Sirkuit MotoGP adalah lintasan yang digunakan untuk ajang balapan motor bergengsi. Sirkuit juga Memiliki profil dan trek serta desain yang memiliki aturan serta regulasi yang ditetapkan oleh penyelenggara ajang balap MotoGP seperti Dorna Sports, Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan motogp dan bekerjasama dengan FIM (Federasi Motor Internasional) dan juga sebagai penanggung jawab terhadap kualitas penyelenggaraan motor GP hingga mengurusi Sponsor.

Sebelumnya Indonesia sendiri pernah merasakan ikut serta sebagai tuan rumah ajang balap motor bergengsi di tahun 1996 dan 1997 yang diadakan di Internasional Sirkuit Sentul tepatnya di Jl. Sentul International Circuit, No. Km. 42, Desa Kadumanggu, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun karena spesifikasi dan regulasi sirkuit telah berubah sehingga sirkuit tersebut tidak memenuhi syarat sebagai sirkuit balap MotoGP.

Sirkuit Mandalika Lombok, Sumber: Instagram/@jimmy_surfskate

Gelaran MotoGP merupakan ajang balap yang diselenggarakan per musim yang artinya diselenggarakan setiap tahunnya di berbagai belahan negara. Indonesia kini memiliki Sirkuit baru yang dapat mendukung ajang balap MotoGP bergengsi. Dan sirkuit tersebut adalah Sirkuit Mandalika yang lokasinya berada di daerah Lombok.

Apa itu Sirkuit Mandalika?

Sebelum anda mengetahui apa itu sirkuit mandalika, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa itu Kawasan Wisata Mandalika. Kawasan wisata ini terletak di bagian selatan pulau Lombok yang memiliki wisata bahari dan pesona pantai serta bawah laut yang mempesona. Nama Mandalika sendiri berasal dari Tokoh legenda yaitu Puri Mandalika yang memiliki Paras yang cantik. Karena alasan potensi wisata inilah, sehingga sirkuit Mandalika dibuat.

Sirkuit Mandalika adalah kawasan yang menjadi arena balap MotoGP dengan perencanaan pembangunan dilakukan di tahun 2021. Selain alasan diatas, pembangunan sirkuit ini diharapkan menjadi daya Tarik wisata lokal maupun internasional karena letaknya yang strategis yaitu berada di tempat Wisata Mandalika serta berdekatan dengan Pulau Dewata Bali.

Lokasi Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika secara administratif berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak dari pusat Kota Mataram sekitar 49,1 km atau waktu tempuh 1 jam 4 menit. Sedangkan dari jarak Kecamatan Praya atau Ibukota Kabupaten Lombok Tengah sekitar 32,2 km atau waktu tempuh 50 menit.

Jika suatu saat anda ingin pergi melihat keindahan Sirkuit Mandalika sembari menikmati keindahan destinasi wisata Pulau Lombok. Namun, tidak memiliki kendaraan dan berencana menyewa mobil, alangkah baiknya anda harus mengetahui tips sewa mobil agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

View Sirkuit Mandalika Lombok, Sumber: Instagram/@jimmy_surfskate

Selain itu, di Pulau Lombok juga banyak tersedia jasa penyewaan mobil profesional yang menjadi rekomendasi untuk Anda, salah satunya First Lombok Tour. Berbagai pilihan paket wisata juga disediakan oleh First Lombok Tour yang bisa dengan bebas anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Alasan Pembangunan Sirkuit Mandalika

Walaupun Mandalika ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan tentunya telah banyak menarik banyak wisatawan lokal bahkan internasional untuk berkunjung, namun pemerintah tetap mencanangkan pembangunan Sirkuit MotoGP. Alasannya karena dengan pembangunan Sirkuit tersebut akan membuka banyak lapangan pekerjaan serta memperbesar pemasukan negara di bidang kepariwisataan.

Pembangunan Sirkuit Mandalika telah menarik perhatian banyak orang apalagi untuk mendukung ajang kegiatan bergengsi seperti MotoGP. Dengan demikian pemasukan negara serta nama negara akan terus terkenal di dunia internasional, ditambah lagi Sirkuit ini pada tahun 2022 akan menjadi tuan rumah perhelatan MotoGp dan Superbike World Championship sekalian dapat menjadi ajang pengenalan wisata serta mendongkrak pariwisata nasional.

Setelah pembangunan yang direncanakan akan selesai di tahun 2021, beberapa potensi positif yang akan di dapat negara yaitu sebagai berikut:

  1. Membawa nama negara terkenal dimata dunia.
  2. Meningkatkan pendapatan ekonomi negara.
  3. Memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal.
  4. Meningkatkan kepariwisataan nasional.
  5. Mengenalkan kebudayaan Indonesia yang beragam.

Jumlah Tikungan

Tikungan pada Sirkuit mandalika berjumlah sebanyak 17 tikungan. Sebenarnya tikungan ini tidak sesuai dengan perencanaan awal yang sebelumnya. Karena rencana awal pembangunan akan terdapat 19 tikungan. namun karena ada satu dan lain hal membuat tikungan yang direncanakan sebelumnya berkurang.

Pesona Sirkuit Mandalika Lombok, Sumber: Instagram/@jimmy_surfskate

Sirkuit Mandalika memiliki panjang total 4.32 km dan penempatan tikungan dibuat agar mendapatkan kenyamanan saat berkendara atau safety riding. Untuk mengetahui posisi tiap tikungan di Sirkuit ini maka dapat dilihat pada pembahasan berikut ini:

  1. Tikungan pertama berada sejauh 450 m dari garis start.
  2. Tikungan kedua berada sejauh 750 m dari garis start.
  3. Tikungan ketiga berada sejauh 800 m dari garis start.
  4. Tikungan keempat berada sejauh 850 m dari garis start.
  5. Tikungan kelima berada sejauh 1000 m dari garis start.
  6. Tikungan keenam berada sejauh 1100 m dari garis start.
  7. Tikungan ketujuh berada sejauh 1400 m dari garis start.
  8. Tikungan kedelapan berada sejauh 1600 m dari garis start.
  9. Tikungan sembilan berada sejauh 1800 m dari garis start.
  10. Tikungan kesepuluh berada sejauh 2200 m dari garis start.
  11. Tikungan ke sebelas berada sejauh 2700 m dari garis start.
  12. Tikungan kedua belas berada sejauh 2900 m dari garis start.
  13. Tikungan ketiga belas berada sejauh 3100 m dari garis start.
  14. Tikungan keempat belas berada sejauh 3300 m dari garis start.
  15. Tikungan kelima belas berada sejauh 3600 m dari garis start.
  16. Tikungan keenam belas berada sejauh 3850 m dari garis start.
  17. Tikungan ketujuh belas berada sejauh 4000 m dari garis start.

Daya Tampung Penonton

Sirkuit Mandalika dapat menampung penonton hingga 150 ribu untuk dimasa normal dan kondusif, namun jika keadaan masih tidak kondusif seperti sekarang maka hanya dapat menampung sebanyak 114 ribu penonton. Untuk rincian penempatan penonton, penonton lokal menempati 40% dari sirkuit diluar dari pada itu ditargetkan untuk wisatawan mancanegara.

Untuk lebih jelasnya, sirkuit ini berdiri di area dengan luas sekitar 1.035,6 hektar dengan posisi menghadap langsung ke arah Samudra Hindia. Untuk saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika telah mencapai pembangunan hingga 70%. Pembangunan yang dilakukan bekerja sama dengan perusahaan konstruksi di Jakarta.