468

Pulau Lombok, salah satu bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara ini sekarang menjadi alternatif wisata populer di Indonesia. Berbagai jenis objek wisata di pulau ini siap memanjakan siapa saja yang datang. Maka tidak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok kian meningkat setiap tahunnya. Tapi tahukah Anda jika ternyata masih banyak yang tidak tahu fakta-fakta menarik tentang pulau mungil nan eksotis ini. Sehingga banyak yang ragu untuk menetapkan Pulau Lombok sebagai destinasi wisata tujuannya. Nah, First Lombok Tour punya rangkuman 5 Fakta Menarik Tentang Pulau Lombok yang tak diketahui banyak orang.

5 Fakta Menarik Tentang Pulau Lombok

Sebagian besar orang yang enggan mengunjungi Pulau Lombok menganggap bahwa pulau ini biasa saja. Padahal pada faktanya terdapat banyak hal yang menarik tentang  pulau mungil nan elok ini. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum.

Lombok berarti lurus

Banyak yang beranggapan bahwa kata Lombok berasal dari bahasa Jawa yang berarti cabai. Namun anggapan ini adalah sesuatu yang salah kaprah. Lombok sebenarnya berasal dari bahasa sasak “lomboq” yang berarti lurus. Konon nama lomboq diberikan untuk memperingati perjalanan panjang para nenek moyang masyarakat Lombok saat menemukan pulau ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kata Lomboq berganti menjadi kata Lombok. Pada akhirnya sekarang kata Lombok lebih populer dan dikenal oleh banyak orang.

Asal-usul Suku Sasak Lombok

Suku Sasak dikenal sebagai penduduk asli Pulau Lombok, seperti halnya suku Aborigin di Australia. Namun terkait dengan asal-usul suku sasak sendiri masih menjadi perdebatan dikalangan para ilmuan. Sebagian ahli beranggapan bahwa Suku Sasak merupakan penduduk asli Pulau Lombok yang dinikahi oleh para imigran dari Pulau Jawa pada masa kerajaan Mataram Lama. Sedangkan sebagian yang lain beranggapan bahwa Suku Sasak berasal dari Suku Jawa kuno. Hal ini didasarkan pada pendekat etimologi, bahwa sasak berasal dari kata berasal dari kata “sah” (pergi) dan “shaka” (leluhur), yang diartikan secara utuh menjadi “kembali ke tanah leluhur”. Terlepas dari berbagai polemik yang ada, semua sepakat bahwa Suku Sasak sudah menghuni daratan Lombok ratusan tahun lamanya.

Suku Sasak Lombok, sumber ig @davidheydar

Suku Sasak Lombok, sumber ig @davidheydar

Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia

Rinjani, gunung berapi yang masih aktif ini merupakan gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3.726 m dpl. Secara administratif gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Lombok Timur, Tengah, dan Barat. Namanya begitu tersohor dikalangan para wisatawan dan para pendaki karena terdapat banyak spot pendakian yang indah. Selain itu, dari puncak Rinjani ini kita bisa melihat pemandangan hampir seluruh bagian Pulau Lombok. Indah sekali bukan? Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang berkali-kali mengunjungi gunung ini saat beribur ke Lombok. Pesona Gunung Rinjani bisa dibaca lebih lanjut di sini.

Rinjani, gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia, sumber ig @cattfroment

Rinjani, gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia, sumber ig @cattfroment

Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor

Di dunia internasional terdapat beberapa daerah yang terkenal dengan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor. Salah satu yang paling terkenal adalah Pulau Hydra di Teluk Saronic Yunani. Namun siapa sangka ternyata di Indonesia juga terdapat pulau yang bebas dari kendaraan bermotor, yakni di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Di sana tidak boleh ada satupun kendaraan bermotor yang di gunakan.

Peraturan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor didasarkan pada peraturan adat yang kemudian diadopsi oleh pemerintah setempat. Sehingga, semua penduduk harus jalan kaki atau menggunakan sepeda onthel untuk beraktifitas sehari-hari. Jika perjalanannya terlalu jauh, mereka bisa memanfaatkan kereta kuda yang dikenal dengan nama Cidomo. Keunikan ini ternyata menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu, banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Gili Trawangan. Tak heran jika jumlah wisatawan yang mengunjungi pulau sebesar 340 hektar ini kian meningkat.

Gili Trawangan termasuk pulau bebas kendaraan bermotor, sumber ig @sofyanfelanian

Gili Trawangan termasuk pulau bebas kendaraan bermotor, sumber ig @sofyanfelanian

Masakan bercita rasa pedas

Bagi para pecinta kuliner pedas, Pulau Lombok bisa jadi salah satu destinasi yang sangat tepat untuk memanjakan lidah. Pasalnya, pulau ini memiliki makanan khas yang bercita rasa pedas. Diantaranya adalah ayam taliwang, beberuk terong, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga dan banyak lainnya. Cita rasa pedas yang nampol dari masakan khas Pulau Lombok dipengaruhi oleh cabai asli Pulau Lombok yang memiliki pamor pedas yang benar-benar berasa banget. Oleh karenanya tak salah jika banyak yang mengatakan bahwa Pulau Lombok adalah gudangnya makanan pedas. Bagi yang bingung dengan tempat wisata kuliner yang mantap di Pulau Lombok, tim First Lombok Tour sudah merangkumnya dalam 4 Tempat Wisata Kuliner di Pulau Lombok.

Masakan khas Lombok memiliki cita rasa pedas, sumber ig @balelombok

Masakan khas Lombok memiliki cita rasa pedas, sumber ig @balelombok

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang Pulau Lombok yang akan membuat siapa saja penasaran dan tertarik tuk mengunjungi Pulau Lombok. Jika kalian ingin mengeksplore berbagai fakta menarik lainnya, kami siap untuk mendampingi kalian berkeliling-keliling Pulau Lombok bersama-sama. Tentukan jadwal liburan Anda dan segera hubungi kami di sini.