468

Lombok merupakan pulau yang terkenal akan destinasi wisatanya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Wisata yang paling terkenal di Lombok adalah pantainya. Namun, di Lombok sebenarnya ada banyak wisata selain pantai. Salah satunya destinasi wisata goa. Goa di Lombok mungkin tidak sebanyak goa-goa di daerah Jawa. Namun artikel berikut ini merangkum tentang beberapa wisata goa di Lombok yang bisa anda kunjungi.

7 Rekomendasi Wisata Goa Di Lombok

Berikut ini daftar goa yang berada di Lombok, seluruh goa yang kami sebutkan ada di Pulau Lombok. Ada yang di kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur dan yang lainnya. Jika menggunakan agen travel wisata Lombok untuk menuju kesana akan lebih memudahkan bagi Anda dan rombongan.

1. Goa Kotak

Goa yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan namanya yaitu berbentuk kotak. Dulunya, goa ini adalah bukit tinggi di tepi pantai. Namun karena dijamah dan dilubangi bukitnya, akhirnya tembus sampai hingga membentuk goa. Lokasi goa kotak berada di daerah wisata Pantai Tanjung Aan, kabupaten Lombok Tengah. Dari goa ini, anda bisa melihat keindahan laut yang biru, pantai-pantai di bawahnya dan bukit-bukit kecil yang berjejer. Sedangkan di dalam gua, anda bisa melihat keindahan bekas penghuni laut seperti terumbu karang dan rumah-rumah siput yang tersusun rapi.

Goa Kotak di Lombok, sumber ig @trisna227_

Goa Kotak di Lombok, sumber ig @trisna227_

2. Goa Biawak

Goa biawak sebenarnya adalah gundukan batu-batu cadas di sekitar pantai. Pengunjung biasanya menikmati sunset di tempat tersebut. Goa ini terletak di dekat pelabuhan Kayangan Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Nama goa Biawak diambil dari adanya lubang-lubang batu yang merupakan mulut goa. Goa-goa tersebut dihuni oleh biawak-biawak hingga sekarang.

3. Goa Bangkang

Di desa Prabu, Pujut Lombok Tengah terdapat sebuah goa bernama goa Bangkang. Tepatnya diantara pantai Kuta dan Pantai Are Guling. Jalan masuk goa cukup tinggi dan lebar. Di dalamnya, kita bisa melihat dinding goa yang berwarna coklat dan hitam suasana goa gelap dan terdapat kelelawar di langit-langitnya. Kotoran-kotoran kelelawar itu menyebabkan bau menyengat ketika anda mulai memasuki goa.

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal_

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal_

4. Goa Susu

Goa yang satu ini terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani. Biasanya, goa ini digunakan untuk bermeditasi. Lubang masuk goa ini sempit. Menurut mitos, hanya orang-orang yang bersih lahir batinnya yang mampu masuk ke dalam goa. Di dalam goa, anda akan merasakan suhu yang panas dan berasap. Katanya, panas itu bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, terdapat bebatuan yang berbentuk seperti puting susu di dalam goa ini. Di setiap ujung bebatuan itu akan tampak air yang menetes. Rasa air yang menetes tersebut juga berbeda-beda. Oleh karena itulah goa ini dinamakan goa susu. Baca juga : Wisata Hiking di Lombok  yang Menarik

Goa Susu di Lombok, sumber ig fikrifirnino23

Goa Susu di Lombok, sumber ig @fikrifirnino23

5. Goa Lawah

Satu lagi tempat yang bisa anda kunjungi di lombok, yaitu goa lawah. Terletak di desa Lembah Sempage, Narmada Lombok Barat, goa ini dulunya digunakan sebagai tempat sembunyi para pahlawan dari serangan penjajah. Mulut goa lawah ini sangat luas. Tetapi ketinggian di dalam guanya hanya 5 cm. di gua ini juga dihuni oleh kelelawar-kelelawar. Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Lombok Barat

6. Goa Walet

Goa walet sebenarnya adalah sebuah goa yang terletak diantara dua air terjun. Dulunya, goa ini digunakan oleh burung walet untuk bersarang. Oleh sebab itu goa ini dekaligus air terjunnya dinamakan goa walet. Tempat wisata satu ini, terletak di dusun Kerandangan Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. Jika anda kesana, anda bisa sekaligus menikmati indahnya indahnya air terjunnya.

Air Terjun Goa Walet di Lombok, sumber ig luh_puji12

Air Terjun Goa Walet di Lombok, sumber ig @luh_puji12

7. Goa Tanjung Ringgit

Goa ini merupakan destinasi wisata yang terletak di sekitar Tanjung Ringgit. Tepatnya di kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Pintu goa Tanjung Ringgit terletak di atas dekat bibir pantai. Goa ini dihuni oleh kelelawar sehingga memunculkan bau yang kurang sedap.

Goa Tanjung Ringgit di Lombok Timur, sumber ig baiqnelyagustina

Goa Tanjung Ringgit di Lombok Timur, sumber ig @baiqnelyagustina

Itulah beberapa goa yang berada di Lombok. Semoga artikel di atas bisa membantu anda mengeksplor destinasi wisata goa di Lombok. Jika sahabat semua ingin berkunjung ke salah satu atau lebih diantara goa diatas. Kami dari jasa paket wisata lombok First Lombok Tour dengan senang hati bisa mengatur perjalanan wisata Anda dan rombongan. Selamat berlibur di pulau Lombok. Awas nanti betah dan tidak mau pulang, he he 🙂