Air Terjun Sendang Gile ternyata bukan satu-satunya obyek wisata air terjun di Lombok. Terdapat beberapa lokasi serupa air terjun Sendang Gile yang bisa dikunjungi untuk dinkmati dan beraktivitas wisata di sekitar lokasi. Keberadaan air terjun ini tentu saja terbilang unik, karena biasanya Pulau Lombok terkenal dengan pantainya.

Pulau Lombok bukan hanya memiliki pantai-pantai eksotis yang indah. Terdapat pula obyek wisata berupa pulau-pulau kecil yang dikelilingi lautan yang disebut dengan Gili. Beberapa diantaranya adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Gili ini menjadi favorit karena pulau kecil berpasir putih dan dikelilingi birunya air laut ini sangat jarang diketemukan di lokasi-lokasi lainnya di Indonesia.

Selain Gili, terdapat juga banyak air terjun di Lombok yang tidak kalah menarik. Ada lebih dari 20-an air terjun yang bisa menjadi alternatif wisata selain Gili dan pantai di Lombok. Air terjun Sendang Gile menjadi salah satu yang unik dan favorit.

Bagaimana daya tarik dan keunikan air terjun Sendang Gile? Fasilitas dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di lokasi ini? Bagaimana transportasi dan akomodasi untuk menuju ke lokasi ini? Simak informasinya yang berhasil dirangkum oleh redaksi firstlomboktour.com berikut ini.

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig ben_le_routard
Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @ben_le_routard

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile ternyata memiliki sejarah yang menarik. Setidaknya terdapat dua versi yang berasal dari penduduk setempat. Yang pertama adalah bahwa air terjun Sendang Gile merupakan kolam pemandian para bidadari. Jadi, saat bidadari turun ke bumi, mereka akan singgah dan mandi di tempat ini.

Versi yang kedua adalah asal dari nama Sendang Gile itu sendiri. Sendang Gile awalnya merupakan kalimat yang berbunyi sengang gile yang bermakna singa gila. Sebutan singa gila karena pada masa lampau penah terjadi pengrusakan oleh singa di salah satu desa.

Penduduk setempat mencarinya ke hutan dan salah satu penduduk menemukan sebuah air terjun pada saat mencari singa gila ini yang diberi nama Sengang Gile. Lambat laun, penyebutannya berubah menjadi Sendang Gile. Selain itu, air terjun ini juga disebut dengan sebutan Batu Ko’ (batu kerbau).

Air terjun ini berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Pada jalur pendakian menuju puncak Rinjani, para wisatawan akan terlebih dahulu menemukan air terjun ini. Aliran air terjun diyakini merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak yang juga berada di sekita lokasi Gunung Rinjani.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut. Kedalamannya sekitar 31 meter dari dasar sungai. Air terjun Sendang Gile memiliki dua tingkat. Tingkat pertama dari puncak, air mengalir atau terjun ke kolam yang berada di antara tingkat pertama dan kedua. Sedangkan tingkat kedua merupakan arus air kolam tadi yang terjun ke bawah mengalir bersama sungai yang berada di dasar air terjun.

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig hestisulistiani
Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @hestisulistiani

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berada di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini merupakan akses menuju puncak Rinjani. Bahkan lokasi air terjun merupakan pintu masuk untuk pendakian menuju puncak Rinjani.

Dari Kota Mataram, perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 9 sampai 11 jam dengan jarak 1.000 km. Sedangkan rute yang dilewati bisa melalui Pantai Senggigi dan Pusuk. Jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan melalui Jalur Bayan dan dilanjutkan dengan ojek menuju desa Senaru.

Penggunaan alat transportasi yang sampai pada jarak tertentu sampai gerbang utama. Selebihnya para wisatawan melanjutkannya dengan berjalan kaki. Bisa melewati anak tangga yang ketinggiannya mencapai 40 meter. Bisa juga melewati jalur yang terdapat saluran irigasi dan melewati persawahan.

Yang direkomendasikan adalah melalu saluran irigasi. Karena perjalanannya lebih ringan tanpa pendakian dan melewati lingkungan dengan pemandangan persawahan dan sungai. Jalur ini memang biasa digunakan untuk aktivitas soft trekking. Namun untuk jalur yang menantang dengan pendakian, tentu saja meleati anak tangga. Melewati jalur ini membutuhkan tenaga yang lebih besar.

Air Terjun Sendang Gile, sumber ig noortjeadriana
Air Terjun Sendang Gile, sumber ig @noortjeadriana

Informasi Tambahan

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi air terjun Sendang Gile, biaya masuk obyek wisata adalah sebesar Rp. 10.000. Lokasi ini akan padat pengunjung pada masa-masa liburan. Para pengunjung biasanya ingin menikmati kesejukan air yang dipercaya bisa menjadi terapi untuk sakit pinggang. Namun, tentu saja lebih baik mengunjunginya pada saat hari-hari yang tidak membuat lokasi wisata padat pengunjung.

Mengenai fasilitas, di sekitar air terjun Sendang Gile terdapat penginapan. Dengan jarak dari ibukota yang begitu jauh, tentu saja penginapan ini bisa dimanfaatkan agar bisa lebih puas untuk menikmati wisata di sini. Namun di lokasi setelah pintu masuk menuju air terjun tidak terdapat fasilitas apa-apa, sehingga sebaiknya membawa persiapan sendiri atau membeli keperluan yang akan dibawa seperti makanan dan minuman pada saat sebelum masuk ke lokasi.

Untuk menuju ke lokasi ini, para wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas wisata yang terdapat di lombok dan sekitarnya. Beberapa fasilitas tersebut antara lain, paket wisata Lombok, rental kendaraan wisata, tour lombok dan fasilitas perjalanan dan akomodasi wisata di lombok lainnya.

Demikian ulasan tentang beberapa informasi terkait air terjun Sendang Gile. Semoga bisa menjadi informasi tambahan dan referensi perjalanan wisata Anda di Lombok. Simak berbagai informasi wisata dan tips liburan di lombok dengan mengunjungi halaman first lombok tour.