Lombok Timur bisa dikatakan adalah bagian dari Pulau Lombok yang memiliki banyak pantai eksotis. Meski secara keseluruhan Lombok adalah daerah pantai, namun pantai di Lombok Timur memiliki keunikan tersendiri.

Tidak semua pantai Lombok Timur dikenal luas. Namun beberapa diantaranya memiliki keunikan sejarah, pemandangan, jenis pasir dan daya tarik lainnya yang berbeda. Simak informasi beberapa Pantai Lombok Timur berikut ini.

Wisata Pantai di Lombok Timur

Lombok Timur adalah salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Lombok. Ibu kota kabupaten ini bernama Selong sedangkan luasnya mencapai 1.605 km2. Wilayah yang memiliki sekitar 1.300 an jiwa ini ternyata memiliki beberapa wisata pantai yang patut untuk kita kunjungi.

Berikut beberapa informasi terkait destinasi Pantai Lombok Timur yang telah dirangkum tim redaksi first lombok tour.

1. Pantai Cemara

Sesuai dengan namanya, di Pantai Cemara ini kita bisa dengan mudah menemukan banyak pohon cemara yang berjajar. Oleh sebab itu pantai ini diberi nama Pantai Cemara.

Jarak pantai dengan Kota Mataram sekitar 75 kilometer. Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Mataram untuk menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Cemara, sumber ig @inimemble

Pantai Cemara, sumber ig @inimemble

2. Pantai Putri Pandan

Pantai Putri Pandan terletak di Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Cemara, sedangkan jarak antara lokasi wisata dengan Kota Mataram yakni sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Pulau-pulau kecil, pasir pantai yang putih, serta air laut yang biru nan jernih siap memanjakan siapapun yang berkunjung.

Pantai Putri Pandan, sumber ig @eldarson

Pantai Putri Pandan, sumber ig @eldarson

3. Pantai Pasir Hitam

Pasir pantai berwarna putih seperti Pantai Tanjung Aan merupakan hal yang wajar dan biasa saja. Namun bagaimana jika pasir pantai berwarna hitam? Di Pulau Lombok, khususnya Lombok bagian Timur ini terdapat salah satu pantai yang memiliki pasir pantai berwarna hitam, yakni Pantai Pasir Hitam.

Lokasinya berada di Belanting, Sambelia. Kondisi pantainya masih bersih dan cukup tenang karena masih sepi dan jauh dari keramaian. Jadi sangat cocok untuk dikunjungi.

Pantai Pasir Hitam, sumber foto @dhimas_dimsy

Pantai Pasir Hitam, sumber foto @dhimas_dimsy

4. Pantai Sungkun atau Pantai Kura-kura

Pantai Sungkun menjadi salah satu objek wisata yang disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi di Lombok bagian Timur. Di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang bentuknya mirip dengan kura-kura.

Oleh sebab itu banyak yang menjuluki pantai ini dengan nama pantai Kura-kura. Lokasi pantai ini masih sejalur dengan Pantai Pink. Jadi masih cukup mudah untuk ditemukan.

Pantai Kura-Kura, sumber gambar ig @muskerdill

Pantai Kura-Kura, sumber gambar ig @muskerdill

5. Pantai Tanjung Perak

Pantai Tanjung Perak, nama pantai yang berada di Lombok bagian Timur ini memang sama dengan Tanjung Perak di Surabaya Jawa Timur. Namun pemandangannya sangat jauh berbeda. Tanjung Perak Surabaya kental dengan susana pelabuha yang pikuk.

Sedangkan Pantai Tanjung Perak di daerah ini identik dengan suasana pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Jarak antara Pantai Tanjung Perak dengan Kota Mataram 80 km, dengan waktu tempuh sekitar  2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pribadi.

Pantai Tanjung Perak, sumber gambar ig @lalu_enno

Pantai Tanjung Perak, sumber gambar ig @lalu_enno

6. Pantai Ketapang

Pantai Ketapang terletak di Kecamatan Pringgabaya. Tepatnya di Dusun Ketapang, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Jarak objek wisata ini dengan Kotam Mataram sekitar 72 km dengan jarak tempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Akses menuju lokasi juga sudah beraspal, jadi para wisatawan tidak perlu khawatir. Mendekati objek wisata, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pedesaan dan persawahan yang asrih dan sangat alami.

7. Pantai Labuhan Haji

Labuhan Haji adalah sebuah nama dari salah satu pantai yang terletak di daerah bagian timur Pulau Lombok. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang mengagumkan.

Menurut cerita, pantai ini merupakan titik keberangkatan umat muslim Pulau Lombok untuk berangkat haji pada zaman Belanda. Oleh sebab itu, pantai ini dinamakan Pantai Labuhan Haji.

Pantai Labuhan Haji, sumber gambar ig @riaspratiwii

Pantai Labuhan Haji, sumber gambar ig @riaspratiwii

Demikian tujuh objek wisata pantai yang terdapat di Lombok Timur. Jangan lupa untuk mampir saat berkunjung ke Pulau Lombok. Rasakan sensasi keindahannya.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat sebagai referensi wisata Anda selanjutnya. Nantikan berbagai artikel wisata Lombok lainnya.