Merasakan pengalaman berwisata yang menakjubkan merupakan dambaan setiap orang ketika berlibur ke suatu tempat. Tapi hal itu tidaklah mudah, terlebih jika kita belum pernah sama sekali berkunjung ke tempat tersebut sebelumnya. Contohnya ketika kita berwisata ke Pulau Lombok, sedangkan kita belum pernah sama sekali mengunjunginya. Alih-alih berlibur dengan tenang dan nyaman, bisa jadi kita akan sibuk untuk mencari referensi rekomendasi tempat wisata di Pulau Lombok saat berlibur. Alhasil, sebagian waktu berwisata kita yang sangat berharga akan terbuang sia-sia.

Mencari referensi tempat wisata jauh-jauh hari menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Dengan demikian kita bisa menentukan tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Khusus bagi Anda semua yang berencana berwisata ke Pulau Lombok, First Lombok Tour telah menyiapkan 6 referensi wisata air terjun di Lombok Utara. Simak baik-baik ya…

6 Referensi Wisata Air Terjun di Lombok Utara

Ada banyak sekali air terjun yang terdapat di Pulau Lombok, tak terkecuali di Lombok Utara. Khusus bagi kalian pecinta air terjun inilah 6 referensi air terjun yang berada di Lombok Utara. Jangan lupa ajak banyak teman dan saudara saat berkunjung ke tempat ini ya!

Air Terjun Tiu Ngumbak

Air Terjun Tiu Ngumbak berlokasi di Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Dari Kota Mataram kita membutuhkan waktu selama sekitar 2 – 2,5 jam  menggunakan kendaraan bermotor ke Dusun Baleq. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki memasuki hutan menuju ke lokasi dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Air Terjun Tiu Numbak memiliki ketinggian air terjun sekitar 40 meter. Air yang jatuh menghantam bebatuan dan genangan air kolam di bawahnya, sehingga menimbulkan gelombang seperti ombak. Nah dari situlah nama Tiu Ngumbak berasal.

Air Terjun Tiu Ngumbak, sumber ig @amenkardian

Air Terjun Tiu Ngumbak, sumber ig @amenkardian

Air Terjun Kerta Gangga

Air terjun Kerta Gangga berjarak sekitar 42 kilometer dari Kota Mataram, tepatnya di Dusun Kerta, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Itulah penyebab air terjun ini disebut dengan Air Terjun Kerta Genggelang. Perjalanan menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Mataram. Sedangkan lokasi air terjun sendiri berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Dusuk Kerta. Yang membuat air terjun ini berbeda dari yang lain adalah keberadaan tiga air terjun yang saling terhubung serta berdekatan dan berada di satu kawasan.

Air Terjun Kerta Gangga, sumber ig @fitri_sarmun

Air Terjun Kerta Gangga, sumber ig @fitri_sarmun

Air Terjun Tiu Pupus

Kaki Gunung Rinjani terkenal dengan berbagai air terjun yang elok nan penuh pesona, tak terkecuali dengan Air Terjun Tiu Pupus. Jaraknya tidak terlalu jauh dengan kota Mataram, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Air terjun ini terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Kondisi air terjun masih sangat alami dengan pemandangan yang masih asrih. Namanya ini diambil dari penampakannya yakni sebuah air yang muncul dari celah-celah akar pohon (pupus).

Air Terjun Tiu Pupus, sumber ig @vian.inside

Air Terjun Tiu Pupus, sumber ig @vian.inside

Air Terjun Tiu Teja

Berada di kedalaman hutan di kawasan kaki Gunung Rinjani, terdapat dua air terjun yang sangat indah bernama Tiu Teja. Objek wisata ini memiliki dua air terjun yang sangat mirip. Saat sinar matahari menembus partikel-partikel air yang jatuh, cahaya tersebut membias dan membentuk pelangi nan elok, sehingga air terjun ini juga dikenal dengan Air Terjun Pelangi. Lokasinya berada tepat berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Mataram.

Air Terjun Tiu Teja, sumber ig @andrants

Air Terjun Tiu Teja, sumber ig @andrants

Air Terjun Sendang Gile

Satu lagi objek wisata kaki Gunung Rinjani yang wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke Pulau Lombok, yakni Air Terjun Sendang Gile. Objek wisata ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Mataram menuju lokasi objek wisata. Dari gerbang masuk wisata kita tinggal mengikut anak tangga yang telah tersedia untuk mencapai lokasi air terjun. Semakin lama menuruni anak tangga maka suara deburan air terjun akan semakin terdengar dengan jelas. Air Terjun Sendang Gile terletak di ketinggian 486 mdpl. dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter.

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @pramitasariningtyas

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @pramitasariningtyas

Air Terjun Tiu Kelep

Masih di lokasi yang sama dengan Air Terjun Sendang Gile, para wisatawan bisa juga menikmati panorama Air Terjun Tiu Kelep. Yakni dengan meneruskan perjalanan menyusuri hutan dan sungai dari Sendang Gile menuju Tiu Kelep dengan waktu tempuh selama 1 jam. Jalur yang dilewati adalah jalur setapak yang cukup licin dan terjal sehingga para pengunjung diminta untuk berhati-hati. Namun demikian, perjalanan panjang yang cukup memacu adrenalin tersebut akan terbayar lunas dengan pesona Tiu Kelep yang tak kalah dengan air terjun lainnya di Pulau Lombok.

Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig @jlaitila

Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig @jlaitila

Demikian enam referensi air terjun di Pulau Lombok yang telah kami rangkum. Jangan lupa untuk menikmati kesegaran serta keindahannya saat kalian berwisata ke Pulau Lombok. Jika kalian butuh teman atau butuh penyedia jasa tour di Pulau Lombok jangan lupa untuk menghubungi kami First Lombok Tour.