468

 

Menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam di pinggir pantai Pulau Lombok merupakan dambaan para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Ya, Pulau Lombok memang terkenal dengan panorama pantainya yang menakjubkan. Sehingga, menikmati indah matahari terbit dan terbenam di pantai-pantai pulau ini sangatlah mengasyikkan. Namun ternyata tak banyak orang yang tahu sisi lain objek wisata Pulau Lombok yang menarik.

Objek Wisata Hutan Pulau Lombok

Pulau Lombok ternyata memiliki berbagai objek wisata hutan yang menarik. Inilah sisi lain objek wisata yang jarang sekali diketahui oleh para wisatawan. Sayang sekali jika Anda tidak merasakan serunya berpetualang di hutan yang tak terlupakan. Oleh sebab itu, tim First Lombok Tour kali ini akan membahas beberapa objek wisata hutan di Pulau Lombok.

Hutan Wisata Sesaot

Hutan Wisata Sesaot merupakan salah satu hutan lindung yang berada di Pulau Lombok. Lokasinya berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya sekitar 23 km dari pusat Kota Mataram. Karena statusnya sebagai hutan lindung, maka kawasan hutan ini masih alami terjaga. Salah satu hal yang membuat unik dari objek wisata ini adalah adanya sumber air dalam kawasan hutan yang berasal dari Gunung Rinjani yang dikenal dengan nama Ayik Nyet Sesaot.

Hutan Wisata Sesaot, sumber gambar ig @justdewa_

Hutan Wisata Sesaot, sumber gambar ig @justdewa_

Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk terkenal dengan koloni monyet jinak yang menghuninya. Selain dijadikan sebagai objek wisata, ternyata hutan ini juga digunakan sebagai jalan alternatif menuju kawasan Gunung Rinjadi. Untuk mencapai objek wisata ini, para wisatawan harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 72 km dari Kota Mataram.

Hutan Wisata Sesaot, sumber gambar ig @justdewa_

Hutan Wisata Sesaot, sumber gambar ig @justdewa_

Hutan Mangrove Gili Sulat

Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan Gili Trawangan, namun juga Gili Sulat. Gili Sulat adalah salah satu gili di Pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Di gili ini ternyata terdapat objek wisata hutan mangrove yang sangat sayang jika tak dijelajahi. Gili Sulat sendiri masuk dalam wilayah Lombok Timur, luasnya sekitar 5,2 km2. Di kawasan wisata hutan mangrove ini para wisatawan akan disuguhi kehidupan liar berbagai jenis burung khas. Jadi semakin penasaran kan?

Hutan Mangrove Gili Sulat, sumber gambar ig @pondoksiola

Hutan Mangrove Gili Sulat, sumber gambar ig @pondoksiola

Taman Hutan Raya Nuraksa

Taman Hutan Raya Nuraksa memiliki luas wilayah sekitar 3.155 hektar. Lokasinya berada di Dusun Kumbi, Desa Lembah Sempage, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Di taman hutan raya ini para wisatawan dapan menikmati rindangnya berbagai jenis flora hutan tropis asia. Selain dihuni oleh flora yang beraneka macam, hutan ini juga menjadi rumah bagi berbagai fauna seperti kera ekor panjang, rusa, dan beberapa jenis burung serta ular. Di kawasan Tahura ini terdapat salah satu objek wisata air terjun bernama Segenter. Nah sangat menarik bukan?

Hutan Lindung Gawar Gong

Namanya yang cukup menarik membuat banyak orang penasaran, Hutan Lindung Gawar Gong. Hutan lindung ini berada di Desa Beririjarak, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Sebagaimana hutan lindung lainnya, hutan ini juga berfungsi sebagai daerah resapan air. Di hutan ini terdapat sekitar 8 sumber mata air yang tak pernah surut. Dari kedelapan sumbar mata air inilah pasokan air untuk desa sekitar diperoleh. Karena keindahan dan keasrihannya, hutan lindung ini banyak didatangi oleh para wisatawan.

Taman Hutan Gawar Gong, sumber gambar ig @indriguli

Taman Hutan Gawar Gong, sumber gambar ig @indriguli

Demikian lima daftar objek wisata hutan yang terdapat di Pulau Lombok. Kini kita tahu bahwa lombok tak hanya memiliki objek wisata pantai, air terjun atau perbukitan saja. Namun juga memiliki objek wisata hutan yang tak kalah seru untuk dijelajahi. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi beberapa objek wisata diatas tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa travel kami.