi lain juga Anda tentu sangat memperhatikan tingkat keamanan dalam menyewa mobil agar perjalanan berwisata Anda tidak terhambat atau terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Sewa Mobil Wisata Murah dan Aman

Untuk Anda yang baru pertama kali berwisata di Lombok, belum mengetahui lokasi dan tidak banyak memiliki informasi, rental mobil memang menjadi pilihan. Jika sudah berpengalaman menyewa mobil di daerah lain, belum tentu harga dan fasilitasnya akan sama. Nah, jika ingin menyewa mobil di Lombok dengan harga murah dan aman, simak tips berikut ini.

1. Bandingkan Harga Sewa

Sebelum menyewa mobil maka penting untuk mencari referensi tentang harga sewa yang ditawarkan oleh setiap jasa sewa yang ada di Lombok. Ini penting supaya Anda bisa mendapatkan harga sewa yang miring atau di bawah budget Anda.

Sewa mobil saat ini sangat fleksibel, harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda termasuk durasi pemakaian. Mulai dari per 6 jam, 12 jam hingga 24 jam yang biayanya berkisar antara Rp 300.000 hingga lebih dari Rp. 1.000.000 atau tergantung dari jenis mobil dan kapasitas muatan.

Sewa Mobil Wisata, sumber ig faris_car_rental
Sewa Mobil Wisata, sumber ig @faris_car_rental

2. Sewa Jauh-jauh Hari

Mempersiapkan liburan itu ada baiknya janganlah mendadak, terlebih lagi soal sewa mobil. Nah, untuk memilih sewa mobil, Anda pun perlu mempertimbangkan kapan dan berapa lama mobil sewa akan disewa. Termasuk juga mempertimbangkan kapan waktu Anda akan menyewa mobil. Karena kalau hari-hari libur, akhir pekan, dan libur nasional, biasanya permintaan sewa mobil meningkat.

Oleh sebab itu, lakukan booking ke sewa mobil agar Anda dapat memastikan ketersediaan mobil sehingga ketika berangkat ke Pulau Lombok sudah bisa dipastikan mobilnya siap dan bisa digunakan. Dengan menyewa jauh-jauh hari sebelumnya, Anda bisa terhindar dari permainan harga sekaligus dapat menyesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan oleh Anda tentunya. Ada baiknya juga untuk melakukan konfirmasi harga sebelum memilih sewa mobil untuk memastikan budget sewa mobil yang harus Anda persiapkan.

3. Ketahui Syarat Menyewa Mobil

Ketahui apa saja syarat yang harus Anda penuhi sebagai penyewa. Biasanya syarat yang diajukan oleh pemilik sewa mobil cukup detail, termasuk meminta identitas diri Anda yang asli karena sekarang ini banyak tindak kriminal yang terjadi dengan modus sewa mobil. Jadi ikuti dan penuhi syarat yang diajukan.

Tetapi jika sudah punya kenalan atau sudah berlangganan biasanya syaratnya tidak terlalu ribet bahkan tanpa syarat apapun. Sebab menggunakan jasa sewa mobil atas saling percaya, kalau sudah begitu jangan sampai melanggar kepercayaan tersebut.

4. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Semakin besar mobil yang disewa maka semakin besar pula budget yang harus Anda keluarkan untuk sewa mobil termasuk lamanya penggunaan. Karenanya sebelum memilih mobil sewa, pertimbangkan siapa saja yang akan ikut liburan, berapa banyak penumpangnya, dan apa saja barang yang harus dibawa. Lalu kemana saja tujuan selama di Lombok, supaya ketika memilih sewa mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak lupa biar budget khusus sewa mobil cukup, selain itu agar sewa mobil tidak mubazir karena banyak tempat sisa atau bahkan terlalu sempit sehingga Anda tidak nyaman selama perjalanan. Misalnya saat sewa mobil yang kecil ternyata tidak cukup untuk menampung barang bawaan dan anggota keluarga yang ikut hingga membuat acara liburan jadi kurang nyaman.

Atau mungkin mobil yang disewa terlalu besar sehingga banyak ruang kosong yang tersisa hingga mubazir tempat, memang Anda nyaman tetapi jika ada mobil yang sesuai kebutuhan Anda dan harga lebih murah, apa salahnya kalau disewa sesuai kebutuhan.

Ilustrasi Masalah Pada Mobil, sumber ig ecodriveautosales
Ilustrasi Masalah Pada Mobil, sumber ig @ecodriveautosales

5. Tanyakan Kondisi dan Fasilitas Mobil

Mengetahui kondisi mobil sebelum kunci mobil diberikan adalah hal paling penting ketika memilih sewa mobil. Anda wajib menanyakan dan teliti pada kondisi mobil yang akan Anda gunakan tersebut. Supaya jika memang ada kekurangan pada mobil, Anda bisa langsung meminta ganti mobil yang memang layak pakai.

Seperti body yang baret hingga kondisi ban dan mesinnya. Agar ketika perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mobil mogok karena mesin yang sebetulnya tidak layak jalan. Jika mobil sudah Anda pakai dan mengalami kerusakan, itu akan menjadi tanggungan Anda sebagai penyewa.

Jadi selalu teliti dan tanyakan kondisi mobil tersebut dengan jelas, supaya Anda tidak akan dirugikan. Sudah mahal-mahal sewa mobil ternyata rusak di jalan sehingga liburannya jadi tidak asyik. Jangan lupa juga untuk menanyakan fasilitas yang Anda peroleh dengan harga sewa mobil tersebut. Apakah sewa mobil lepas kunci, tambah sopir hingga paket sewa tambah bahan bakarnya sekalian.

Tanyakan dengan jelas fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tetapi ada baiknya cari jasa sewa mobil yang sudah termasuk sopir untuk mengantisipasi Anda kesasar selama perjalanan berwisata, sekalipun sudah tersedia google maps, terkadang google maps juga tidak pas menentukan lokasi wisata.

6. Memperhatikan Hal Lain

Ketika memilih sewa mobil memang cukup membingungkan dan terkadang banyak jebakan. Untuk itu, banyak-banyaklah mencari informasi tentang jasa sewa mobil yang terpercaya kualitas layanannya agar Anda tidak kecewa. Sediakan budget pengaman untuk menghindari kekurangan budget karena Anda tidak mengetahui hal-hal apa saja yang bisa terjadi diluar dari dugaan, sehingga Anda tidak khawatir jika membutuhkan uang diluar dari target yang telah diperhitungkan.

Itu dia tips sewa mobil untuk mendapatkan rental yang murah dan aman. Semoga tips ini bisa menjadi referensi kecil Anda. Simak berbagai ulasan wisata Lombok lainnya di halaman firstlomboktour.com.

Konsultasi Gratis whatsapp