Air terjun di Lombok Barat adalah beberapa diantara 20 lebih obyek wisata air terjun Lombok yang sayang untuk dilewatkan. Karena semua obyek wisata ini memiliki daya tarik dan keindahan yang barangkali tidak ditemukan di lokasi lainnya. Lokasi obyek wisata ini tersebar dan terdapat beberapa Air terjun di Lombok Barat.

Jika Anda berkesempatan untuk wisata di Lombok, tidak ada salahnya sesekali rehat dari pantai dan mencoba mengunjungi obyek wisata air terjun di Lombok. Suasana alamnya berbeda, namun sensasi kepuasan yang didapatkan tidak kalah.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba mengunjungi obyek-obyek wisata air terjun di Lombok, terdapat beberapa yang bisa dikunjungi. Pada kesempatan ini, tim redaksi kami berhasil merangkum 5 diantara beberapa obyek wisata air terjun di Lombok.

Air Terjun di Lombok Barat

Daya tarik Lombok sebagai daerah destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habis-habisnya. Banyak lokasi dan obyek wisata yang mempesona bisa ditemukan. Simak ulasan berikut ini tentang 5 air terjun Lombok Barat yang mempesona.

Air Terjun Timponan di Lombok Barat, sumber ig zlatan_rama

Air Terjun Timponan, sumber ig @zlatan_rama

1. Air Terjun Timponan

Kawasannya yang masih sangat asrih dan alami membuat siapa saja penasaran dengan keindahan air terjun yang satu ini. Berlokasi di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Air terjun dengan ketinggian lebih dari 45 meter ini memiliki sebuah kolam alami di bagian bawahnya. Sehingga para pengunjung dapat menikmati kesegaran airnya dengan mandi atau sekedar bermain air.

Untuk menikmati keindahan air terjun ini kita membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan darat dari Kota Mataram, kemudian diteruskan dengan melewati jalan setapak membelah hutan dan perkebunan milik warga. Walaupun memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, namun keindahan Air Terjun Timponan akan mampu membayar lunas pengorbanan kita.

Air Terjun Batu Butir atau Aiq Kelep di Lombok Barat, sumber ig adhy_nata

Air Terjun Batu Butir, sumber ig @adhy_nata

2. Air Terjun Batu Butir

Batu Butir merupakan salah satu nama air terjun yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di Dusun Batu Butir, Desa Medas, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Selain lingkungannya yang asrih dan sejuk, keunikan lainnya dari air terjun ini adalah jumlah dari air terjunnya.

Di objek wisat air terjun ini terdapat lima air terjun, emat diantaranya saling berdekatan. Pemandangan hijau rindang pepohonan yang asrih ditambah dengan suara air terjun yang menenangkan menghasilkan sebuah perpaduan keindahan yang menenangkan jiwa.

Air Terjun Kebon Baru, sumbe FB Pulau Lombok

Air Terjun Kebon Baru, sumbe FB Pulau Lombok

3. Air Terjun Kebo Baru

Air Terjun Kebon Baro terletak tepat di Dusun Kebon Baru, Desa Giri Madya, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu objek wisata di Lombok ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Mataram.

Perjalanan dari Mataram menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama kurang dari satu jam, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju titik lokasi air terjun dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit.

Terdapat dua tingkatan air terjun di lokasi ini. Tingkatan yang pertama setinggi 30 meter, sedangkan yang kedua setinggi 10 meter. Debit air di air terjun ini tidak terlalu deras, sehingga sangat aman untuk dimanfaatkan untuk mandi atau bermain air. Namun demikian, kita tetap harus berhati-hati saat bermain-main di bawah deburan air terjun ini.

Air Terjun Asin Tanjung Jagog, sumber ig lombok24jam

Air Terjun Asin Tanjung Jagog, sumber ig @lombok24jam

4. Air Terjun Asin Tanjung Jagog

Tanjung Jagog memang terkenal dengan pantainya yang indah dengan perpaduan pasir putih, birunya air laut dan cerahnya langit. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan memperbincangkan pantai yang menawan dari salah satu objek wisata yang berada di Lombok Barat ini. Tapi kita akan membahas tentang salah satu fenomena alam yang unik yang sering disebut oleh warga sekitar sebagai Air Terjun Asin Tanjung Jagog.

Sebenarnya, air terjun ini bukan berasal dari sungai atau sumber air pegunungan, melainkan berasal dari ombak yang menyapu karang tinggi. Air yang kembali ke laut ini seolah-olah terlihat deperti air terjun, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Air Terjun Asin Tanjung Jagog.

Saat mengunjungi objek wisata yang satu ini Anda harus hati-hati, khususnya pada saat berada di atas tumpukan karang. Selain licin, Anda harus waspada dengan tepian karang yang tajam dan terjal.

Air Terjun Kumbi, sumber ig dyanoktav

Air Terjun Kumbi, sumber ig @dyanoktav

5. Air Terju Kumbi

Air terjun Kumbi berada di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Rute yang ditempuh jika berangkat dari Mataram melewati Narmada kemudian Sesaot hingga Balai Taman Hutan Raya Nuraksa dengan waktu tempuh berkisar dua jam.

Untuk menuju ke sini, para wisatawan hanya dapat menggunakan kendaraannya hingga area parkir Taman Hutan Raya Nuraksa. Setelah itu para wisatawan melanjutkan dengan berjalan kaki dengan rute normal dan menurun. Lokasi wisata tidak membutuhkan biaya tiket masuk dan sudah memiliki fasilitas wisata yang memadai.

Itu dia obyek-obyek wisata air terjun di Kabupaten Lombok barat yang mempesona. Semoga bisa menjadi informasi yang menarik dan menghibur pembaca sekalian. Simak ulasan wisata Lombok lainnya di firstlomboktour.com.