Tak bisa dipungkiri, keindahan alam Lombok dari Sang Pencipta membawa banyak berkah tidak hanya bagi dunia pariwisata, namun juga untuk hal lainnya. Adanya gunung Rinjani yang elok, membuat jutaan orang berimpi untuk mendakinya. Keindahan bawah laut berbagai gili yang ada disekitar pulau Lombok, membuat berdecak kagum jutaan pasang mata, dengan cepat dikenal ke berbagai penjuru dunia, salah satunya akibat promosi baik berbayar atau gratis melalui internet. Semua itu kemudian mendatangkan ‘trafik’ manusia ke Lombok, yang membawa banyak peluang bisnis di pulau seribu masjid ini.

Jelas, orang yang pergi ke Lombok saat ini banyak didominasi untuk tujuan wisata. Ada pula yang ke Lombok untuk agenda bisnis, melamar anak gadis, menghadiri undangan teman dan sebagainya. Namun prosentase tujuan kehadiran ke Lombok adalah untuk tujuan wisata. Maka usaha penyedia jasa paket wisata Lombok adalah jenis usaha utama yang mendapatkan banjir order dari kejadian ini. Tak heran jika banyak travel agen berdiri di Lombok, bahkan sebagian ada yang dimiliki oleh orang luar negeri yang melihat peluang bisnis pariwisata di Lombok ini. Selain agen wisata Lombok, usaha apakah yang ikut maju dengan adanya potensi wisata yang luar biasa ini? Silahkan scroll kebawah untuk mengetahui lebih lanjut.

Hotel dan penginapan

Adanya banyak orang yang datang, tentu membutuhkan banyak tempat untuk beristirahat bukan? Setelah seharian berkeliling 3 gili misalnya (Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan), maka badan butuh istirahat cukup agar bisa melanjutkan perjalanan wisata di hari berikutnya. Maka sangat rasional jika usaha hotel dan penginapan dibutuhkan oleh wisatawan. Di Lombok sendiri, berdiri banyak jaringan hotel, mulai dari kelas melati hingga berbintang 5. Banyak investor dari luar negeri yang secara khusus membuat hotel di tempat-tempat terbaik, tentu karena mereka punya modal besar untuk melakukan itu, hal yang wajar karena mekanisme ekonomi kapitalisme yang dianut oleh negara ini.

Sheraton senggigi Lombok - Salah satu hotel terbaik di Lombok

Sheraton Senggigi Hotel Lombok

Seperti halnya hotel di Lombok yang memiliki banyak kelas. Penginapan di lombok pun seperti itu. Ada yang biasa saja, namun ada juga yang eksklusif. Kedepan akan ada banyak guest house yang ada di Lombok, karena menginap di guest house memiliki beberapa keuntungan dibandingkan tinggal di hotel atau penginapan. Baca juga : Hotel Mewah dan Terkenal di Lombok

Industri kerajinan

Saat orang pergi ke tempat wisata dimanapun itu, biasanya orang akan membutuhkan’bukti’ bahwa pernah pergi ke tempat tersebut. Karena hanya dengan omongan saja terkadang tidak cukup untuk membuat orang lain percaya. Selain jejak digital di dunia maya seperti status facebook, gambar di instagram, vlog di youtube dan sebagainya, rasanya kurang lengkap tanpa adanya barang khas penanda bahwa kita dari lombok. Maka kemudian muncullah banyak industri kerajinan aksesoris khas Lombok untuk buah tangan wisatawan. Mulai dari gelang, kalung, kaos, jaket, gantungan kunci dan sebagainya. Jadi, kapan Anda akan berlibur ke Lombok? 🙂

Lombok tak hanya soal pantai, ada banyak tempat menarik lain untuk dikunjungi.

Kuliner dan oleh-oleh khas Lombok

Makanan adalah kebutuhan mendasar manusia yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Karena selama masih hidup pasti butuh makan. Meski begitu, manusia tidak ingin sekedar makan, namun juga banyak yang terobsesi makan makanan yang enak. Nah, saat kita pergi ke Lombok, banyak yang penasaran untuk mencari tempat makan enak dan khas di Lombok. Maka tak heran jika dunia bisnis makanan Lombok ikut maju seiring dengan banyaknya wisatatawan yang ke Lombok.

Plecing Kangkung dan Sate Bulayak Khas Lombok, sumber ig hulaimisasaji

Sate Bulayak Khas Lombok, sumber ig @hulaimisasaji

Selain itu, para wisatawan juga butuh makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Lombok. Oleh-oleh khas Lombok tentu akan ditunggu oleh sahabat, teman kantor dan keluarga kita dirumah. Maka industri oleh-oleh khas lombok akan ikut maju sejalan dengan majunya dunia wisata di Lombok. Baca juga : 7 Kuliner Khas Lombok

Apakah hanya terbatas pada 3 bisnis diatas? Tentu tidak. Masih ada banyak usaha yang terkena cipratan untung dari pariwisata lombok, seperti usaha rental mobil, sewa bus, sewa motor, pemandu wisata dan sebagainya. Maka seyogyanya potensi wisata alam di Lombok ini dikelola dengan baik. Agar masih bisa bermanfaat hingga generasi setelah kita. Terimakasih sudah berkenan membaca artikel ini, boleh share ke sosial media yang tersedia.