468

Air Terjun di Lombok Timur – Nusa Tenggara Barat terdiri dari beberapa kabupaten yang salah satunya adalah Lombok Timur.  Sebagaimana daerah di Pulau Lombok pada umumnya,Kabupaten Lombok Timur juga memiliki berbagai objek wisata eksotis yang tak kalah dengan objek wisata yang ada di daerah Lombok lainnya. Selain ramai dikunjungi oleh penduduk Lombok Timur sendiri, ternyata berbagai objek wisata di Lombok Timur juga berhasil menyita perhatian pelancong dari berbagai wilayah di Luar Lombok bahkan juga pelancong dari luar negeri. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas delapan objek wisata air terjun yang eksotis di Kabupaten Lombok Timur.

Daftar 8 Air Terjun di Lombok Timur

Pada awalnya kami hanya menampilkan 4 daftar air terjun di kabupanten Lombok Timur. Saat ini kami menambahkan 4 lagi sehingga berjumlah 8 destinasi wisata air terjun di Lombok Timur. Semoga informasi ini bermanfaat buat sahabat semua ya.

Air Terjun Jeruk Manis

Walaupun namanya Air Terjun Jeruk Manis namun bukan berarti air yang megalir di objek wisata Lombok Timur ini memiliki rasa seperti air jeruk yang manis loh. Jadi jangan salah paham dulu ya. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar sekitar 40 meter dengan jurah air yang cukup deras sehingga para pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati. Airnya cukup jernih karena lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Objek wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Mataram.

Air Terjun Jeruk Manis di Lombok Timur, sumber ig poppyimo

Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig @poppyimo

Air Terjun Madu

Air Terjun Madu merupakan salah satu objek wisata air terjun di Lombok Timur yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Airnya yang mengandung sulphur atau belerang ternyata mampu menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Tinggi air terjun mencapai 20 meter dengan sebuah kolam atau telaga di bagian bawahnya, sehingga para wisatawan bisa bebas berenang dan berendam karena kedalaman kolam hanya sekitar 0,5 -1,5 meter. Di sekitar air terjun terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi nan eksotis, di tebing sebelah barat terdapat pancuran air bersih untuk membilas sisa-sisa belerang saat berendam. Air terjun ini terletak di Dusun Birak, Desa Bilok Petung, dengan jarak sekitar 173 km dari pusat kota Mataram dan waktu tempuh sekitar 4 jam. Baca juga : 4 Obyek wisata air terjun di Lombok Barat

Foto Air Terjun Madu di Lombok Timur, sumber ig anas_fw

Foto Air Terjun Madu, sumber ig @anas_fw

Air Terjun Semporonan

Banyak yang terbius dengan Pantai Senggigi yang terkenal dengan keelokannya, namun hanya sedikit yang tahu bahwa di Senggigi juga terdapat air terjun yang tak kalah indah dengan pantainya. Air terjun Semporonan namanya. Air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Senggigi, tepatnya di Desa Timba Nuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun, Anda akan dimanjakan dengan asrihnya pepohonan dan tanaman kopi dari perkebunan warga. Sesampainya di lokasi Anda akan dimanjakan dari kesegaran air dari air terjun ini dengan pemandangan belukar akar yang eksotis.

Air Terjun Semporonan di Kabupaten Lombok Timur, sumber ig ahsanul_huluqi

Air Terjun Semporonan, sumber ig @ahsanul_huluqi

Air Terjun Mangku Sakti

Mangku Sakti, bagi sebagian besar orang pasti nama ini terasa sangat asing di telinga. Mangku Sakti adalah nama objek wisata air terjun di kaki Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, aliran air di air terjun ini bercampur dengan belerang sehingga warnanya cenderung seperti susu. Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup besar dengan kedalaman yang cukup dalam sekitar 2-4 meter. Para wisatawan yang tdak bisa berenang tetap bisa menikmati dinginnya air terjun yang bercampur dengan belerang dengan bermain air di sekitar aliran kolam air terjun yang membentuk sungai kecil nan dangkal.

Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Timur, sumber ig ajirna_fourtwnty

Air Terjun Mangku Sakti, sumber ig @ajirna_fourtwnty

Air Terjun Mangku Kodek

100 meter ke arah timur Pulau Lombok anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah wisata Air Terjun Mangku Kodek. Air terjun ini terletak diantara Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kuda Sembrani. Yang membuat air terjun ini berbeda dari yang lain adalah tinggi air terjun yang hanya berkisar 2-3 meter. Selain itu tebing-tebing yang menghimpit tepat di kanan dan kirinya membuat air terjun ini semakin unik.

