Pulau Lombok menyimpan sejuta pesona alam yang sangat memukau. Mulai dari wisata pantai dan laut, hingga keindahan yang ditampilkan oleh Gunung Rinjani. Namun, tahukah Anda bahwa di kawasan Gunung Rinjani terdapat sebuah danau yang sangat cocok dijadikan tempat memancing ikan? Ya, danau itu bernama Segara Anak Rinjani.

Seperti yang telah disampaikan bahwa danau Segara Anak berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak dipungkiri lagi jika lokasi ini sangat populer dikalangan para pelancong, apalagi bagi mereka yang hobi mendaki gunung dengan level tantangan yang cukup tinggi. Pasalnya gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl di atas permukaan laut.

Segara Anak Rinjani: Tinggi, Luas dan Asal-Usul Nama

Danau Segara Anak. Sumber: phinemo
Danau Segara Anak. Sumber: phinemo

Segara Anak merupakan danau yang ada di kawah Gunung Rinjani, letaknya ada di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Letak danau Segara Anak berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl. Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat luar biasa, ditambah lagi spot cantik juga tersebar sebab danau ini memiliki luas mencapai 1.100 ha dengan kedalaman danau sekitar 230 meter.

Jika mendengar nama danau ini, mungkin Anda akan penasaran dari mana nama ini berasal. Segara Anak sendiri diambil dari bahasa Sasak yang artinya adalah Anak Laut. Masyarakat lokal menamainya dengan panggilan tersebut dengan alasan warna air yang ada di danau kebiruan, yang mana sangat menyerupai warna air laut.

Meskipun pesona dari danau Segara Anak sudah memukau banyak pengunjung, tetapi masih banyak lagi pemandangan indah layaknya lukisan yang ada di sekitar danau ini. Misalnya saja seperti pemandangan hutan lindung yang mengelilingi area sekitar danau. Selain itu, Anda juga bisa melihat kemegahan anak dari Gunung Rinjani yaitu Gunung Baru Jari.

Pasalnya, suhu air di danau ini kurang lebih sekitar 20-22 derajat celcius. Apabila dibandingkan dengan suhu udara di sekitarnya, ini bisa dikatakan relatif hangat. Maka tidak heran jika di sekitar danau, Anda bisa menemukan sumber air panas yang bisa dijadikan tempat berendam.

Danau Segara Anak Terbentuk Karena Letusan Gunung

Jika dilihat dari sisi sejarah, pada abad ke 13 Masehi, terjadi letusan di Gunung Samalas yang berlokasi di Lombok. Kemudian dari letusan tersebut, lahirlah danau yang bentuknya seperti bulan sabit yang indah.

Sampai saat ini gunung yang ada di sekitar danau Segara Anak masih menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Jadi, bagi Anda yang berencana mendaki Gunung Rinjani dan mampir ke danau Segara Anak harus mengetahui informasi-informasi yang paling terbaru mengenai aktivitas gunung tersebut.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Danau Segara Anak Rinjani

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan jika berkunjung ke Danau Segara Anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berkemah

Berkemah di tepian Danau Segara Anak Rinjani. Sumber: salsawisata
Berkemah di tepian Danau Segara Anak Rinjani. Sumber: salsawisata

Konon banyak pendaki Gunung Rinjani yang memilih untuk beristirahat dan berkemah di tepian danau Segara Anak. Hal ini disebabkan area di kawasan danau tersebut sangat luas untuk dijadikan spot-spot berkemah bagi para pendaki.

Pemandangan pagi dan malam hari tentu akan menjadi sebuah memori yang indah bagi Anda yang memilih berkemah di kawasan danau. Bagaimana tidak? Di pagi hari, matahari yang terbit akan menyambut Anda. Di malam hari, Anda akan melihat matahari yang terbenam kemudian dilanjutkan dengan cahaya bulan dan udara yang sejuk.

2. Berendam Air Hangat

Di Danau Segara Anak, banyak area dangkal yang bisa dijadikan tempat untuk berenang atau sekedar berendam. Suhu air danau pun terbilang hangat dan bersih, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat berenang di danau tersebut apalagi jika sendirian.

Jika Anda ingin berendam di air yang lebih panas, Anda bisa mencari spot-spot sumber air panas yang tidak jauh dari lokasi danau. Konon, sumber air panas tersebut dapat memberi manfaat yakni seperti mengatasi penyakit.

3. Memancing

Memancing di danau Segara Anak. Sumber: wiranurmansyah.com
Memancing di danau Segara Anak. Sumber: wiranurmansyah.com

Kegiatan yang paling menarik di danau Segara Anak Rinjani adalah memancing. Pasalnya, memiliki pengalaman memancing di atas ketinggian gunung mungkin hanya bisa didapatkan ketika berada di danau Segara Anak. Anda bisa dengan mudah memancing dan mendapatkan beberapa jenis ikan di Danau Segara Anak, misalnya seperti ikan nila dan ikan mas.

Terdapat fakta yang cukup menarik dari aktivitas memancing di danau Segara Anak ini. Menurut sebuah penelitian, berkembangbiaknya ikan di danau tersebut sebenarnya mustahil. Sebab air danau mengandung unsur kimia dan hidrotermal seperti clorida, sodium, potasium, dan sulfat.

Setelah dikaji lebih lanjut, alasan utama ikan-ikan dapat berkembangbiak dengan baik di danau Segara Anak Rinjani ini adalah dikarenakan siklus airnya yang sangat baik. Air hujan yang masuk ke danau sangat memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mengencerkan kandungan kimia di dalamnya.

Dengan begitu, aktivitas memancing di danau ini akan bisa berlangsung terus menerus. Para pendaki juga bisa dengan nyaman memancing dan menyantap hidangan ikan yang berasal dari danau ini.

Rute Menuju Segara Anak Rinjani dan Harga Tiket Masuk

Danau Segara Anak berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda harus melakukan pendakian terlebih dahulu yang dimulai dari Desa Sembalun atau Desa Senaru. Lama pendakian yang diperlukan biasanya mencapai 9 hingga 10 jam.

Untuk masuk kawasan Segara Anak, pengunjung cukup membayar SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) yaitu sebesar Rp. 35.000,- yang mana biaya ini termasuk biaya pendakian Gunung Rinjani.

Selain Danau Segara Anak, masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di pulau Lombok. Agar lebih memudahkan perjalanan, Anda bisa mencoba paket wisata Lombok agar pengalaman berlibur Anda semakin menarik dan berkesan. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.