Dari berbagai air terjun, Apakah Anda pernah mendengar nama air terjun Tiu Sekeper? Mungkin cukup asing tentunya, dibandingkan Air Terjun Benang Kelambu, Benang Stokel, Mangku Sakti, Umar Maya, dan beberapa air terjun lainnya.

Lombok memang menyimpan sejuta objek wisata yang seakan tidak habisnya untuk dijadikan bahan cerita dan tulisan. Beragam objek wisata di Pulau Lombok dengan keunikannya tersendiri yang mampu memikat hati Wisatawan untuk berkunjung, baik Wisatawan Lokal, Nasional, hingga Mancanegara.

Hampir setiap hari Wisatawan terus berdatangan ke Pulau Lombok untuk menjelajahi objek wisata dari wisata pantai hingga wisata air terjun. Air terjun di Pulau Lombok, memang sangat banyak dan memiliki keindahan tersendiri.

Lokasi Tiu Sekeper

Tiu Sekeper, sumber ig rudy_rudedz
Tiu Sekeper, sumber ig rudy_rudedz

Secara administratif Air Terjun Tiu Sekeper termasuk dalam wilayah Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak dari pusat kota Mataram sekitar 61,1 km atau waktu tempuh 1 jam 48 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Tepatnya berada di Bukit Sekeper atau sebelah barat laut Gunung Rinjani.

Lokasi air terjun ini di dalam hutan yang masih sangat alami, bahkan bisa dikatakan tersembunyi. Di Desa Santong, setidaknya terdapat 4 Objek wisata Air Terjun, yakni Air terjun Tiu Bumbung, Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Tiu Sekeper dan Air Terjun Tiu Sampurarung.

Keempat Air terjun di wilayah Santong ini memiliki keunikan masing-masing. Jadi, jika Anda mengunjungi objek wisata Air Terjun Tiu Sekeper di Desa Santong, perjalanan anda akan terasa kurang lengkap jika tidak mengunjungi ketiga objek wisata air terjun lainnya.

Keindahan Alam Tiu Sekeper

Air terjun Tiu Sekeper merupakan air terjun tertinggi di Lombok dan salah satu dari 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Nama Tiu Sekeper terdiri dari dua kata yang memiliki makna, “Sekeper” diambil dari nama bukit tempat air terjun ini berada, Bukit Sekeper. “Tiu” sendiri dalam bahasa sasak bisa diartikan kolam atau bendungan.

Tiu Sekeper, sumber ig dairyku__
Tiu Sekeper, sumber ig dairyku__

Karena lokasi air terjun ini di dalam hutan tersembunyi sehingga pesona keindahan alamnya masih terjaga dengan baik. Pepohonan yang menjulang tinggi, rindang, dan masih hijau asri membuat mata tidak bosan untuk melihatnya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa dengan bebas mandi, bermain air, menikmati keindahan alam dengan hening, atau bisa juga mengabadikan momen melalui foto.

Ditambah air terjun yang jatuh dari ketinggian 102 meter di antara pepohonan yang rindang dan hijau menambah pesona tersendiri. Kolam utama memiliki kedalaman sekitar 10 meter, cocok bagi Anda yang suka menyelam atau berenang. Tetapi bagi Anda yang tidak suka berenang pada kedalaman hingga 10 meter bisa berenang sekitar kolam utama yang lebih aman untuk Anda.

Waktu dan Tiket Masuk Tiu Sekeper

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini yakni pukul 07.00 s/d 16.00 agar pulang tidak terlalu kemalaman. Mengenai tiket tidak dikenakan biaya masuk ke spot wisata ini. Wisatawan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan dan biaya pemandu wisata yang dibayar seikhlasnya.

Akses Menuju Tiu Sekeper

Akses menuju ke spot wisata alam yang satu ini memang agak sulit jika menggunakan alat transportasi umum. Kami menyarankan untuk menggunakan alat transportasi pribadi atau jasa sewa mobil yang ada di Lombok. Waktu tempuh dari Kota Mataram ke Desa Santong sekitar 1 jam 48 menit atau bahkan 2 jam. Dari Desa Santong Santong jalan kaki sejauh kurang lebih 4 jam untuk mengunjungi Air Terjun di Lombok ini.

Tips Mengunjungi Tiu Sekeper

Beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi salah satu air terjun di Lombok ini untuk Anda persiapkan, adalah :

Tiu Sekeper, sumber ig indonesiatropic
Tiu Sekeper, sumber ig @indonesiatropic
  1. Waktu yang dibutuhkan selama kurang lebih 4 Jam perjalanan di tengah hutan, dengan trek yang turun naik, pastikan Anda cukup membawa Bekal seperti makanan, snack, dan air minum.
  2. Gunakan Baju dan Celana panjang, ini jadi pertimbangan karena akan melewati jalan setapak selebar satu kaki dan bergesekan dengan rumput dan ranting pohon.

    Ada banyak jenis tanaman hutan yang jika tersentuh kulit bisa mengakibatkan rasa gatal yang cukup merepotkan. Gunakan sandal gunung, atau sepatu, karna di beberapa trek ada tanah becek berlumpur.
  3. Setelah sampai ke lokasi wisata alam, pastikan Anda istirahat yang cukup, mandi bila perlu agar badan Anda terasa lebih segar.
  4. Sebelum memutuskan untuk kembali pulang, karena Anda akan kembali melawati trek dengan jalur yang sama. Pastikan kondisi fisik sudah terasa sudah aman dan kuat untuk melanjutkan perjalanan pulang.
  5. Kolam ini memiliki kedalaman diatas 10 meter. Sebaiknya Anda tidak mandi di kolam utama air terjun, terutama bagi Anda yang tidak terlalu bisa berenang. Ada beberapa tempat di lokasi air terjun yang aman digunakan untuk mandi.
  6. Jika masih punya waktu dan tenaga, ketika sampai di pos pemberangkatan bisa menjelajahi air terjun lainnya yang ada di Desa Santong. Selain itu bisa juga mencari tempat penginapan untuk melanjutkan perjalanan menjelajahi air terjun lainnya di keesokan hari.

Saran Tambahan

Agar lebih aman dan nyaman, sebaiknya perlu ditemani oleh pemandu wisata. Sebab perjalanan menuju lokasi terpencil dan jarang wisatawan bisa memahami lokasi hanya dengan sekedar melihat maps. Jadi, dengan pemandu wisata yang notabene merupakan warga lokal, Anda dapat lebih aman.

Itu dia ulasan terkait informasi Air Terjun Tiu Sekeper. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata Lombok bagi Anda. Simak ulasan first lombok tour lainnya.