468

Senggigi, salah satu pantai yang berada di Pulau Lombok ini ramai dikunjungi banyak wisatawan, baik wisatawan lokal dari beberapa kota se-Indonesia, maupun wisatawan dari manca negara. Pantai Senggigi yang berada di Lombok Barat ini ternyata menyimpan salah satu lanskap pemandangan pantai terbaik di Indonesia. Tentu ini menjadi daya tarik yang mungkin sayang untuk dilewatkan oleh siapapun yang mengunjungi Pulau Lombok.

Pantai Senggigi Lombok

Lokasi Pantai Senggigi strategis dan termasuk dalam spot wisata yang paling ramai di Lombok. Oleh sebab itu, daerah sekitar Pantai Senggigi mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat, khususnya dalam bidang pembangunan. Terdapat beberapa hotel dan penginapan dengan pilihan harga yang dapat disesuaikan dengan budget. Ada juga beberapa fasilitas lainnya seperti tempat olahraga, berbelanja, kuliner dan hang out dan lain sebagainya. Menarik bukan? Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang keindahan Pantai Senggigi di Lombok Barat, yuk simak bareng-bareng artikel di bawah ini?

Lokasi Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di Lombok Barat, tepatnya di Jl. Raya Senggigi km 6-7 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak antara Pantai Senggidi dengan Bandara Internasional Lombok sekitar 51 kilometer, waktu tempuh tercepat sekitar 1 jam 10 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan jarak antara Pantai Snggigi dengan Pelabuhan Lembar sekitar 39 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi Pantai Senggigi cukup strategis, terletak cukup dekat dengan pusat Kota Mataram. Jaraknya hanya berkisar 17 kilometer, dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit saja. Faktor ini yang membuat Pantai Senggigi cukup ramai dikunjungi para pelancong. Juga menjadikannya sebagai tempat yang mendapat perhatian cukup besar dari pemerintah setempat.

Pesona alam

Pesona alam Pantai Senggigi Lombok memang tak bisa dinafikkan lagi. Kawasan Pantai Senggigi berada di kawasan pantai-pantai berteluk yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pantai-pantai di sekitar Pantai Senggigi juga memiliki keindahan dan karakter yang berbeda-beda. Diantaranya adalah Pantai Batulayar, Pantai Batu Bolong dll. Semuanya dapat dinikmati saat berkunjung ke kawasan Pantai Senggigi Lombok Barat.

Sumber gambar IG oleh @sidharta_galerie

Sumber gambar IG oleh @sidharta_galerie

Aktifitas di Pantai Senggigi

Di pagi hari, sinar mentari yang perlahan menyeruak muncul dari perbukitan akan menyapa siapa saja ada dihadapannya. Jernihnya air laut dan pasir pantai yang memantulkan cahaya mentari akan terlihat begitu elok dan menarik hati siapa saja. Laut yang tenang, pesisir yang indah bak permata, segala pesona ini akan membius siapa saja yang melihatnya.

Bersantai dan Piknik

Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pasir pantainya yang bersih menjadi tempat yang cocok untuk bersantai menikmati pemandangan laut yang mungkin jarang kita dapati di daerah lain. Di beberapa titik juga terdapat pohon-pohon yang tumbuh cukup rimbun. Tentu saja tempat ini juga sangat cocok untuk aktifitas piknik keluarga. Namun jangan sekali-kali meninggalkan sampah bekas makanan yang dapat merusak dan mengotori pantai.

Berenang dan Berendam

Pantai Senggigi memiliki bentuk pantai layaknya teluk, air lautnya cukup tenang dengan ombak kecil yang menyapu pantai. Kondisi seperti ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin berenang atau sekedar berrendam serta bermain air di sekitar tepi pantai. Meskipun cukup aman untuk berenang, namun para wisatawan harus tetap berhati-hati karena terdapat batas wilayah untuk berenang.

Snorkeling

Pantai Senggigi memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Selain pemandangan pantainya yang menawan, ternyata Pantai Senggigi juga memiliki pemandangan bawah laut yang bagus. Untuk menikmati pesona bawah lautnya, para pengunjung bisa menyewa peralatan selam yang disediakan oleh beberapa jasa penyelaman yang berada di sekitar pantai. Cukup praktis dan mudah.

Sumber foto Unsplash oleh @ david henrichs @davidhenrichs

Sumber foto Unsplash oleh @ david henrichs @davidhenrichs

Berselancar dan Bermain Kano

Bagi para pengunjung yang menginginkan aktifitas yang lebih ekstreem dan memacu adrenalin, berselancar dan menaiki kano bisa menjadi alternatif aktifitas yang tepat. Kano dan alat berselencar dapat disewa dari para penyedia jasa sewa di sekitar pantai. Gulungan ombak nan indah dan menantang di beberapa spot di Pantai Senggigi dapat dinikmati oleh para peselancar. Biasanya di spot-spot tersebut terdapat banyak anak muda dan peselancar yang asik menikmati ombak. Sedangkan pemain kano biasanya terlihat enjoy menyusuri bagian-bagian terluar Pantai Senggigi.

Memancing

Memancing, aktifitas seru yang satu ini telah lama menjadi aktifitas yang banyak digandrungi oleh masyarakat secara luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, rakyat jelata sampai para pengusaha juga menggemarinya. Nah di Pantai Senggigi ini terdapat beberapa spot yang cocok untuk memancing baik di sekitar pantai atau di tengah laut. Bagi para wisatawan yang hobi mancing tapi lupa nggak bawa alat pancing, para wisatawan bisa menyewa perlengkapan pancing di sekitar pantai.

Saat hari mulai petang, mentari perlahan tergelincir di ufuk barat. Saat ini adalah momen yang paling tepat bagi para wisatawan untuk menikmati kemilau cahaya senja di tepi pantai. Pemandangan Gunung Agung Bali yang kokoh dengan gradasi langit senja sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.

Penginapan dan Hotel

Di sekitar Pantai Senggigi terdapat berbagai penginapan dan hotel dengan berbagai fasilitas pendukung yang dapat dipilih oleh para wisatawan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung pada fasilitas yang ditawarkan seperti kolam renang, restaurant, spa, dll. Jadi tidak perlu khawatir, karena semua dapat disesuaikan dengan budget yang dianggarkan. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati penginapan yang ekonomis klik di sini.

Wisata Kuliner

Berwisata ke Pantai Senggigi bukan berarti membuat Anda tak bisa menikmati makanan khas Lombok yang super ajib. Karena di sekitar Pantai Senggigi Anda bisa menemukan banyak restoran dan warung-warung yang menjajakan masakan khas Lombok. Seperti ayam taliwang, plecing kangkung, sate bulayak dan lain-lain. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk merasakan nikmatnya masakan khas Lombok yang rasanya super ajib ya. Coba juga jajanan tradisional khas Pulau Lombok ya.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Senggigi yang dapat kami sampaikan. Indah bukan? Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Senggigi, sendiri atau bersama dengan keluarga dan rekan, kini Anda tak perlu bingung karena sudah banyak sekali alternatif kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan dalam berwisata yang kami tawarkan di First Lombok Tour. Tak perlu ribet atau pusing, tinggal klik di sini dan pesan paket wisata yang sesuai dengan rencana Anda.