Curahan air dari air terjun membentuk telaga menyerupai aliran sungai yang dihimpit oleh tebing tinggi dengan lebar kurang lebih empat – lima meter. Seolah-olah seperti kolam renang pribadi dengan kedalaman 1 – 2 meter. Suasana hening dan alaminya sangat cocok untuk menenangkan diri bagi anda yang sedang stress atau sedang gundah. Jadi jangan lupa mampir di objek wisata Lombok yang satu ini ya.

Air Terjun Mangku Kodek, sumber ig alfajriputrantb

Air Terjun Mangku Kodek – sumber ig @alfajriputrantb

Air Terjun Kuda Sembrani

Setelah menikmati Air Terjun Mangku Kodek, tak ada salahnya untuk meneruskan perjalanan menuju Air Terjun Kuda Sembrani. Jaraknya tidak terlalu jauh, jadi sayang dong kalua udah sampai Mangku Kodek nggak mampir sekalian ke Air Terjun Kuda Sembrani. Nah, perjalanan menuju Air Terjun Kuda Sembrani ini cukup menantang, jadi cocok banget bagi kalian yang suka tantangan.

Air Terjun Kuda Sembarani sangat jarang dihampiri para petualang. Karena kebanyakan para dari mereka sudah puas dengan hanya menikmati Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek. Sehingga tak heran jika jalan setapak menuju Air Terjun Kuda Sembrani banyak ditumbuhi ilalang dan semak-semak. Tapi jangan khawatir, karena sesampainya di lokasi, para wisatawan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang mungil lengkap dengan pepohonan rindang nan asri. Benar-benar sebuah tempat yang cocok untuk menenangkan hati.

Air Terjun Kuda Sembrani, sumber ig anas_fw

Air Terjun Kuda Sembrani – sumber ig @anas_fw

Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya berada di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Lokasinya berjarak sekitar 173 kilometer dari Kota Mataram, bisa ditempuh dalam waktu 4-5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Untuk mencapai lokasi air terjun, para pengunjung harus rela berjalan kaki dari lokasi parkir menuju lokasi air terjun. Nah perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 25-30 menit.

Sesampainya di lokasi air terjun, para wisatawan akan disuguhi pemandangan air terjun sangat mengesankan. Airnya berwarna putih kehijauan, dengan tinggi air terjun sekitar 6 meter dan telaga yang cukup luas untuk berendam dan berenang. Rindang hijau pepohonan beserta riuh air terjun akan membuat siapapun merasa tenang dan betah berlama-lama di objek wisata yang satu ini. Nama Umar Maya sendiri diambil dari nama seorang raja dalam tokoh pewayangan Lombok. Dia adalah raja sakti dan bijaksana yang konon sering menggunakan air terjun ini untuk bersemedi.

Air Terjun Umar Maya, sumber ig wildan.doang45

Air Terjun Umar Maya – sumber ig @wildan.doang45

Air Terjun Otak Kokok

Otak Kokok, namanya yang unik membuat cukup banyak orang penasaran dengan air terjun mungil satu ini. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Rinjani semakin menguatkan kesan asrih dan menenangkan. Otak Kokok sendiri berasal dari bahasa sasak yang berarti sumber mata air atau hulu sungai. Selain namanya yang unik ternayata ada hal lain dari air terjun ini yang bikin orang penasaran. Yakni karena sumber mata airnya berasal dari akar pohon yang sudah berusia ratusan tahun. Oleh sebab itu, selain sebagai tempat wisata yang menenangkan, sebagian masyarakat juga percaya bahwa air dari air terjun ini berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Air Terjun Otak Kokok, sumber ig nn_yunita

Air Terjun Otak Kokok – sumber ig @nn_yunita

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Maka tidak ada salahnya bagi kita untuk sejenak menenangkan hati dan pikiran dengan mengunjungi tempat wisata indah yang telah Allah ciptakan. Itulah delapan air terjun eksotis yang berada di Kecamatan Lombok Timur yang dapat Anda kunjungi untuk melepas lelah dan penatnya masalah hidup. Sebagian besar lokasi wisata air terjun tersebut berada di lokasi yang cukup tersembunyi, sehingga kami sarankan untuk menyewa jasa penunjuk jalan atau mengikuti para penyedia Travel atau Tour di Lombok yang menyediakan paket wisata tersebut. Termakasih banyak sudah menyimak 🙂