Lombok dan sejuta keindahannya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Siapa yang tidak tahu Labuan Bajo? Siapa yang tidak tahu Gunung Rinjani? Pulau Lombok menawarkan wisata eksotis yang begitu banyak untuk Anda, Termasuk yang akan dibahas kali ini, apa lagi kalau bukan Goa Susu Lombok.

Bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, Lombok dikenal dengan destinasi wisata yang menyuguhkan pantai-pantai menawan. walaupun sebenarnya, Pulau Lombok memiliki banyak wisata lain selain hanya pantai. salah satunya adalah wisata goa.

Jumlah goa yang ada di Lombok mungkin tidak sebanyak goa di daerah Jawa. Namun list rekomendasi goa di Lombok berikut ini, adalah yang terbaik dari yang sedikit itu.

Dimulai dengan Goa Susu, Goa Susu letaknya ada pada Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri menjadi gunung favorit bagi banyak pendaki Nusantara bahkan mancanegara. Keunikan dari Gunung Rinjani sendiri terletak pada lengkapnya pesona alam yang ia tawarkan.

Di Gunung Rinjani, Anda akan menemukan danau, air terjun, dan juga goa eksotis. Danau Segara Anak adalah yang terkenal karena ia terletak di kawah Rinjani. Beberapa air terjun juga mengalir deras di kaki Gunung Rinjani, antara lain air terjun Sendang Gile, Tiu Kelep, dan Jeruk Manis.

Namun, di samping lokasi wisata yang sudah banyak dikenal itu, Gunung Rinjani menyimpan tempat tersembunyi yang tak kalah menarik, salah satunya adalah Goa Susu dan kolam air panas.

Sebenarnya mengapa dua tempat tersebut terbilang tersembunyi adalah karena jarang porter mau mengantar pelancong kesana, dikarenakan medan yang sulit dan jalurnya susah diingat, alias mudah untuk tersasar. Namun, bagi Anda yang berminat untuk pergi kesana, artikel berikut akan membantu Anda untuk memahami Goa Susu secara umum.

Goa Susu Lombok Dan Goa Eksotis Lainnya
Gua susu adalah sebuah tebing dengan beberapa mulut gua yang bertingkat. Sumber : Ig/@susu_caves

Lokasi Goa Susu dan kolam air panas Rinjani tersebut dapat Anda tempuh selama 45 menit atau 1 jam dari Camping Ground danau Segara Anak. Adapun kolam air panas Rinjani sebenarnya ada di beberapa titik, sama halnya dengan air terjun tadi. Beberapa kolam air panas terpantau selalu ramai pengunjung sehingga kadangkala untuk berendam harus bergantian.

Namun kolam air panas di area Goa Susu Lombok ini berbeda. Mungkin karena faktor susah untuk dicapai tadi, sehingga kolam air panas Goa Susu terbilang cukup sepi. Uniknya disana tidak hanya ada satu kolam saja. Dan beberapa kolam tersebut bahkan memiliki level panas yang berbeda-beda.

Dengan susahnya medan untuk mencapai tempat tersebut, agaknya hasil yang didapat akan sangat worth it.

Goa Susu memiliki cerita unik yang agaknya sudah menjadi kisah turun temurun penduduk kaki Gunung Rinjani. Konon, di dalam goa terdapat stalagtit yang meneteskan air yang rasanya seperti susu dan kadang berubah ubah. Mitos lainnya adalah goa ini akan melebar jika dimasuki orang baik dan menjadi sempit jika yang masuk berniat jahat. Sangat menarik.

Adapun Kontur Goa Susu sendiri memiliki mulut goa yang kecil sehingga cukup susah untuk memasukinya. Tidak hanya sempit, tapi juga permukaan goa yang berlumut dan licin membuat pengunjung rawan akan jatuh. Lebih dalam lagi, Goa Susu memiliki lubang-lubang yang lebih kecil yang hanya cukup dimasuki anak-anak.

Anda yang hendak berkunjung ke Goa Susu agaknya cukup merendamkan diri saja di kolam air panas disekitar sana. Sebab, tidak hanya fakta diatas yang membuat Goa Susu Lombok susah untuk dimasuki, tapi juga karena uap air panas yang cukup banyak akan membuat pengap dan susah untuk bernafas.

Dengan berendam air panas, keletihan otot dan pikiran yang penat setelah pendakian yang luar biasa akan rontok seketika di kolam air hangat Goa Susu Lombok.

