Berwisata ke Pulau Lombok, belum lengkap kiranya jika kita tidak membeli oleh-oleh khasnya. Selain dikenal dengan pulau yang memiliki berbagai keindahan wisata pantai dan air terjun, ternyata Pulau Lombok memiliki berbagai oleh-oleh yang wajib untuk kita bawa pulang. Apa saja oleh-oleh khas Pulau Lombok yang paling banyak dicari? Demikian rangkuman yang telah disiapkan Tim First Lombok Tour untuk Anda.

Oleh-Oleh Khas Pulau Lombok

Oleh-oleh khas sebagai buah tangan saat berwisata ke suatu tempat menjadi sebuah hal yang selalu diburu. Mulai dari makanan khas, hingga barang-barang unik menjadi hal-hal yang menarik untuk terus diulik. Begitu juga ketika kita berwisata ke Pulau Lombok. Kita akan menemukan berbagai pilihan oleh-oleh khas yang paling banyak dicari wisatawan. Apa saja oleh-oleh khas tersebut? Mari kita simak tulisan ini bersama.

Kain Tenun Songket Sasak

Kain Tenun Songket Sasak merupakan salah satu oleh-oleh khas yang paling banyak diburu oleh para pelancong saat berwisata ke Pulau Lombok. Motifnya yang beraneka ragam membuat siapapun pasti tertarik melihatnya. Pembuatan kain songket ini masih menggunakan metode yang sangat tradisional dengan mengandalkan tenaga manusia tanpa bantuan mesin sama sekali.

Sebagian besar pengerajin kain tenun ini merupakan kaum perempuan Suku Sasak. Mereka sudah belajar menenun dengan alat-alat tradisional sejak mereka masih muda. Bagi Suku Sasak, menenun kain songket tradisional bukan hanya sebagai cara mencari penghidupan. Kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk melestarikan adat dan budaya mereka.

Kain Tenun Songket Sasak, Sumber ig @ihwanhariyanto

Kain Tenun Songket Sasak, Sumber ig @ihwanhariyanto

Kerajianan Mutiara

Pulau Lombok juga terkenal dengan kerajian perhiasan berbahan dasar mutiara. Salah satu daerah yang paling banyak menghasilkan kerajianan ini adalah Kampung Sekarbela. Sebagian besar penduduk di kampung tersebut adalah pengerajin perhiasan mutiara. Sehingga paea wisatawan bisa menemukan outlet atau toko perhiasan mutiara yang berjajar di sana. Selain bisa membeli langsung, ternyata perhiasan mutiara bisa dipesan sesuai dengan desain dan keinginan. Semakin mantab bukan?

Mutiara Lombok, Sumber ig @mutiaralombok153

Mutiara Lombok, Sumber ig @mutiaralombok153

Madu Sumbawa

Madu adalah salah satu produk yang telah dimanfaatkan manusia sejak jaman dahulu. Karena madu dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Diantaranya adalah sebagai campuran makanan dan minuman, sebagai obat, bahkan sebagai bahan kosmetik untuk merawat kecantikan kulit. Di Indonesia terdapat banyak daerah yang memiliki produk madu lokal. Satu diantaranya adalah Sumbawa. Madu Sumbawa terkenal dengan teksturnya yang lebih kental dan khasiatnya beragam. Oleh karena itu banyak wisatawan yang mengincar madu ini sebagai oleh-oleh. Selain dipasarkan di Sumbawa, ternyata madu Sumbawa juga telah banyak dijajakan di Pulau Lombok dan menjadi oleh-oleh khas bagi wisatawan.

Madu Sumbawa, sumber ig @mahesaridho55141

Madu Sumbawa, sumber ig @mahesaridho55141

Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar atau yang kini lebih dikenal dengan Susu Kuda Sumbawa juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Pulau Lombok yang banyak dicari oleh wisatawan. Rasanya yang lebih gurih dan khasiatnya yang melimpah membuat susu ini berbeda dengan susu murni lainnya.  Maka dari itu banyak para wisatawan yang ketagihan setelah mencoba susu kuda khas Sumbawa ini.

Susu Kuda Sumbawa didapatkan dari proses pemerahan susu kuda-kuda Sumbawa. Kuda-kuda ini unik karena metode peternakannya adalah dengan dilepas di hutan atau padang rumput. Dari metode peternakan ini muncullah sebutan Susu Kuda Liar. Walaupun tempat asal produk ini di daerah Sumbawa, namun Susu Kuda Sumbawa dapat ditemukan di beberapa toko oleh-oleh di Pulau Lombok.

Susu Kuda Sumbawa, sumber ig @susu_kuda_88

Susu Kuda Sumbawa, sumber ig @susu_kuda_88

Kopi Lombok

Kopi menjadi salah satu minuman yang aktab dengan masyarakat Indonesia. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil kopi dengan kualitas baik. Selain laris di pasar dalam negeri, beberapa jenis kopi juga berhasil di ekspor ke luar negeri. Terlebih lagi keragaman rasa kopi Indonesia yang luas, karena setiap daerah di Indonesia memiliki kopi yang khas.

Kopi yang ditanam di Aceh memiliki karakter yang berbeda dengan kopi yang ditanam di Jawa. Karena rasa dan aroma kopi sangat dipengaruhi kondisi lingkungan tempatnya ditanam.  Salah satu kopi yang memiliki karakter kuat adalah Kopi Lombok. Banyak orang yang menyebut Kopi Lombok sebagai kopi hitam dengan rasa yang ringan. Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang penasaran dan menjadikannya sebagai oleh-oleh saat berwisata ke Lombok.

Kopi Lombok, sumber ig @fatra_jaya

Kopi Lombok, sumber ig @fatra_jaya

Demikian beberapa oleh-oleh khas yang dapat Anda jumpai di Lombok. Jangan lupa untuk membawa salah satu diantanya sebagai buah tangan saat Anda berwisata ke Pulau Lombok. Karena oleh-oleh khas tersebut hanya dapat Anda temui di sana. Bagi Anda yang penasaran dengan jajanan khas Lombok Anda bisa mencari informasinya di sini.