Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Terkenal dengan keindahan panoramanya, tak salah jika lombok kini kian mendunia. Selain menikmati keindahan alam di darat pulau Lombok juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang sangat cantik dan menakjubkan.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling atau berenang di laut tidak ada salahnya berkunjung ke Pulau Lombok. Pasalnya, Pulau Lombok memiliki begitu banyak spot yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut. Terdapat banyak pantai eksotis yang bisa dikunjungi. Selain pantai, terdapat juga Gili.

Gili ada sebutan untuk pulau kecil. Pulau kecil ini berada di sekitaran laut di area Nusa Tenggara Barat. Karena keindahannya, Gili menjadi favorit para wisata baik lokal hingga wisatawan mancanegara. Gili yang paling terkenal di Pulau Lombok adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Meskipun yang paling dikenal adalah ketiga Gili tadi, namun ternyata masih terdapat beberapa Gili lainnya yang juga tidak kalah menarik.

Namun, pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait spot Snorkeling terbaik yang ada di Pulau Lombok. Tetapi, sebelum membahas spotnya, Anda harus tahu bahwa masih banyak tempat-tempat indah di lombok yang tentunya tak dapat kami ulas satu demi satu.

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan, sumber ig Gili Island Transfers
Gili Trawangan, sumber ig Gili Island Transfers

Gili Trawangan merupakan gili yang paling besar dari Gili Meno dan Gili Air, walaupun lokasi Gili Trawangan lebih jauh dari Pelabuhan Bangsal, tetapi Gili Trawangan lebih dikenal di telinga wisatawan dan lebih banyak di kunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berada di Lombok Utara. Mengapa Spot ini begitu terkenal? Karena keindahan bawah laut seperti terumbu karang, ikan dengan berbagai jenis dan warna, dan biota laut lainnya akan Anda temukan saat melakukan snorkeling di gili yang satu ini. Di sini Anda bisa main snorkeling sepuasnya.

2. Gili Meno

Gili Meno, sumber : gili fast boat
Gili Meno, sumber : gili fast boat

Gili Meno tidak kalah bagusnya dengan Gili Trawangan karena keindahan bawah laut yang dimiliki oleh gili yang satu ini, tidak jauh beda dengan yang Anda temukan di Gili Trawangan. Lokasinya berdekatan dengan Gili Trawangan. Di Gili ini, Anda bisa menemukan banyak penyu yang tengah berenang bebas.

Selain itu, salah satu keunikan yang ada di Gili Meno yaitu terdapat satu spot yang bawah lautnya terdapat patung yakni spot Meno Slope. Patung ini bukan sembarang patung, dibuat sengaja agar nanti kedepannya terumbu karang dapat hidup dan menjadi tempat habitat berbagai jenis ikan.

3. Gili Air

Gili Air, sumber : saltinourhair.com
Gili Air, sumber : saltinourhair.com

Gili Air juga merupakan bagian spot snorkeling di Lombok yang terbaik. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai surganya snorkeling. Suasananya yang tenang juga sangat bersahabat bagi anak-anak. Jika Anda sedang berada di Gili ini, Anda tidak akan menemukan kendaran bermotor, untuk menjaga keasrian serta kenyamanan dengan udara yang bersih serta sejuk dan bebas polusi.

Lokasi Gili Air berdekatan dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Bagi Anda yang menyukai snorkeling dengan suasana ketenangan, datanglah ke sini untuk mendapatkan sensasi yang menyenangkan.

4. Gili Nanggu

Gili Nanggu, sumber ig lomboknesia._
Gili Nanggu, sumber ig @lomboknesia._

Gili Nanggu adalah salah satu gugusan pulau kecil berpasir putih yang dihuni ribuan jenis ikan, terumbu karang dan juga tak berpenghuni dari 11 pulau kecil lainnya yang ada di Sekotong Lombok Barat. Gili ini lebih private karena hanya terdapat 1 penginapan sehingga sering menjadi tujuan utama pasangan kekasih untuk berbulan madu.

Di Gili Nanggu, Anda dapat menikmati wahana snorkeling dan juga menikmati hamparan pasir putih pantai dan ombak yang tenang. Lokasi penginapan dan tempat makan dibuat strategis dan romantis sehingga cocok tujuan bulan madu maupun untuk berlibur bersama rekan Anda.

5. Gili Kondo

Gili Kondo, sumber : islandbalitours.com
Gili Kondo, sumber : islandbalitours.com

Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di Lombok Timur. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dengan Gili Lampu serta Gili Kapal. Keindahan yang ada pada gili ini adalah pulau yang tak berpenghuni, alami, dan masih dihuni oleh banyak biota laut dan hewan khas kepulauan Indonesia Timur.

Gili Kondo adalah pulau kecil yang disebut hampir tidak berpenghuni. Yang tampak adalah burung-burung (kondo). Sehingga pulau kecil ini memang dikenal sebagai pulau yang menjadi sarang burung (kondo).

Gili Kondo memang belum seramai obyek wisata lainnya di Lombok. Tempat-tempat yang ramai dikunjungi di sini biasanya seputar pantai-pantai eksotisnya. Selain memang belum terkenal, Gili Kondo juga berada di lokasi yang tidak menjadi pusat keramaian.

Aktivitas yang dapat dilakukan adalah snorkeling. Pulau ini terbilang cukup landai sehingga terumbu karang dan biota laut yang ada di sekitar pantai dapat terlihat jelas dari permukaan airnya. Apalagi jika dinikmati pemandangannya dengan snorkeling.

Demikian beberapa informasi mengenai spot snorkeling terbaik di Lombok yang dapat kami sampaikan. Pulau Lombok adalah destinasi wisata yang wajib masuk ke dalam list liburan Anda. Selain pemandangan yang indah, berbagai kesenian dan budaya yang ada di Lombok tidak kalah menarik untuk dipelajari.

Manfaatkan paket wisata yang disediakan untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan dan jangan lupa untuk melakukan persiapan sebelum berlibur. Anda dapat bermain puas snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang indah, beragam biota laut dan terumbu karang, serta nuansa romantis dapat melepas penat.

Itu dia beberapa spot snorkeling di Pulau Lombok. Untuk Anda yang belum mengetahui lebih jauh tentang informasi lokasinya, bisa memanfaatkan jasa paket wisata Lombok. Jasa ini akan memberikan pelayanan untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata di Lombok.

Konsultasi Gratis whatsapp