Air terjun Benang Kelambu adalah satu diantara sekitar 30 obyek wisata air terjun di Lombok. Banyaknya obyek wisata jenis ini di Lombok membuat para wisatawan tidak jenuh dengan pantai-pantai di Lombok yang sudah hampir setiap hari dikunjungi.

Adanya obyek wisata jenis ini di Pulau Lombok juga menjadi alternatif bagi siapapun yang senang berbasah-basahan. Karena dibandingkan dengan laut yang nota bene asin, wisata alam ini memiliki sensasi kesegaran yang berbeda.

Sambil menikmati kesegarannya, para wisatawan juga dapat melihat berbagai pesona keindahan alam Lombok. Obyek wisata ini berada ditengah hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Pemandangan di sekitar Air terjun Benang Kelambu benar-benar hijau dan menyegarkan.

Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Pemandangan Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig andritukul11

Pemandangan Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig @andritukul11

Hal unik yang pertama untuk dibahas tidak lain adalah nama obyek wisata ini. Air terjun Benang Kelambu adalah bahasa Indonesia yang tentu saja dapat dengan mudah dimengerti. Namun, bagaimana mungkin Benang Kelambu bisa menjadi sebutan untuk sebuah lokasi wisata ini?

Aliran air di sini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik air tercurah dari atas bukit mirip dengan kelambu/tirai. Curahan berbentuk benang dan kelambu ini terbentuk karena berbagai tumbuhan dan pohon yang rimbun di area terjun yang menjadi jalur arus dari atas bukit. Karena itulah wisata alam ini disebut Benang Kelambu.

Selain itu, yang menarik adalah bentuk obyek wisatanya yang bertingkat. Ini menjadikan obyek wisata ini berbeda dan lebih unik dibandingkan dengan beberapa obyek wisata sejenis lainnya di Lombok.

Air terjun Benang Kelambu memiliki tiga tingkat, tingkat yang paling atas atau tingkat pertama berasal langsung dari sumber mata air dengan ketinggian sekitar 30 meter, tingkat kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 10 meter, dan tingkat ketiga merupakan lanjutan dari tingkat kedua dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Perbedaan lainnya adalah, wisata alam ini tidak memiliki kolam jadi anda bisa langsung mandi dibawah alirannya. Suhu yang menyegarkan serta aliran yang bersumber langsung dari mata air menjadikan nilai tambah tersendiri yang menjadikan obyek wisata ini bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig komodo_digital

Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig @komodo_digital

Selain untuk mandi dan bermain air, biasanya para wisatawan juga tidak menyianyiakan pemandangan indah di lokasi tanpa membawa pulang foto pemandangan obyek wisata dan berselfie ria. Banyak spot yang tersedia dan sudut yang bisa menampilkan daya tarik lokasi wisata ini yang membuat para pemburu gambar tidak akan melewatkannya.

Pada saat berada di lokasi masuk yaitu di sekitar area parkir, perjalanan untuk berada persis di lokasi memang agak menantang. Namun karena ditemani dengan berbagai keindahan di sekitarnya, rasa lelah perjalanan akan terbayar lunas meski harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Lokasi dan Rute

Obyek wisata yang satu ini berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak dari Ibu Kota Propinsi 36,1 km atau sekitar 60 menit jika menggunakan kendaraan roda empat. Sedangkan dari Bandar Udara Internasional Lombok, jarak perjalanan bisa memakan waktu kurang lebih 55 menit.

Karena menjadi obyek wisata alam yang paling terkenal di Lombok, para wisatawan tidak kesulitan untuk mencari lokasinya. Jalur yang dilewati juga satu-satunya yaitu melalui Jalan Mataram menuju Narmada kemudian Sedau. Setelah itu dilanjutkan ke Pancor Dau melewati Teratak dan akhirnya Desa Aik Berik.

Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig latifawardani04

Air Terjun Benang Kelambu, sumber ig @latifawardani04

Informasi Harga

Untuk biaya yang diperlukan agar dapat menikmati wisata di lokasi ini sangat terjangkau. Biaya tiket masuk lokasi wisata hanya sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk biaya lainnya yang dibutuhkan adalah parkir kendaraan, yaitu mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Bagi para wisatawan atau traveller yang berasal dari berbagai daerah di luar Lombok, jangan khawatir. Untuk transportasi dan akomodasi, terdapat banyak yang menawarkan jasa paket wisata Lombok yang akan memberikan layanan transportasi dan akomodasi untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata di Lombok.

Itu dia berbagai informasi obyek wisata Air terjun Benang Kelambu. Semoga bisa memberikan informasi tambahan dan menjadi referensi wisata Anda di Lombok. Simak berbagai artikel obyek wisata alam Lombok lainnya di firstlomboktour.com.