Berwisata ke Lombok tanpa menikmati dan mencicipi kuliner khasnya rasanya kurang lengkap. Karena Lombok selain spot wisatanya yang mempesona juga memiliki kuliner yang bercita rasa khas. Salah satunya adalah Sate Bulayak.

Sate bulayak adalah sate khas Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama lontong (bulayak). Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Bahan Dasar Sate Bulayak

Bahan dasar Sate Bulayak ada sedikit perbedaan dengan sate pada umumnya seperti sate yang berbahan dasar daging ayam, daging kambing, daging sapi, atau daging lainnya. Bahan dasar sajian khas ini yakni daging ayam dan daging sapi tetapi bedanya ada juga yang menggunakan jeroan sapi dicampur daging sapi tergantung selera dan keinginan Penikmatnya. Ciri khas dari sate yang satu ini terdapat pada bulayak, bulayak adalah sejenis lontong khas daerah Lombok.

Bulayak berukuran lebih kecil dibanding lontong biasa. Cara melilitnya pun unik, penyajiannya dibungkus dengan janur kelapa atau daun kelapa muda atau daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral dan bukan daun pisang. Ini dimaksudkan agar saat dibuka, bulayak akan terbuka secara memutar dan memudahkan Penikmat untuk menyantapnya. Bulayak memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih, sangat nikmat ketika bertemu dengan lidah ketika menyantapnya.

Bumbu Sate Bulayak

Bulayak, sumber ig dapurhellofika
Bulayak, sumber ig @dapurhellofika

Bumbu kacang yang disajikan pada sajian sate khas ini berbeda dengan bumbu kacang pada sate yang biasa dijumpai. Bumbu kacang yang ada pada sate ini terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan, kemudian ditambahkan juga bumbu – bumbu seperti ketumbar, jintan, bawang, dan cabai untuk menghasilkan rasa yang pedas saat disantap.

Jika lontong sate pada umumnya dipotong kecil – kecil kemudian ditaburi atau dicelupkan ke bumbu satenya. Tetapi kalau Bulayak, cukup dengan membuka janur kelapa atau daun kelapa muda atau daun aren atau daun enau yang melilit bulayaknya, kemudian dicelupkan ke bumbu kacang Sate Bulayak yang telah disediakan. Pertemuan gurihnya bulayak dan bumbu kacang yang pedas menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna di lidah Penyantapnya.

Harga Sate Bulayak

Bagi Anda yang suka jajan kuliner, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi santapan khas ini saat berwisata ke Pulau Lombok. Harga yang ditawarkan oleh Penjual untuk satu porsinya cukup terjangkau rata – rata harga yang ditawarkan oleh pedagang lima dari Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000 perporsi sudah termasuk Bulayak. Sedangkan harga kisaran di warung makan atau restoran rata – rata Rp. 25.000 lebih perporsi dengan sajian sate ayam atau sate sapi atau sate campur (jeroan dan daging), bumbu kacang, dan Bulayak.

Daerah Asal Sate Bulayak

Awalnya Sate Bulayak dibuat oleh Masyarakat yang berada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Sebab itu, sate yang satu ini banyak ditemukan di sekitar Taman Wisata Narmada, Pura Lingsar, Suranadi, Aiknyet, dan beberapa objek wisata lainnya yang berada di Lombok Barat dan Kota Mataram. Meskipun terdapat di beberapa tempat tersebut, namun tempat asal kuliner khas ini adalah Narmada.

Pembuatan Sate Bulayak

Cara membuat bulayak mirip dengan lontong pada umumnya. Hanya saja ada perbedaan dimana dibungkus dengan janur kelapa atau daun kelapa muda atau daun aren atau daun enau yang dibentuk memanjang seperti spiral.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa rasanya kuliner ini atau pernah mencoba dan ingin mencoba lagi tetapi tidak sempat untuk mencicipinya langsung saat berwisata ke Pulau Lombok. Mungkin bisa membuatnya sendiri, cara pembuatannya sebagai berikut :

Sate Bulayak, sumber ig sasmitaedo
Sate Bulayak, sumber ig @sasmitaedo

A. Bahan yang Diperlukan

  1. 350 gr daging sapi atau ayam atau jeroan sapi, tumbuk kasar atau potong kecil – kecil
  2. 1 sdm air jeruk nipis
  3. 100 gr kelapa setengah tua, parut kasar
  4. 100 gr kacang tanah goreng, tumbuk halus.
  5. 1 sdm gula merah, serut
  6. 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  7. 25 buah tusuk sate
  8. 10 buah bulayak atau lontong khas Lombok

B. Bumbu yang Dihaluskan

  1. 15 buah cabai rawit merah
  2. 6 butir bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. ¾ sdt merica sangrai
  5. ¾ sdt garam

C. Cara Memasak

  1. Lumuri daging dengan air jeruk nipis, kemudian diamkan selama 15 menit
  2. Campur daging dengan setengah bagian bumbu halus dan kelapa parut, kemudian aduk rata
  3. Tusuk daging ke dalam tusuk sate, kemudian kukus 20 menit hingga matang
  4. Bakar sate hingga berwarna kecokelatan
  5. Panaskan 3 sdm minyak goreng kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum
  6. Tambahkan kacang tanah, gula merah, dan santan, lalu aduk rata. Kemudian masak hingga mendidih dan kental
  7. Siapkan piring saji, kemudian taruh sate bulayak dan sambal kacang di piring masing – masing
  8. Sate Bulayak Khas Lombok siap disajikan

Itu dia ulasan seputar kuliner khas Lombok Sate Bulayak. Semoga bisa menjadi referensi wisata kuliner Anda saat bertamasya di Lombok. Simak juga berbagai ulasan menarik obyek wisata Lombok, paket wisata Lombok dan tips berwisata di firstlomboktour.com.