Pink Beach Lombok adalah sebutan wisatawan domestik terhadap pantai Tangsi. Suatu pantai yang hadir dengan pesona keunikannya. Yakni terletak pada pasir pantainya yang berwarna pink. Keunikan warna ini disebabkan adanya elaborasi antara pasir putih dengan serpihan terumbu karang merah mati yang menjadi butiran. Tatkala terkena air laut warnanya nampak kemerah-merahan. Sementara dikala terkena pantulan sinar matahari identitas warna pink uniknya sangat ketara. Inilah alasan logis kenapa para pelancong menyebut wisata pantai sebagai Pink Beach Lombok. Objek wisata yang kerap memikat hati wisatawan ini terletak di pesisir pulau Lombok bagian Timur. Lebih tepatnya di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wah, jadi penasaran ingin melancong ke pulau Lombok nih. Tapi masalahnya, bagaimana sih akses menuju pantai Pink Lombok? Lewat jalur darat atau jalur laut?

Pemandangan di pantai Pink Lombok, sumber ig mank8379

Pantai Pink Lombok, sumber ig @mank8379

2 Cara Akses Menuju Pantai Pink Lombok

Salah satu masalah yang terkadang membuat agenda liburan tertunda adalah ketidaktahuan akses menuju lokasi wisata. Selain itu jangkauan jarak yang jauh terkadang juga tidak lepas menjadi bahan pertimbangan. Ya, tidak dapat dipungkiri kendala itu akan mulai silih berdatangan tatkala satu masalah tidak dapat terselesaikan. Begitu halnya tatkala membicarakan akses menuju pantai Pink Lombok, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Daripada bingung, mendingan yuk kita simak informasi terkait 2 cara akses menuju pantai Pink Lombok sebagai berikut:

1. Melalui Jalur Darat

Akses menuju pantai Pink Lombok yang pertama yakni melalui jalur darat. Untuk menuju pantai Pink dari kota Mataram estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 2 jam. Durasi waktu tersebut akan mengarungi jarak tempuh perjalanan kurang lebih 85 km. tidak perlu khawatir, dari kota Mataram anda dapat menyewa motor di rental motor terdekat. Harga sewa motor di sana cukup bersahabat, yakni dikenakan tarif berkisar Rp. 75.000-Rp.85.000,-/hari. Murah bukan?.

Kondisi jalan yang akan anda lalui adalah jalan aspal sehingga tidak perlu khawatir. Kecuali kurang lebih 5 km sebelum tiba di pantai Pink, dimana kondisi bahu jalannya berlubang dan terdapat beberapa titik yang tidak beraspal. Berhati-hatilah apabila anda melalui jalur ini, terlebih-lebih tatkala hujan turun. Sebagai tanda anda sampai di pintu masuk, gerbang pantai Pink, nanti akan dijumpai tempat pembayaran karcis yang dijaga ketat oleh masyarakat lokal. Tarif untuk tiket masuk sangat terjangkau, yakni Rp. 5.000,-.

2. Lewat Jalur Laut

Sementara akses menuju pantai Pink Lombok melalui jalur laut, anda akan melalui Pelabuhan Tanjung Luar. Jarak tempuh dari kota Mataram yang harus anda lewati kurang lebih 66 km dengan kurun waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan lewat jalur laut ini akan sangat nyaman dengan mengendarai mobil. Untuk menyewa mobil, anda dapat mengunjungi tempat rental jasa sewa mobil terdekat di kota Mataram. Perlu dijadikan catatan pula, bahwa dari Mataram ke pantai Pink ini tidak ada akses hilir-mudik angkutan umum.

Penampakan kapal di pantai tangsi Lombok, sumber ig armujo

Gambar kapal di pantai Tangsi / Pink Beach Lombok, sumber ig @armujo

Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Luar, anda dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh masyarakat lokal. Budget untuk sewa perahu sangatlah murah yakni sekitar Rp. 3.000,-/orang. Dengan rincian biaya tiket masuk Rp. 1.000,- dan biaya asuransi sebesar Rp. 2.000,-.  Apabila anda hendak memilih jalur Pelabuhan Tanjung Luar menuju pantai Pink, alangkah baiknya berangkat pagi hari dari kota Mataram. Sehingga anda dapat menikmati 5 destinasi wisata sekaligus pantai Pink. 5 destinasi wisata tersebut, sebut saja Pulau Pasir, Pantai Pink 2 (Sebuih), Gili Gembir, Gili Petelu dan Gili Sunut. Baca juga : Pesona pantai Kuta Lombok yang tersohor

Di lokasi pantai Pink ini terdapat pula rumah makan, sehingga tidak perlu khawatir dengan jadwal makan siang dan makan sore anda. Letak pantai Pink juga berdekatan dengan Tanjung Ringgit. Jarak tempuh yang butuhkan kurang lebih 3 km dari pantai Pink. Nah, demikianlah 2 cara akses menuju pantai Pink Lombok Timur dari kami yang dapat anda pilih. Semoga bermanfaat.