Pink Beach Lombok atau Pantai Tangsi merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Lombok yang namanya kian tersohor belakangan ini. Lebih tepatnya di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat berjarak sekitar 82 kilometer dari Pusat Kota Mataram. Berbeda dari pantai pada umumnya, Pantai Pink hadir dengan pesona yang unik. Keunikannya terdapat pada pasirnya yang berwarna merah muda atau pink.

Warna pink tercipta dari campuran pasir putih lembut dengan serpihan halus karang merah yang sudah mati. Peristiwa biologis ini menghasilkan perpaduan warna pink yang benar-benar natural. Tatkala terkena air laut warnanya nampak kemerah-merahan. Sementara dikala terkena pantulan sinar matahari identitas warna pink uniknya nampak sangat jelas. Fenomena bionogis inilah para pelancong menyebut pantai ini sebagai Pink Beach Lombok.

Keunikan warna pasir Pantai Pink menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Terutama semenjak foto panorama eksotisme Pantai Pink tersebar secara meluas di sosial media. Wah, semakin bikin penasaran bukan? Bagi kalian yang berencana untuk mengunjunginya tapi bingung dengan estimasi biaya perjalanan serta cara mengaksesnya, berikut artikelnya untuk Anda.Pemandangan di pantai Pink Lombok, sumber ig mank8379

Pantai Pink Lombok, sumber ig @mank8379

2 Cara Akses Menuju Pantai Pink Lombok

Salah satu masalah yang terkadang membuat agenda liburan tertunda adalah ketidaktahuan akses menuju lokasi wisata. Selain itu, jarak yang jauh juga menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting. Keadaan akan semakin parah dan kendala akan berdatangan silih berganti ketika satu masalah tidak dapat terpecahkan dengan baik. Pada akhirnya, rencana yang telah disusun matang menjadi kacau dan waktu berlibur akan terbuang sia-sia.

Sebagian besar wisatawan tidak mengetahui akses menuju Pantai Pink Lombok. Sehingga banyak yang berputar-putar menempuh jarak yang lebih jauh atau bahkan tersesat dan tidak sampai pada tujuan. Sehingga niat untuk menikmati deburan ombak, semilirnya angin dan eksotisnya pasir berwarna merah muda berakhir dengan kekecewaan. Tidak mau hal ini terjadi pada Anda bukan? Yuk kita simak informasi terkait 2 cara akses menuju Pantai Pink Lombok sebagai berikut:

1. Melalui Jalur Darat

Akses menuju pantai Pink Lombok yang pertama yakni melalui jalur darat. Estimasi waktu yang dibutuhkan dari Kota Mataram menuju Pantai Pink kurang lebih sekitar 2 jam. Durasi waktu tersebut akan mengarungi jarak tempuh perjalanan kurang lebih 85 km. Jika Anda melancong sendirian Anda bisa menyewa motor di rental motor sekitar Kota Mataram. Harga sewa motor di sana cukup murah, yakni hanya sekitar Rp75.000-Rp85.000/ hari. Sedangkan bagi Anda yang berwisata bersama keluarga atau rombongan, Anda bisa menyewa mobil di sekitar Kota Mataram dengan estimasi harga Rp400.000-Rp1.000.000. Ramah di kantong bukan?

Rute perjalanan dari Mataram ke Pantai Pink sebenarnya tidak terlalu membingungkan. Dari Pusat Kota Mataram kita hanya perlu memacu kendaraan ke arah timur menuju Praya. Ada tiga alternatif jalur yang dapat kita lalui. Yakni melalui Jalan Raya ByPass Bandara Internasional Lombok, Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok (Jlalan Raya Mataram – Sikur), atau Jalan Raya Sengkerang. Masing-masing memakan waktu tempuh rata-rata 2 jam. Namun yang paling cepat adalah melalui Jalan Raya ByPass Bandara Internasional Lombok, dengan waktu tempu rata-rata 2 jam dengan kondisi jalan lancar atau tidak terlalu macet.

