Membahas tentang ragam kuliner khas yang ada di Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya. Apalagi kuliner khas Lombok. Maka, tidak heran ada sebagian turis dari luar daerah datang karena ingin mencicipi kuliner-kuliner yang ada di Lombok. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait minuman khas Lombok yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

Pulau Lombok identik dengan cuaca yang panas terik, sehingga minuman-minuman yang disuguhkan tempat ini tentu dapat menghilangkan dahaga Anda setelah berwisata di siang hari. Tidak hanya dapat menyegarkan, tetapi ada juga minuman yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya adalah teh ashitaba Lombok.

Apakah Anda makin penasaran dengan minuman khas yang dimiliki oleh penduduk asli Lombok? Jika iya, maka pastikan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Sebab, bisa jadi jika Anda berkunjung ke Lombok, Anda bisa mengenali beberapa minuman khas yang akan kami bahas sebentar lagi.

Deretan Minuman Khas Lombok yang Bisa Jadi Menarik Perhatian Anda

Jika Anda datang ke sebuah cafe di Lombok, besar kemungkinan Anda tidak akan menemukan minuman-minuman asli yang memang menjadi sebuah keunikan dari Pulau Lombok. Meskipun begitu, bukan berarti minuman ini tidak memiliki rasa yang enak.

Diantara minuman-minuman khas Lombok yang dapat menarik perhatian Anda adalah sebagai berikut:

1. Es Poteng Isi Khas Lombok

Segarnya es poteng isi, salah satu minuman khas Lombok. Sumber: merdeka.com
Segarnya es poteng isi, salah satu minuman khas Lombok. Sumber: merdeka.com

Setelah menikmati keseruan dalam berwisata di daerah Lombok, tentunya Anda harus mengkonsumsi minuman yang dapat menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Selain air putih, minuman khas ini bisa menjadi pelampiasan setelah berpanas-panasan di bawah sinar matahari.

Nama minuman ini adalah es poteng isi. Es poteng isi adalah salah satu minuman khas Lombok yang juga memiliki nama lain yaitu es tape. Tentunya dengan tape sebagai bahan utama, ditambahkan dengan campuran santan, susu kental manis, dan juga es batu sebagai penambah kesegaran.

2. Es Sarang Burung, Jajanan Khas Lombok yang Patut Dicoba

Es Sarang Burung khas Lombok. Sumber: sajiansedap.com
Es Sarang Burung khas Lombok. Sumber: sajiansedap.com

Satu lagi minuman yang dapat menyegarkan tenggorokan Anda. Nama minuman itu adalah es sarang burung. Minuman ini merupakan salah satu jajanan yang bisa didapatkan ketika berada di Lombok. Pada awalnya, minuman ini benar-benar dibuat dengan bahan dasar sarang burung walet. Namun, karena harganya terlalu mahal, maka pembuat minuman ini menggantinya dengan agar-agar sebagai bahan utamanya.
Meskipun begitu, cita rasa dan kesegaran dari es sarang burung tetaplah menjadi juara. Minuman ini tidak hanya berisikan agar-agar saja, tetapi terdapat bahan lainnya seperti selasih, buah lengkeng, dan es batu untuk menambah kesegaran.

3. Kopi Khas Suku Sasak Lombok

Proses menyangrai biji kopi yang dilakukan penduduk asli Suku Sasak Lombok. Sumber: dapursasak.com
Proses menyangrai biji kopi yang dilakukan penduduk asli Suku Sasak Lombok. Sumber: dapursasak.com

Minuman khas lainnya yang bisa Anda cicipi dikala berada di Lombok adalah kopi tradisional yang berasal dari Suku Sasak. Keunikan yang dimiliki dari kopi ini adalah dari langkah penyeduhannya. Penduduk setempat memiliki kebiasaan mencampurkan sedikit biji beras ke dalam bubuk kopi.

Sekilas memang terdengar unik. Namun, mereka memiliki alasan tertentu. Hal tersebut dilakukan sebab para orang tua yang akan berangkat ke sawah tidak memiliki waktu untuk makan sarapan. Maka penggantinya adalah dengan minum kopi. Supaya menghindari penyakit maag, maka mereka menambahkan sedikit beras ke dalam seduhan kopi.

4. Es Cendol Daluman

Cendol Daluman. Sumber: grid.id
Cendol Daluman. Sumber: grid.id

Masyarakat Lombok juga memiliki minuman cendol khasnya sendiri. Bahan untuk membuatnya diambil dari sari daun daluman yang sebelumnya dihaluskan dan diperas bersama dengan air. Air perasan dari daun daluman tersebut kemudian diendapkan selama beberapa waktu. Hasil dari endapat itulah yang disebut dengan cendol ataupun cincau.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol daluman adalah cendol, sirup gula jawa, santan, kemudian ditambahkan dengan es batu. Sebagai tambahan, penjual cendol daluman juga menambahkan sirup berwarna merah, susu cair, dan soft drink. Minuman ini tentunya dapat memberikan kesegaran seketika.

5. Tuak Manis Khas Lombok

Tuak Manis khas Lombok. Sumber: radarlombok.co.id
Tuak Manis khas Lombok. Sumber: radarlombok.co.id

Tuak manis adalah minuman khas Lombok yang terbuat dari aren yang berasal dari pohon aren. Bagian aren yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah air berwarna putih dengan tekstur yang cukup kental. Umumnya, tuak manis akan melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Dikarenakan minuman ini memerlukan proses fermentasi, maka tuak manis dikategorikan sebagai minuman yang memiliki kandungan alkohol. Karena itu, tuak manis juga dikenal sebagai arak khas Lombok. Biasanya minuman ini dijual di pinggir jalan atau pada beberapa tempat tertentu di sekitaran Lombok.

6. Minuman Brem Lombok

Brem khas Lombok. Sumber: keluyuran.com
Brem khas Lombok. Sumber: keluyuran.com

Hampir sama seperti tuak manis, brem juga merupakan minuman khas yang pembuatannya melalui proses fermentasi. Lebih lengkapnya, bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah dari ketan yang difermentasi. Maka dari itu, minuman ini masuk dalam kategori minuman beralkohol.

Pada awalnya, brem hanya ditemukan pada acara-acara adat yang diadakan oleh masyarakat Lombok. Namun seiring berjalannya waktu, brem menjadi salah satu minuman khas yang mudah ditemui di banyak tempat di Lombok.

Sebagaimana yang diketahui bahwa beberapa dari minuman yang terkenal di antara masyarakat asli Lombok adalah minuman yang mengandung alkohol. Oleh karena itu, bagi Anda yang beragama Islam maupun yang memiliki alergi terhadap minuman yang memiliki kandungan alkohol, alangkah baiknya untuk teliti sebelum membeli minuman ketika sedang berlibur ke Lombok.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ragam minuman khas yang bisa Anda jumpai ketika sedang berlibur ke pulau Lombok. Pastikan untuk terus mengikut informasi dan berita terkini seputar wisata di Lombok dengan membaca artikel-artikel yang ada di laman website First Lombok Tour. Sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. Semoga bermanfaat!