Seperti yang kita ketahui, Lombok merupakan salah satu tempat yang menjadi unggulan di Indonesia. Jika dilihat lebih dalam lagi, untuk wisata alam yang tersebar di pulau ini termasuk banyak. Salah satunya adalah wisata Tetebatu Lombok. Tetebatu merupakan salah satu desa di Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Sebenarnya, Tetebatu Lombok seperti desa-desa lain di wilayah Lombok. Namun, karena keindahan panorama pemandangan Gunung Rinjani yang membuat desa ini berbeda dengan yang lain. Pemandangan sawah yang membentang hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai travel dengan view pedesaan.

Letaknya yang berada di bagian selatan Gunung Rinjani pada ketinggian 700 meter diatas permukaan laut ini membuat Tetebatu Lombok mempunyai hawa yang sejuk dan segar. Anda bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan sekaligus untuk melepaskan penat. Ada beberapa tempat wisata di dalam Desa Tetebatu ini yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Lombok.

Promo sewa mobil lombok

Destinasi Wisata di Desa Tetebatu

Jika Anda bosan dan penat dengan suasana perkotaan, sudah saatnya Anda untuk melepaskan kepenatan tersebut dengan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Ada berbagai tempat wisata indah yang bisa Anda kunjungi saat berada di Desa Tetebatu Lombok. Penasaran mana saja itu? Simak informasinya di bawah ini.

1. Lembah Ulem Ulem

Wisata ini sering disebut juga dengan Air Terjun Ulem Ulem yang terletak di Desa Tetebatu Lombok. Lembah Ulem Ulem ini memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter dengan debit air yang sangat melimpah, jernih, dan juga segar. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa tempat ini sangat direkomendasikan. 

Hal ini dikarenakan selain ada air terjun, terdapat juga kolam yang posisinya berada di bagian bawah. Ukuran kolamnya sangat luas dan airnya yang bening membuat pengunjung pasti akan ingin berenang atau sekedar mencuci muka disana. Di sekelilingnya terdapat tempat peristirahatan yang telah disediakan seperti rumah bambu kecil atau gazebo. Sehingga sangat nyaman untuk Anda gunakan ketika berkunjung ke Lembah Ulem Ulem.

Persawahan di desa Tetebatu Lombok Timur, sumber ig @kiekjesvanilona

Persawahan di desa Tetebatu Lombok Timur, sumber ig @kiekjesvanilona

2. Kebun Holtikultura

Rekomendasi wisata yang ada di Tetebatu selanjutnya adalah kebun hortikultura. Kebun yang satu ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung setelah Lembah Ulem Ulem. Di wilayah Tetebatu sendiri, terdapat beberapa perkebunan hortikultura.

Produk andalan yang dimiliki oleh petani sekitar Desa Tetebatu adalah buah pala. Buah pala ini juga menjadi salah satu produk olahan yang siap untuk dinikmati. Biasanya warga sekitar mengolah menjadi manisan buah pala.

Jadi tidak heran jika para wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati atau membeli produk olahan khas Desa Tetebatu tersebut. Olahan manisan buah pala ini memiliki rasa yang sangat unik dan patut untuk dicoba. Jadi ketika Anda berada di kebun hortikultura ini jangan lupa untuk mencobanya ya.

Ilustrasi kebun hortikultura, Sumber: rumah.com

Ilustrasi kebun hortikultura, Sumber: rumah.com

3. Kawasan Hutan Kera

Destinasi wisata selanjutnya adalah kawasan hutan kera atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monkey Forest. Kawasan ini merupakan tempat favorit bagi para wisatawan untuk menikmati liburannya. Bukan hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga sangat menyukai tempat yang satu ini.

Di kawasan hutan ini terdapat banyak spesies hewan yang menempatinya. Misalnya saja seperti kera, burung dan lain sebagainya. Letak dari kawasan Hutan Kera ini berada di bagian utara Desa Tetebatu Lombok. Anda bisa bertanya serta meminta warga sekitar untuk menemani saat berkeliling hutan. 

Ketika mulai memasuki kawasan hutan, pasti Anda akan mendengar ratusan suara burung yang tinggal di dalam hutan ini. Di kawasan ini juga sediakan sirkus kera yang menjadikannya sebagai ikon dari wisata Monkey Forest. Adanya sirkus tersebut membuat para wisatawan yang datang merasa terhibur dan tidak bosan ketika berkunjung ke kawasan ini.

Kawasan hutan kera di Desa Tetebatu Lombok, Sumber: expedia.com

Kawasan hutan kera di Desa Tetebatu Lombok, Sumber: expedia.com

4. Air terjun Tetebatu

Meskipun letaknya berada di dalam Desa Tetebatu, air terjun yang satu ini merupakan salah satu air terjun di Lombok Timur yang jarang di kunjungi wisatawan. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya media promosi yang digunakan untuk mengiklankan air terjun ini.

Perlu Anda ketahui bahwa pesona keindahan yang dimilikinya ini tidak kalah dengan air terjun yang hits di Lombok seperti Tiu Teja, Mangku Sakti, dan lain sebagainya. Air yang mengalir dari air terjun ini konon adalah berasal dari Gunung Rinjani. Adapun karakteristik air di Tetebatu yaitu dingin, jernih, dan segar.

Karena jarang dikunjungi oleh wisatawan, tidak heran jika air terjun yang satu ini cocok digunakan sebagai tempat healing. Bukan tanpa sebab, Anda bisa lebih tenang menikmati suasana tenang yang ada. Ketenangan tersebut akan memberikan efek yang baik bagi pikiran Anda.

Jadi jika Anda butuh tempat yang tenang dan asri, maka tidak ada salahnya mengunjungi air terjun ini. Namun pastikan menjaga kebersihan ketika disana ya, agar kawasan air terjun ini tetap terjaga kemurniannya dari sampah-sampah.

Salah satu air terjun di desa wisata Tetebatu Lombok, sumber ig @wahidkurniadi

Salah satu air terjun di desa wisata Tetebatu Lombok, sumber ig @wahidkurniadi

5. Perkebunan Tembakau

Destinasi ini menjadi sangat terkenal di Indonesia, terutama di Lombok. Bahkan, mempunyai kualitas internasional dan sebagai komoditas yang diandalkan di Lombok. Perkebunan tembakau juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi dalam pendidikan sekolah. Misalnya seperti pembelajaran berkebun, mengetahui pohon tembakau, dan bagaimana perkebunan ini bisa sukses hingga ke dunia internasional.

Kebun tembakau yang ada di Lombok, Sumber: jaringanpenulis.com

Kebun tembakau yang ada di Lombok, Sumber: jaringanpenulis.com

Inilah pembahasan mengenai wisata yang berada di Desa Tetebatu Lombok. Ketika liburan tiba, Anda bisa mengunjungi desa ini untuk menghilangkan kepenatan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dan para wisatawan lainnya yang akan berkunjung ke Lombok.

Jika Anda membutuhkan travel agent untuk mengurus kegiatan wisata selama berada di Lombok baik untuk private tour ataupun rombongan, kami dari First Lombok Tour selalu siap sedia membantu Anda. Sekian dari kami dan silahkan share informasi wisata Lombok ini melalui sosial media yang ada, terimakasih!