468

Indonesia terkenal dengan berbagai pulau yang memiliki bermacam-macam objek wisata dan budaya yang mengagumkan. Selain itu, masing-masing wilayah juga memiliki jajanan tradisional bercita rasa khas. Mulai dari rasa manis, pedas, asam, asin hingga cenderung pahit. Semuanya dapat ditemukan di berbagai pulau se Indonesia, tinggal pilih saja sesuai selera.

Jajanan Khas Lombok

Jajanan tradisional dengan cita rasa yang khas juga dapat ditemukan di Pulau Lombok. Berbeda dengan kulinernya yang cenderung pedas, jajanan khas Lombok justru memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Ada yang gurih, manis, atau bahkan bermacam-macam. Untuk itu, kami dari First Lombok Tour telah merangkum beberapa jenis jajanan khas Pulau Lombok khususnya buat Anda yang ingin berwisata ke Pulau Lombok.

Kue Crorot

Kue crorot merupakan jajanan yang memiliki karakter rasa manis. Cara pembuatannya juga tergolong sangat sederhana dan mudah. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula (pasir atau gua aren) yang dimasukkan ke daun kelapa yang telah dibentuk mirip terompet kecil. Kemudian adonan tersebut dikukus hingga matang selama sekitar 15-20 menit. Sebenarnya kue crorot ini juga ada di beberapa daerah di Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Namun yang membedakan kue crorot khas Lombok dengan kue crorot daerah lain adalah terdapat pada tambahan bahan yang digunakan, yakni daging buah rotan.

Masyarakat Pulau Lombok biasa mencampurkan daging buah rotan ke dalam adonan kue crorot. Hal ini yang membuatnya terasa lebih nikmat dan khas. Disamping cita rasanya yang khas, cara memakan kue ini juga tergolong unik. Cara makannya dengan memencet bagian bawah atau ujung kue, sehingga isi kue terdorong ke luar. Dari sinilah nama crocot itu disematkan.

Kue Crorot, sumber ig @arick_satya

Kue Crorot, sumber ig @arick_satya

Kue Bantal

Selama ini kita mengenal bantal sebagai barang empuk pengganjal kepala saat tidur. Tapi bantal yang satu ini berbeda. Bantal merupakan salah satu nama jajanan tradisional Pulau Lombok yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan garam. Kemudian di tengah-tengahnya diberikan isian berupa buah pisang atau kacang merah. Adonan kue bantal ini di bungkus dengan daun kelapa yang masih muda atau janur dan diikat dengan tali atau bambu yang dipotong kecil.

Kue Bantal, sumber ig @terunededarementaram

Kue Bantal, sumber ig @terunededarementaram

Dodol Rumput Laut

Di Jepang rumput laut terkenal sebagai bahan makanan kering yang disebut nori. Berkat pengembangan budaya dan kuliner Jepang akhirnya hampir seluruh dunia tahu tentang nori. Bahkan sekarang nori bisa didapatkan di supermarket dalam berbagai rasa. Lain Jepang lain pula Indonesia, di Indonesia rumput laut terkenal sebagai salah satu bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jajanan.

Di Lombok rumput laut diolah menjadi dodol yang manis nan legit. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan rumput laut yang telah dicuci, direndam dan diblender dengan beberapa bahan lainnya seperti gula, santan kelapa, air, tepung terigu dll. Selanjutnya adonan dodol dimasak di atas tungku hingga matang dan siap disajikan. Dodol rumput laut biasanya diberi berbagai macam perasa tambahan dan dikemas dalam wadah yang menarik.

Dodol Rumput Laut, sumber ig @dodolan_dodol

Dodol Rumput Laut, sumber ig @dodolan_dodol

Poteng Jeje Tujak

Poteng jeje tujak adalah jajanan lebaran khas dari pulau Lombok, dahulu jajanan ini hanya disajikan pada tujuh hari setelah hari raya Idul fitri. Poteng jeje tujak dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Jajanan ini terdiri dari dua komposisi utama yakni poteng atau tapai yang terbuat dari ketan, dan jeje tujak atau dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan tetel. Menurut kepercayaan masyarakat Lombok terdahulu pembuat jajanan langka ini haruslah orang yang suci (terbebas dari hadas besar atau haid) dan dalam keadaan berwudhu.

Poteng Jeje Tujak, sumber ig @ahyar_ros

Poteng Jeje Tujak, sumber ig @ahyar_ros

Kue Karake

Karake merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Lombok Timur. Jajanan ini terbuat dari ketan, gula, air dan bahan lainnya yang dicampur dan dikukus. Sepintas tampilan luarnya terlihat seperti lepet, jajanan khas jawa yang terbuat dari ketan putih dan dibungkus dengan daun kelapa. Namun bedanya karake dibungkus dengan kulit jagung, sehingga aromanya sedap dan rasa yang dihasilkan juga sangat khas. Anda bisa menikmatinya saat berwisata ke tempat wisata Lombok Timur.

Kue Kerake, sumber ig @rabihatun.adawiyah

Kue Kerake, sumber ig @rabihatun.adawiyah

Demikian beberapa jajanan tradisional khas yang berasal dari Pulau Lombok. Sebagian mungkin memiliki kemiripan dengan jajanan dari daerah lainnya. Namun masing-masing jajanan khas Lombok tersebut memiliki karakter rasa yang sangat khas dan nikmat. Bagi Anda yang berwisata ke Pulau Lombok ada baiknya untuk mencoba mencicipinya. Tak perlu susah-susah untuk membuatnya sendiri, karena jajanan ini sekarang telah banyak di jual di toko oleh-oleh khas Lombok. Bagi Anda yang ingin mencoba kuliner khas Lombok ada baiknya untuk membaca ulasan kami di sini.