468

Tak jauh beda dengan Bali, Pulau Lombok juga terkenal dengan keindahan pantai dan biota lautnya. Bahkan, Lombok sekarang semakin dikenal wisatawan karena banyaknya destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat. Berbagai lokasi wisata di pulau yang tidak terlalu luas ini menawarkan keindahan alam yang menawan dan selalu digemari banyak pengunjung. Tak sedikit traveler yang mencari tempat wisata Lombok dekat pelabuhan dengan alasan mudah untuk dijangkau.
Lombok sendiri memiliki banyak pelabuhan, di antaranya pelabuhan Lembar yang merupakan pintu masuk pulau ini. Selain itu, juga ada beberapa pelabuhan lainnya seperti pelabuhan Bangsal, pelabuhan Senggigi, dan pelabuhan Kayangan.

Tempat Wisata Lombok Dekat Pelabuhan Lembar

Bingung cari tempat wisata di Lombok yang dekat dengan pelabuhan? Simak baik-baik, inilah informasi tempat wisata Lombok dekat pelabuhan Lembar yang wajib untuk anda kunjungi.

1. Pantai Cemare

Pantai Cemare berada di barat daya pelabuhan Lembar, memang cukup populer bagi wisatawan lokal. Selalu ramai dikunjungi siang maupun malam, terlebih pada saat hari libur atau hari tertentu. Lokasi wisata Cemare dapat anda tempuh dengan jarak 2 km saja dari pelabuhan Lembar melewati laguna dan hutan bakau. Tetapi kebanyakan wisatawan memilih menggunakan jalur darat karena dapat diakses semua jenis kendaraan.

Pantai Cemare Lombok, sumber ig darma.one.dh

Pantai Cemare Lombok, sumber ig @darma.one.dh

2. Makam Keramat

Merupakan salah satu wisata religi yang sangat unik, sesuai dengan namanya, karena makam tersebut berada di tengah laut, perairan Lembar. Masyarakat mempercayai bahwa makam keramat adalah tempat sakral, yakni makam seorang wali penyebar agama islam di Pulau Lombok bagian barat. Berada satu kompleks dengan pantai cemare, namun harus melewati 1 km hutan bakau yang dipenuhi sentigi dan bunga ungu merambat. Untuk mencapainya bisa menggunakan sepeda motor.

3. Gunung Batu Idung

Salah satu destinasi wisata yang panoramanya indah menawan dan bisa melakukan kegiatan Paralayang adalah wisata Gunung Batu Idung. Destinasi ini mendadak terkenal semenjak beberapa bulan terakhir ini sering dikunjungi wisatawan untuk bermain paralayang dan gantole. Berada di Dusun Grebegan, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan pelabuhan Lembar, hanya berjarak kurang lebih 9 km. Dinamakan Batu Idung karena bentuknya yang menyerupai hidung manusia. Baca juga : tempat wisata hiking di pulau Lombok

Bukit Idung Gerung Lombok Barat, sumber ig arusalkhopiqoini

Bukit Idung Gerung Lombok Barat, sumber ig @arusalkhopiqoini

4. Pantai Induk

Pantai induk ini lokasinya masih dekat dengan pelabuhan Lembar yang berjarak kurang lebih 5 km. Pesonanya tak kalah menarik dari pantai Cemare. Pantai ini dihiasi dengan hamparan pasir putih dan pohon kelapa yang berjajar di pinggiran pantai.

5. Hutan Mangrove Lembar

Hutan magrove yang terletak di kawasan pesisir pantai ini memiliki luas areal sebanyak 90 hektar. Lokasinya di Kampung Orong Bukal, Dusun Pasanggaran, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Lombok Barat berjarak 3 km dari pelabuhan Lembar. Keunikan hutan ini yaitu berbentuk huruf “O” di sepanjang aliran muara sungai ini nampak indah dan eksotis.

6. Gili Kedis

Keindahan Lombok tidak hanya berada pada Gili Trawangan, ada Gili Kedis yang keindahannya juga menakjubkan. Untuk sampai ke Gili Kedis anda perlu melakukan perjalanan ke pelabuhan Sekotong Tengah. Tak ada dermaga di pelabuhan ini, karena hanyalah pelabuhan para nelayan. Untuk menyeberang ke Gili Kedis anda dapat menyewa kapal motor nelayan. Jaraknya hanya 20 menit perjalanan. Aktivitas snorkeling, berjemur, dan berenang atau sekedar bersantai serasa di privat island dapat dirasakan di sana.

Kesukaan pemandu wisata, Gili Kedis Lombok, sumber ig travelspotindonesia

Gili Kedis Lombok, sumber ig @travelspotindonesia

7. Desa Banyumelek

Salah satu desa wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Lombok adalah Desa Banyumelek. Desa ini merupakan pusat berbagai kerajinan keramik yang sangat khas. Gerabah dan keramiknya adalah barang berkualitas ekspor. Desa Banyumelek berada di Kecamatan Kediri, Lombok Barat. Berjarak 14 km dari pelabuhan Lembar.

Tidak puas dengan 7 tempat wisata dekat pelabuhan Lembar ini? Masih ada banyak tempat wisata di Lombok Barat yang menarik untuk dikunjungi. Jika membutuhkan agen perjalanan wisata untuk liburan di Lombok, bisa juga menghubungi kami dari First Lombok Tour. Kami akan membantu mengatur perjalanan wisata lombok Anda dan rombongan agar lebih menyenangkan. Oh ya, jika berkenan silahkan share artikel ini ke sosial media yang ada. Semoga bermanfaat.