Liburan ke pulau lombok tidak terasa lengkap tanpa membawa pulang berbagai macam oleh-oleh khas Lombok. Lombok terkenal dengan berbagai makanan khas dan kerajinannya. Banyak souvenir yang cocok untuk anda bawa pulang seperti perhiasan mutiara, kain tenun, jajanan khas Lombok serta baju khas Lombok. Karena banyaknya hal yang sayang jika dilewatkan, menarik minat para pelancong ketika berlibur ke Lombok. Kali ini kami akan membahas mengenai 8 Daftar Tempat Belanja Murah di Lombok.

Daftar Tempat Belanja Murah Di Lombok

Setelah mengetahui tempat belanja murah di Lombok ini, selanjutnya skill tawar menawar yang penting Anda miliki agar mendapatkan harga yang murah. Maklum, terkadang di tempat wisata, karena tahu kita adalah wisatawan maka harga barang akan dinaikkan. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat belanja murah di Lombok yang perlu anda ketahui.

1. Mataram Craft Center (MCC)

Mataram Craft Center berlokasi di Sekarbela di kota Mataram. Di tempat ini anda dapat membeli berbagai oleh-oleh berupa perhiasan mutiara di Lombok. Anda dakan disajikan toko-toko sepanjang jalan yang menawarkan perhiasan mutiara. Mutiara Lombok memang sangat terkenal, terdiri dari dua jenis yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air tawar harganya lebih murah yakni hanya puluhan ribu sampai ratusan. Sedangkan mutiara air laut harganya dapat mencapai puluhan juta. Pernak pernik tersebut diantaranya adalah gelang, bros, kalung dan lain-lain. Oh ya, tak hanya Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Timur memang terkenal merupakan salah satu penghasil mutiara, maka tak heran jika anda mampir ke Labuan Bajo juga menemukan kerajinan mutiara sebagai salah satu oleh-oleh khas disana.

Mutiara khas Lombok, sumber ig yantimutiara15

Mutiara khas Lombok, sumber ig yantimutiara15

2. Taman Hutan Suranadi

Taman ini terkenal dengan wisata kuliner Lombok. Yang menjadi primadona mengenai kulinernya yakni sate bulayak. Tampan suranadi terletak di Lombok Barat dan sangat ramai dikunjungi, terutama akhir pekan. Anda juga dapat mencoba berbagai jenis dodol berbagai macam rasa di tempat ini.

Penjual Sate Bulayak di dekat Hutan Wisata Suranadi, sumber ig panduishaq

Penjual Sate Bulayak di dekat Hutan Wisata Suranadi, sumber ig @panduishaq

3. Pasar Seni Sayang-sayang

Nama pasar ini memang cukup unik, lebih unik lagi karena lokasi pasar ini di wilayah sayang-sayang, kota Mataram. Di tempat ini para wisatawan dapat membeli aneka kerajinan khas Lombok seperti anyaman rotan, kain tenun, kerajinan kayu dan lain-lain. Kerajinan kayu khas Lombok memiliki keunikan yakni berupa cukli. Cukli sendiri merupakan ornamen dari kulit kerang yang menghiasi kerajinan kayu agar terlihat indah.

4. Pasar Seni Kute di Lombok

Di sepanjang jalan dekat pantai kuta di Lombok, anda dapat menjumpai berbagai aksesoris yang membuat anda ingin membelinya. Banyak kreativitas berupa kerajinan tangan yang dibuat seperti gelang, kalung, cincin yang berbahan mutiara atau kerang.

5. Desa Pringgasela

Desa pringgasela adalah desa penghasil kain tenun yang terkenal di Lombok. Kain tenun yang diminati oleh wisatawan adalah kain tenun pringgasela yang berupa sari menanti dan pucuk rebung yang indah. Dua kain ini juga sudah mulai dilestarikan yakni sebagai seragam wajib PNS. Art shop yang menjual berbagai pernak pernik khas Lombok sudah bisa ditemukan disini. Anda juga dapat melihat dimulai dari proses pembuatan sampai barang jadi.

Proses menenun di desa Pringgasela Lombok, sumber ig lhohans

Proses menenun di desa Pringgasela Lombok, sumber ig @lhohans

6. Desa Adat Sade

Desa ini terkenal dengan harga yang cukup terjangkau untuk kain tenun khas Lombok. Lokasi Desa adat sade berada di Lombok Tengah, jaraknya sekitar 15 KM dari Bandara Internasional Lombok. Desa ini menjadi alternatif lain tempat belanja murah di Lombok.

Kerajinan kain tenun di Desa Sade Lombok, sumber ig seruputkopii_

Kerajinan kain tenun di Desa Sade Lombok, sumber ig seruputkopii_

7. Pasar Cakranegara

Pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Lombok. Selain luas pasar ini menyediakan berbagai macam souvenir sehari-hari atau pantas untuk dijadikan oleh-oleh. Pasar ini menyediakan berbagai jenis oleh-oleh seperti kerajinan tangan, kuliner sampai kain tenun khas Lombok.

8. Desa Banyumulek

Desa banyumulek berlokasi di Kediri, Lombok barat. Tempat ini merupakan sentra industri gerabah seantero pulau Lombok. 80% penduduk lokal berkecimpung pada pekerjaan tersebut. Di tempat ini anda dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan berhiaskan cukil dan kerang mutiara yang memukau.

Selamat berbelanja ya. Ada banyak barang kerajinan yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau kolega selepas liburan ke Lombok. Bisa juga anda membeli pernak-pernik untuk dipakai atau digunakan sebagai pemanis hiasan di sudut rumah Anda. Berkreasilah dan biarkan pikiran kreatif anda membuncah saat mengunjungi tempat belanja murah di Lombok tersebut. Namun ingat ya, perhatikan isi kantong anda, jangan sampai terkuras habis, berbahaya. Sekian artikel informasi dari kami First Lombok Tour, semoga bisa bermanfaat bagi calon wisatawan yang akan berkunjung ke pulau Lombok. 🙂