6 Wisata Goa Di Lombok Lainnya

Wisata Lombok tidak hanya pantai dan pulau-pulau indahnya. Ada juga goa-goa eksotis yang cocok untuk dikunjungi. Bagi Anda yang mungkin seorang usahawan, sedang bingung hendak membuat souvenir perusahaan eksklusif seperti apa, Anda bisa membuat desain serupa goa sebagai tanda wisata alam khas Lombok.

Setelah membahas panjang lebar mengenai Goa Susu Lombok, ada baiknya Anda juga menyimak review enam goa di Lombok lainnya. Setiap lokasi tersebar di daerah yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan dengan lokasi terdekat Anda saat berwisata nanti.

1. Goa Kotak

Goa Susu Lombok Dan Goa Eksotis Lainnya
Goa Kotak dengan latar pantai. Sumber : Ig/@azrin.ariffin

Goa Kotak Dinamakan demikian karena memang bentuknya kotak. Menurut penuturan warga sekitar, Goa Kotak dulu merupakan sebuah bukit tinggi di tepi pantai. Asal usul mengapa bisa ada goa disana adalah karena dulu bukit tersebut dilubangi hingga tembus membentuk goa.

Goanya cukup unik. Walau terkesan tidak mirip dengan goa alami pada umumnya. Letaknya ada di daerah wisata Pantai tanjung Aan Kabupaten Lombok Tengah. Anda bisa mengambil foto dari dalam goa dengan latar pantai.

2. Goa Bangkang Prabu

Goa Susu Lombok Dan Goa Eksotis Lainnya
Pesona memukau “cahaya tuhan” Goa Bangkang. Sumber : Ig/@lombokexperience

Goa Bangkang Prabu terhitung sebagai wisata goa yang keren untuk dijadikan spot foto. Goa ini terkenal dengan “cahay ilahi” yang keluar dari lubang di atap goa. Cahaya keluar dengan bentuk seperti pada lampu teater. Menyinari pemeran utama ditengah kegelapan. Sangat unik bukan?

Letak Gunung Bangkang sendiri berada di Lombok Tengah, Pujut, Desa Prabu. Diantara Pantai Kuta dan Pantai Are Guling,

3. Goa Biawak

Goa Biawak merupakan gundukan batu cadas di tepian pantai. Wisatawan biasa menikmati sunset di gundukan tersebut. Letaknya dekat dengan Pelabuhan Kayangan Lama yang kini jadi tempat bongkar muat barang. Dulunya Goa Biawak belum tereksploitasi dengan baik, namun kini setelah pembenahan, Goa Biawak menjadi objek wisata yang indah.

Bebatuan yang dulunya saling tumpuk kini dibuatkan jalan menuju batu paling pucuk. Menjadi tempat terbaik untuk melihat pemandangan pantai. Disela-sela bongkahan batu cadas itu, menjadi rumah bagi koloni Biawak. Sehingga dari fenomena tersebut, diambillah kata Biawak untuk menamai Goa ini.

4. Air Terjun Goa Walet

Goa Susu Lombok Dan Goa Eksotis Lainnya
Air terjun dalam goa walet yang mempesona. Sumber : Ig/@adhy_nata

Goa Walet lebih dikenal menjadi lokasi wisata di Jawa Barat. Adapun Goa Walet di Lombok lebih dikenal dengan sebuat Air Terjun Goa Walet. Seperti namanya Goa Walet mengucurkan air terjun kecil didalam goa yang dulunya banyak dihuni oleh Burung Walet.

Air Terjun Goa Walet terletak di Dusun Kerandangan Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat.

5. Goa Tanjung Ringgit

Sesuai namanya, Goa ini terletak di Tanjung Ringgit Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Bagi penduduk sekitar sana, goa satu ini sudah tidak asing lagi. Letaknya berada diatas bibir pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai di dalam Goa Tanjung Ringgit.

6. Wisata Goa Lawah

Satu lagi rekomendasi Goa Lombok yang bisa Anda kunjungi, yakni Goa Lawah. Letaknya ada di Lembah Sempage, Narmada Lombok Barat. Goa Lawah memiliki kisah unik berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan. Sejarah jurnalistik mencatat, dulunya goa ini jadi tempat sembunyi pahlawan dari pasukan penjajah.

Keunikan Wisata Goa Lawah terletak pada mulut goa yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang cukup besar dan diatasnya ditumbuhi tanaman hijau merambat. Walaupun jika Anda masuk kedalam goa, ketinggian goa hanya sampai 5 cm.

Itulah keunikan tujuh goa dari Pulau Lombok yang bisa Anda kunjungi. Baik itu Goa Susu Lombok atau goa lainnya, masing-masing memiliki keistimewaan dan sejarah unik sendiri-sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share artikel ini ke teman Anda supaya informasi menarik ini diketahui juga oleh mereka.[]