Berbicara soal pariwisata di Lombok memang tak ada habisnya. Selalu ada saja tempat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Lombok, memiliki potensi wisata panta yang mengagumkan. Di perairan sebelah barat Pulau Lombok, ada sebuah pulau kecil bernama Gili Trawangan. Gili Trawangan Lombok, sama halnya seperti Nusa Penida di Bali, sama-sama indah. Nah, penasaran? Yuk stay tune.

Serba-Serbi Gili Trawangan Lombok

Sepintas memang Gili Trawangan seperti halnya pulau kecil lainnya seperti halnya Nusa Penida, atau Gili lainnya yang berada di sekitarnya. Namun, sebenarnya Gili Trawangan adalah pulau yang memiliki ketinggian di atas permukaan laut paling tinggi. Selain itu, tahukah Anda bahwa pulau ini hanya memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer saja. Namun demikian, Gili Trawangan sangat populer di kalangan turis-turis mancanegara. Apa saja daya tarik Gili Trawangan, berikut ini kami paparkan untuk Anda.

1. Pulau Bebas Polusi

Ini memang benar adanya. Di Gili Trawangan kendaraan bermotor tidak diperbolehkan untuk beroperasi oleh pihak berwenang disini. Jika Anda ke Gili Trawangan, Anda akan merasa seperti di Belanda, dimana sepeda berseliweran disana-sini. Hanya Cidomo yang menjadi transportasi umum. Semacam kereta yang ditarik kuda atau Andong jika di Jawa. Hal ini kemudian menjadikan suasana di Gili Trawangan sangat tenang dan taka da kebisingan. Juga menjadikan udara disini sangat segar.

Serba-serbi Gili Trawangan Lombok, Peta Pulau 3 Gili

Peta pulau Gili Trawangan

 

2. Sejarah Gili Trawangan

Tahukah Anda, bahwa dulunya pulau ini tak seindah sekarang. Sebagai wilayah kerajaan Sumbawa, Gili Trawangan dulunya adalah penjara bagi para pemberontak Suku Sasak. Hal ini dilakukan oleh raja yang berkuasa saat itu karena penjara di kota sudah sangat penuh. Baru setelah itu Gili Trawangan menjadi persinggahan orang-orang Bugis yang hendak pergi ke Jawa melalui Bali. Dan sampai saat ini, di Gili Trawangan hidup berdampingan masyarakat yang berasal dari suku Sasak, Bali, dan Bugis.

3. Menikmati Sunrise Dan Sunset Sekaligus Disini

Di Pantai Gili Trawangan Anda akan bisa menikmati sunrise di pagi hari dan juga sunset di sore hari. Dengan hanya sedikit mengubah posisi Anda saja. Menyenangkan bukan?! Menyambut hari dan menyambut petang di tempat yangs ama tanpa harus berpindah jauh-jauh.

4. Olahraga Air Lengkap

Seperti halnya wisata di pulau lain, di Gili Trawangan juga menyediakan fasilitas olahraga air seperti snorkeling, diving, selancar dan juga bermain kayak. Hal terakhir inilah yang tidak ada di tempat lain. Bermain kayak disini dijamin aman karena ombak Gili Trawangan yang tenang. Scuba Diving juga bisa dilakukan disini. Di Gili Trawangan fasilitas scuba diving sudah memiliki sertifikat PADI (Professional Association of Diving International). Sehingga tak perlu khawatir lagi untuk diving disini terutama jika Anda adalah seorang pemula.

Paket wisata lombok tamu malaysia - snorkeling di Gili Trawangan

Tamu rombongan dari Malaysia sedang snorkeling di Gili Trawangan Lombok

5. Jogging Track

Karena di Gili Trawangan melarang kendaraan bermotor beroperasi disini, sebagai konsekuensinya, jalan kaki dan bersepeda menjadi hal yang biasa dan lumrah disini. Di Gili Trawangan juga terdapat banyak jogging track di setiap sudut kota. Oleh karena itu, jika Anda ingin liburan yang sehat, berliburlah ke Gili Trawangan.

6. Berkuda

Ini juga yang hanya bisa Anda temukan di Gili Trawangan. berkuda mengelilingi pulau tentunya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk liburan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berlibur ke Gili Trawangan setelah tahu seluk beluk dan serba serbinya? Segera rencanakan liburan Anda mulai sekarang. Anda secara pribadi ataupun dengan instansi bisa memilih berbagai jenis paket wisata Lombok yang kami sediakan. Hubungi kontak person yang ada di website ini, kami siap membantu mewujudkan liburan impian Anda di pulau Lombok. Oh ya, jika berkenan silahkan share ke sosial media yang ada yah.. happy amazing journey in virgin island..