Berbicara soal pariwisata di Lombok memang tak ada habisnya. Selalu ada saja tempat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Lombok, memiliki potensi wisata panta yang mengagumkan. Di perairan sebelah barat Pulau Lombok, ada sebuah pulau kecil bernama Gili Trawangan. Gili Trawangan Lombok, sama halnya seperti Nusa Penida di Bali, sama-sama indah. Nah, penasaran? Yuk stay tune.

Keunikan Gili Trawangan Lombok

Pesona Pantai Gili Trawangan, sumber ig mehekgr

Pesona Pantai Gili Trawangan, sumber ig @mehekgr

Sepintas memang Gili Trawangan seperti halnya pulau kecil lainnya seperti halnya Nusa Penida, atau pulau kecil lainnya yang berada di sekitarnya. Namun, sebenarnya Gili Trawangan adalah pulau yang memiliki ketinggian di atas permukaan laut paling tinggi. Selain itu, tahukah Anda bahwa pulau ini hanya memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer saja. Namun demikian, Gili Trawangan sangat populer di kalangan turis-turis mancanegara. Apa saja daya tarik obyek wisata ini, berikut akan kami paparkan untuk Anda.

1. Pulau Bebas Polusi

Ini memang benar adanya. Di Gili Trawangan kendaraan bermotor tidak diperbolehkan untuk beroperasi oleh pihak berwenang disini. Jika Anda ke tempat ini, Anda akan merasa seperti di Belanda, dimana sepeda berseliweran disana-sini. Hanya Cidomo yang menjadi transportasi umum. Semacam kereta yang ditarik kuda atau Andong jika di Jawa. Hal ini kemudian menjadikan suasana di obyek wisata ini sangat tenang dan tidak ada kebisingan. Juga menjadikan udara disini sangat segar.

Serba-serbi Gili Trawangan Lombok, Peta Pulau 3 Gili

Peta pulau Gili Trawangan

2. Sejarah Gili Trawangan

Tahukah Anda, bahwa dulunya pulau ini tak seindah sekarang. Sebagai wilayah kerajaan Sumbawa, lokasi ini dulunya adalah penjara bagi para pemberontak Suku Sasak. Hal ini dilakukan oleh raja yang berkuasa saat itu karena penjara di kota sudah sangat penuh. Baru setelah itu tempat ini menjadi persinggahan orang-orang Bugis yang hendak pergi ke Jawa melalui Bali. Dan sampai saat ini, di obyek wisata ini hidup berdampingan masyarakat yang berasal dari suku Sasak, Bali, dan Bugis.

3. Spot Sunrise Dan Sunset

Di Pantai yang terdapat di gugusan ini Anda akan bisa menikmati sunrise di pagi hari dan juga sunset di sore hari. Dengan hanya sedikit mengubah posisi Anda saja. Menyenangkan bukan?! Menyambut hari dan menyambut petang di tempat yangs ama tanpa harus berpindah jauh-jauh.

Sunset di Gili Trawangan, sumber ig mrsdriving

Sunset di Gili Trawangan, sumber ig @mrsdriving

4. Olahraga Air Lengkap

Seperti halnya wisata di pulau lain, di pulau kecil ini juga tersedia fasilitas olahraga air seperti snorkeling, diving, selancar dan juga bermain kayak. Hal terakhir inilah yang tidak ada di tempat lain. Bermain kayak disini dijamin aman karena ombak pantainya yang tenang.

Scuba Diving juga bisa dilakukan disini. Di lokasi ini fasilitas scuba diving sudah memiliki sertifikat PADI (Professional Association of Diving International). Sehingga tak perlu khawatir lagi untuk diving disini terutama jika Anda adalah seorang pemula.

5. Jogging Track

Karena di lokasi ini melarang kendaraan bermotor beroperasi disini, sebagai konsekuensinya, jalan kaki dan bersepeda menjadi hal yang biasa dan lumrah disini. Di obyek wisata ini juga terdapat banyak jogging track di setiap sudut kota. Oleh karena itu, jika Anda ingin liburan yang sehat, berliburlah ke obyek wisata yang satu ini.

Gili Trawangan, sumber ig almas_hudiya

Gili Trawangan, sumber ig @almas_hudiya

6. Berkuda

Berkuda di sekitaran pantai Lombok hanya bisa Anda temukan di obyek wisata ini. berkuda mengelilingi pulau tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk liburan.

7. Didominasi Turis

Tahukah Anda, berdasarkan sejarahnya, lokasi ini memang tidak dihuni oleh penduduk asli. Baru setelah terjadi perubahan, yaitu dari pulau tempat pembuangan para tahanan menjadi pulau yang bisa ditinggali, banyak berdatangan orang-orang untuk menetap di gugusan kecil ini. Sebagian besar yang menetap adalah turis, bahkan bisa dikatakan 70% dari penghuni pulau kecil ini adalah turis asing.

Pemandangan Bawah Laut Gili Trawangan, sumber ig clunos

Pemandangan Bawah Laut Gili Trawangan, sumber ig @clunos

8. Terbesar Diantara 3 Gili

Di pulau Lombok, ternyata gugusan pulau kecil ini berjumlah beberapa. Bahkan lebih dari tiga, sebagaimana yang sering diketahui yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Nah, yang terbesar diantara yang besar dari ketiganya adalah Gili trawangan.

9. Harga Makanan dan Minuman 3 Kali Lipat Harga Normal

Meski bagian dari wilayah Lombok dan Indonesia, transaksi ekonomi di pulau ini memang sedikit berbeda. Keberadaannya yang ramai dengan kedatangan para turis membuat level perekonomian yang terjadi meningkat.

Banyak turis yang membawa uang dari negara mereka sedangkan nilai tukarnya terlalu tinggi dibandingkan nilai tukar rupiah. Untuk menyesuaikan, para pedagang di sini mematok harga yang secara rupiah bisa menjadi 3 kali lipat harga normal yang secara mata uang asing masih dianggap normal.

10. Jumlah Penduduknya Hanya Sekitar 800 Jiwa

Gili memang berarti pulau kecil. Maka wajar saja apabila populasinya tidak sebanyak di pulau yang besar. Bahkan, pulau ini bisa dikelilingi dengan berjalan kaki selama dua jam saja. Menarik bukan?

Pantai di Gili Trawangan, sumber ig simocali

Pantai di Gili Trawangan, sumber ig @simocali

Dari segi jumlah penduduk, pulau kecil ini hanya dihuni oleh sekitar 800 jiwa lebih saja. Sisanya adalah para pendatang yang akan kembali karena hanya berkunjung untuk kepentingan wisata.

Itu dia 10 keunikan Gili Trawangan yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan menghibur Anda. Simak berbagai informasi wisata Lombok lainnya di halaman paket wisata Lombok.