Sesampainya di Praya kita tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak menuju Lokasi Pantai Pink. Walaupun tidak semulus jalanan ibukota, namun kondisi Jalan Raya Keruak cukup bagus dengan aspal yang cukup tebal dan rata. Dari Jalan Raya Keruak perjalanan dilanjutkan menyusuri Jalan TGH Moh. Mutawalli. Kondisi jalan berubah ketika kita hampir sampai lokasi wisata, sekitar 4-5 km dari lokasi. Jalan tidak beraspal dengan beberapa lubang di beberapa titik, sehingga kita harus mulai meningkatkan kehati-hatian. Sebagai tanda Anda sampai di pintu masuk, gerbang pantai Pink, nanti akan dijumpai tempat pembayaran karcis yang dijaga ketat oleh masyarakat lokal. Tarif untuk tiket masuk sangat terjangkau, yakni Rp5.000,-.

2. Lewat Jalur Laut

Akses jalur laut menuju Pulau Pink bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam mengendarai kendaraan bermotor atau mobil. Jarak tempuh yang dilewati sekitar  66 km. Kami sarankan untuk mengendarai mobil atau menyewa travel di sekitar Kota Mataram demi kenyamanan Anda.

Terdapat dua pilihan transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Luar ke Pantai Pink, yaitu  private boat atau public boat. Biaya sewa private boat  sekitar Rp800.000 – Rp900.000 satu boat pulang – pergi. Sedangkan untuk public boat sekitar Rp30.000-Rp40.000 /orang sekali jalan. Bagi yang mengajak keluarga atau rombongan dengan budget yang berlebih mungkin bisa menyewa private boat. Namun bagi yang memilih biaya yang lebih ekonomis, tentu saja public boat menjadi pilihan yang sangat tepat. Tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Tapi jangan lupa untuk menawar sebelum membayar, siapa tahu Anda dapat potongan harga spesial.

Penampakan kapal di pantai tangsi Lombok, sumber ig armujo

Gambar kapal di pantai Tangsi / Pink Beach Lombok, sumber ig @armujoJika Anda hendak memilih Pelabuhan Tanjung Luar sebagai alternatif menuju Pantai Pink, alangkah baiknya jika berangkat pagi dari Kota Mataram. Dengan demikian Anda bisa menikmati banyak destinasi wisata pantai sekaligus. Diantaranya adalah Pulau Pasir, Pantai Pink 2 dan 3, Pantai Kuta, Gili Gembir dan lain sebagainya. Semakin menguntungkan bukan. Waktu tempuh perjalanan laut ini sekitar 30 menitan saja. Baca juga : Pesona pantai Kuta Lombok yang tersohor

Perjalanan yang cukup panjang pasti melelahkan. Jadi jangan lupa membawa bekal, baik untuk mengisi perut selama perjalanan atau saat Anda sampai di tujuan. Tapi bagi Anda yang tidak mau repot dengan bawaan yang cukup berat, Anda bisa membeli makanan di sekitar pantai. Karena sekarang sudah banyak warga yang menjajakan camilan atau minuman di sekitar pantai. Tak jauh dari lokasi pantai juga sudah berdiri warung-warung sederhana milik penduduk sekitar. Walaupun tidak menjajakan makanan mewah ala hotel bintang lima, namun warung penduduk sekitar pantai sudah cukup untuk mengobati lapar dan dahaga.

Demikian dua alternatif perjalanan yang dapat Anda pilih untuk menikmati eksotisme wisata Pantai Pink di Lombok Timur. Anda bisa memilih salah satu diantara keduanya, sesuai dengan keinginan Anda. Bagi yang sering mabuk laut, kami sarankan untuk menempuh perjalanan darat menggunakan motor atau mobil. Sedangkan bagi yang tidak mabuk laut dan ingin merasakan sensasi mengarungi lautan, ada baiknya Anda mencoba alternatif jalur laut.

Bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan kelancaran perjalanan berwisata, kami dari First Tour Lombok siap untuk menemani perjalanan Anda. Kami menyediakan berbagai paket wisata Pulau Lombok dengan mengedepankan kenyamanan para wisatawan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Jangan lupa untuk membagikannya kepada saudara dan rekan-rekan Anda.