468

Ketika mendengar kata Pantai Kuta, yang langsung terbesit dibenak kita pasti Pulau Bali. Ya, Pantai Kuta memang sebuah nama salah satu objek wisata Pulau Bali yang terkenal dengan pasirnya yang putih, garis pantainya yang panjang, ombaknya nan tenang dan pemandangan matahari terbenam atau sunsetnya yang mengagumkan. Hal ini pula yang membuat pantai Kuta di Pulau Bali menjadi objek wisata tersohor bahkan hingga manca Negara. Namun apakah anda pernah mendengar objek wisata Pantai Kuta di Pulau Lombok, penasaran?

Pesona Tak Terlupakan

Jika Anda penasaran dengan pesona Pantai Kuta Pulau Lombok maka tidak ada salahnya jika Anda merencanakan liburan atau traveling ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini berjarak kurang lebih 72 kilometer dari pusat kota Mataram. Setidaknya membutuhkan waktu 1,5 – 2 jam perjalanan darat dari Mataram ke lokasi pantai. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sewaan, Anda juga bisa memanfaatkan jasa travel dan tour Lombok yang menyediakan paket wisata ke pantai ini. Karena belum ada moda transportasi umum yang bisa menjangkaunya.

Ads : Ingin berlibur ke pantai Kuta? Nikmati paket wisata 3 hari 2 malam kami ini.

Serupa tapi tak sama, walaupun memiliki nama yang sama namun Pantai Kuta di Pulau Lombok memiliki pesona yang berbeda dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Pasirnya putih dan bersih, garis pantainya panjang (sekitar 7,2 kilometer) serta pemandangan laut lepasnya yang menakjubkan membuat mata tak jemu memandangnya.

Pesona Pantai Kuta di Pulau Lombok yang Tersohor Hingga Mancanegara, sumber ig irwan.andriyanto.nugroho

Pesona Pantai Kuta di Pulau Lombok, sumber ig @irwan.andriyanto.nugroho

Di sisi barat pantai terdapat sebuah bukit yang menjulang bernama Bukit Mandalika. Konon dari bukit ini seorang puteri jelita bernama Mandalika melompat ke laut untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin meminangnya. Kini, bukit Mandalika dijadikan para wisatawan sebagai tempat berfoto dan menikmati pemandangan Pantai Kuta dari ketinggian.

Aktivitas Para Wisatawan

Selain bisa menikmati deburan ombak pantai dan indahnya pemandangan laut, para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas wisata lainnya seperti menyelam, berselancar, atau berenang. Airnya yang bening serta gugusan terumbu karang yang alami menjadikan Pantai Kuta Pulau Lombok sebagai spot menyelam yang tepat. Ombaknya yang indah serta tak terlalu ganas membuat para peselancar betah berlama-lama memainkan papan selancarnya di atas ombak yang berkejaran menuju pantai. Selain itu, Anda juga bisa untuk berenang di pantai ini untuk sekedar melepas rasa penat.
Tak perlu khawatir dengan peralatan menyelam ataupun berselancar, karena di sini terdapat tempat persewaan peralatan berselancar dan juga menyelam. Jika Anda lupa membawa peralatan renang, Anda bisa membeli baju renang di beberapa titik yang terdapat di sekitar pantai.

Bukit Mandalika dekat pantai kuta lombok, sumber ig rizzki_muhammad

Bukit Mandalika, sumber ig @rizzki_muhammad

Tempat Oleh-Oleh Dan Kuliner

Setelah selesai menikmati keindahan pantai, pastikan Anda tidak lupa untuk membeli oleh-oleh atau cenderamata khas Pantai Kuta Lombok. Tak jauh dari pantai terdapat pusat oleh-oleh di sekitar pantai. Anda bisa membeli berbagai macam jenis kerajinan khas seperti gelang, kalung, gantungan kunci atau tas. Di sini masyarakat suku Sasak juga memproduksi kain tenun khas Lombok yang juga di jual di beberapa took pusat oleh-oleh. Kain cantik nan elok ini biasanya menjadi buruan para wisatawan asing maupun domestik.

Bagi Anda yang merasa lapar setelah menikmati pemandangan pantai, anda juga bisa singgah di warung-warung atau tempat makan sekitar pantai. Anda bisa memilih berbagai menu khas Lombok yang tersedia seperti ayam tilwang, plecing kangkung, beberuk terong, sate pesut, sate tilwang dan masakan khas Lombok lainnya.

Pantai Kuta di Pulau Lombok menyimpan berjuta keindahan yang tak kalah dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Pemandangannya yang penuh pesona serta tempatnya yangtenang dan tidak terlalu ramai menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin benar-benar melepaskan penat dan merasakan liburan yang sesungguhnya. Jika Anda berwisata ke Pulau Lombok pastikan bahwa Pantai Kuta masuk dalam daftar destinasi wisata Lombok Anda. Untuk lebih mudah, bisa juga memakai agen wisata untuk mengatur paket wisata selama di Lombok. Selamat berlibur.