Gili Kondo adalah salah satu gili yang menjadi obyek wisata di Lombok. Lombok terkenal sebagai daerah wisata bahari sebagaimana Bali. Terdapat banyak pantai eksotis yang bisa dikunjungi. Selain pantai, terdapat juga Gili, salah satunya Gili Kondo.

Gili ada sebutan untuk pulau kecil. Pulau kecil ini berada di sekitaran laut di area Nusa Tenggara Barat. Karena keindahannya, Gili menjadi favorit para wisata baik lokal hingga wisatawan mancanegara. Gili yang paling terkenal di Pulau Lombok adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Meskipun yang paling dikenal adalah ketiga Gili tadi, namun ternyata masih terdapat beberapa Gili lainnya yang juga tidak kalah menarik. Jumlahnya bisa dikatakan hampir mencapai 30 lebih Gili. Gili Kondo adalah salah satu yang terkenal selain ketiga Gili tadi.

Untuk mencapai lokasi-lokasi wisata di Lombok, terutama Gili karena harus melakukan perjalanan antar pulau, para wisatawan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas wisata yang ada. Seperti paket wisata Lombok yang bisa membantu wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata di Lombok.

Gili Kondo, sumber ig fabricemencier
Gili Kondo, sumber ig @fabricemencier

Selain paket wisata, terdapat fasilitas sewa mobil wisata yang terdiri dari mobil mulai dari yang kecil hingga tipe minibus untuk perjalanan bersama rombongan wisata. Penginapan yang ada di Lombok dan sekitarnya juga tidak kalah menarik dengan suasana pantainya.

Bagaimana keindahan dan daya tarik Gili Kondo? Berikut ini akan diulas berbagai informasi terkait Gili Kondo seperti lokasi, rute, aktivitas, fasilitas, harga dan lain-lain untuk Anda.

Gili Kondo

Gili Kondo adalah pulau kecil yang disebut hampir tidak berpenghuni. Yang tampak adalah burung-burung (kondo). Sehingga pulau kecil ini memang dikenal sebagai pulau yang menjadi sarang burung (kondo).

Gili Kondo memang belum seramai obyek wisata lainnya di Lombok. Tempat-tempat yang ramai dikunjungi di sini biasanya seputar pantai-pantai eksotisnya. Selain memang belum terkenal, Gili Kondo juga berada di lokasi yang tidak menjadi pusat keramaian.

Namun hal ini tidak menjadi kendala. Justru pulau ini dikenal karena memang masih terbilang alami dan belum banyak dirubah dengan berbagai fasilitas untuk dijadikan obyek wisata. Pemandangan pasir, laut dan hamparan langit masih begitu alami dan mempesona.

Salah satu keunikan obyek wisata ini yang bisa dijumpai adalah pasir pantainya. Pasirnya berwarna putih dan memiliki bentuk yang berbeda. Sebagiannya berbentuk pasir halus, sebagian lagi berbentuk bulat dan agak besar seperti biji. Pasir bulat dan agak besar ini disebut oleh masyarakat dan para pengunjung sebagai pasir merica.

Di pulau kecil ini juga masih terdapat banyak pepohonan hijau di sekitar pantainya. Terlihat juga hewan ternak warga setempat yang berlalu lalang. Karena belum ramai oleh pengunjung, pulau kecil yang satu ini cenderung sepi.

Gili Kondo, sumber ig lomboktraveling24
Gili Kondo, sumber ig @lomboktraveling24

Meskipun sudah terdapat beberapa wisatawan dan warga setempat yang beraktivitas, ditambah dengan keberadaan sebuah penginapan, di pulau kecil ini Anda akan merasakan sensasi berliburan di pulau pribadi.

Lokasi dan Rute

Gili Kondo berada di Jalan Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Sambelia, Labuhan Pandan, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini berada di selat diantara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Sehingga transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke lokasi adalah kapal penyebrangan dan kendaraan bermotor.

Pulau ini bisa diakses melalui Mataram, namun lebih dekat jika diakses melalui Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah. Dari sini kemudian menuju Lombok Timur. Kemudian menyebrang menuju Gili Lampu. Tujuan Anda berada di Pulau yang sama, yaitu di sebelah utara Gili Lampu.

Dari Mataram, jika melalui perjalanan darat, Anda akan melewati Taman Nasional Gunung Rinjani. Untuk perjalanan dari Mataram, karena dimulai dari titik barat tentu akan memakan waktu lebih lama, namun tentu saja tidak membosankan. Karena pasti akan banyak hal-hal menarik yang ditemui.

Lama waktu penyebrangan dari Sambelia, yaitu bagian paling timur dari Pulau Lombok adalah 20 hingga 30 menit. Jika berjalan dari Mataram, Lombok Barat, akan memakan waktu 2 hingga 2,5 jam perjalanan.

Menikmati Wisata di Gili Kondo

Gili Kondo terbilang masih belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Fasilitas seperti sarana untuk berwisata juga belum begitu memadai. Meskipun begitu, sarana yang belum memadai ini tidak menghalangi para wisatawan untuk menikmati aktivitas di sini.

Gili Kondo, sumber ig rezaalizarah
Gili Kondo, sumber ig @rezaalizarah

Biasanya, aktivitas yang dilakukan adalah snorkeling. Pulau kecil ini terbilang cukup landai sehingga terumbu karang dan biota laut yang ada di sekitar pantai dapat terlihat jelas dari permukaan airnya. Apalagi jika dinikmati pemandangannya dengan snorkeling.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan juga adalah menikmati pemandangan di sekitar. Salah satu yang unik adalah fenomena Gili Kapal. Gili Kapal adalah pulau kecil yang hanya muncul pada saat air laut sedang surut. Bentuknya seperti gundukan pasir putih yang luas. Namun, pada saat pasang, tidak terlihat, sehingga disebut sebagai fenomena.

Di sini terdapat gazebo atau bale-bale, warung makan dan penginapan. Karena jumlah penginapan yang sangat sedikit, maka para wisatawan perlu melakukan reservasi jauh-jauh hari. Apabila Anda hobi berkemah, Anda juga bisa mendirikan kemah di pulau kecil ini.

Itulah ulasan tentang berbagai informasi terkait Gili Kondo. Pulau kecil ini adalah salah satu yang sangat mempesona di Lombok. Semoga informasi yang tersaji dapat menghibur dan menjadi referensi Anda. Simak juga informasi menarik lainnya dari Air Terjun Sendang Gile di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!