Air Terjun di Lombok Timur – Nusa Tenggara Barat terdiri dari beberapa kabupaten yang salah satunya adalah Lombok Timur.  Sebagaimana daerah di Pulau Lombok pada umumnya,Kabupaten Lombok Timur juga memiliki berbagai objek wisata eksotis yang tak kalah dengan objek wisata yang ada di daerah Lombok lainnya. Selain ramai dikunjungi oleh penduduk Lombok Timur sendiri, ternyata berbagai objek wisata di Lombok Timur juga berhasil menyita perhatian pelancong dari berbagai wilayah di Luar Lombok bahkan juga pelancong dari luar negeri. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas empat objek wisata air terjun yang eksotis di Kabupaten Lombok Timur.

Daftar 4 Air Terjun di Lombok Timur

Air Terjun Jeruk Manis

Walaupun namanya Air Terjun Jeruk Manis namun bukan berarti air yang megalir di objek wisata Lombok Timur ini memiliki rasa seperti air jeruk yang manis loh. Jadi jangan salah paham dulu ya. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar sekitar 40 meter dengan jurah air yang cukup deras sehingga para pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati. Airnya cukup jernih karena lokasi air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Objek wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Mataram.

Air Terjun Jeruk Manis di Lombok Timur, sumber ig poppyimo

Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig @poppyimo

Air Terjun Madu

Air Terjun Madu merupakan salah satu objek wisata air terjun di Lombok Timur yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Airnya yang mengandung sulphur atau belerang ternyata mampu menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Tinggi air terjun mencapai 20 meter dengan sebuah kolam atau telaga di bagian bawahnya, sehingga para wisatawan bisa bebas berenang dan berendam karena kedalaman kolam hanya sekitar 0,5 -1,5 meter. Di sekitar air terjun terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi nan eksotis, di tebing sebelah barat terdapat pancuran air bersih untuk membilas sisa-sisa belerang saat berendam. Air terjun ini terletak di Dusun Birak, Desa Bilok Petung, dengan jarak sekitar 173 km dari pusat kota Mataram dan waktu tempuh sekitar 4 jam. Baca juga : 4 Obyek wisata air terjun di Lombok Barat

Foto Air Terjun Madu di Lombok Timur, sumber ig anas_fw

Foto Air Terjun Madu, sumber ig @anas_fw

Air Terjun Semporonan

Banyak yang terbius dengan Pantai Senggigi yang terkenal dengan keelokannya, namun hanya sedikit yang tahu bahwa di Senggigi juga terdapat air terjun yang tak kalah indah dengan pantainya. Air terjun Semporonan namanya. Air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung Senggigi, tepatnya di Desa Timba Nuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun, Anda akan dimanjakan dengan asrihnya pepohonan dan tanaman kopi dari perkebunan warga. Sesampainya di lokasi Anda akan dimanjakan dari kesegaran air dari air terjun ini dengan pemandangan belukar akar yang eksotis.

Air Terjun Semporonan di Kabupaten Lombok Timur, sumber ig ahsanul_huluqi

Air Terjun Semporonan, sumber ig @ahsanul_huluqi

Air Terjun Mangku Sakti

Mangku Sakti, bagi sebagian besar orang pasti nama ini terasa sangat asing di telinga. Mangku Sakti adalah nama objek wisata air terjun di kaki Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, aliran air di air terjun ini bercampur dengan belerang sehingga warnanya cenderung seperti susu. Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup besar dengan kedalaman yang cukup dalam sekitar 2-4 meter. Para wisatawan yang tdak bisa berenang tetap bisa menikmati dinginnya air terjun yang bercampur dengan belerang dengan bermain air di sekitar aliran kolam air terjun yang membentuk sungai kecil nan dangkal.

Air Terjun Mangku Sakti di Lombok Timur, sumber ig ajirna_fourtwnty

Air Terjun Mangku Sakti, sumber ig @ajirna_fourtwnty

Itulah empat air terjun eksotis yang berada di Kecamatan Lombok Timur yang dapat Anda kunjungi. Sebagian besar lokasi wisata air terjun tersebut berada di lokasi yang cukup tersembunyi, sehingga kami sarankan untuk menyewa jasa penunjuk jalan atau mengikuti para penyedia Travel atau Tour di Lombok yang menyediakan paket wisata tersebut.